Vietnam, negara yang sedikit catat angka kematian akibat Covid-19

Selain Jepang-Taiwan, Vietnam Juga Ikut Pulangkan Warga Indonesia

sondang | Internasional | 16-07-2021

Pemerintah Vietnam berencana memulangkan warganya dari Indonesia. Pemulangan itu direncanakan menggunakan pesawat.

Belum diketahui pasti alasan Kedutaan Vietnam memfasilitasi pemulangan warganya dari Indonesia. Namun, dari kabar yang beredar, pemulangan itu terkait kondisi Corona di Indonesia yang semakin buruk.

"Kedutaan Besar Vietnam di Indonesia (Kedubes) telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk sukses menyelenggarakan sejumlah penerbangan untuk membawa pulang warga negara Vietnam dalam status prioritas di Indonesia," keterangan Kedutaan Vietnam Jakarta dalam situs vnembassy-jakarta.mofa.gov.vn, Kamis (15/7/2021).

Kedutaan Vietnam mengimbau warganya yang berencana meninggalkan Indonesia untuk segera mengisi formulir yang tertera di website resmi. Batas waktu pendaftaran hingga 23 Juli 2021.

"Hanya warga negara yang berada dalam kategori prioritas dan memiliki kebutuhan yang nyata untuk kembali ke negara asalnya yang dapat mendaftar dan bertanggung jawab atas isi pendaftaran," terang Kedutaan Vietnam.

Belum diketahui siapa saja yang disebut 'prioritas'. Kedutaan Vietnam mengimbau warganya untuk tidak mendaftar lebih dari sekali.

"Harap berikan informasi yang akurat, termasuk alamat email dan nomor telepon untuk Kedutaan Besar dan maskapai penerbangan untuk dihubungi secara langsung bila diperlukan," lanjutnya.

Sebelumnya, sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk keluar dari Indonesia dan kembali ke negaranya. Penerbangan dijadwalkan menggunakan maskapai Batik Air Indonesia pada 28 Juli nanti.

Dari catatan pusat layanan respons COVID-19 ITCC pada 6-12 Juli, 72 orang Taiwan di Indonesia terkonfirmasi positif Corona. Sepuluh warga Taiwan di antaranya telah sembuh, sedangkan 4 lainnya meninggal dunia.

Hal yang sama dilakukan Jepang. Dilansir Fuji News Network, Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pihaknya siap membantu warganya keluar dari Indonesia dan kembali ke Jepang.

Hingga Senin (12/7), 14 warga negara Jepang meninggal dunia akibat wabah COVID-19 di Indonesia. Penerbangan carter bagi warga Jepang untuk pulang kampung sudah dilakukan pada Rabu (14/7) kemarin.

Tag : #internasional    #nasional    #kesehatan   

Baca Juga