Self Talk (Foto: Kompasiana)

Pengertian Self Talk Beserta Manfaatnya

Halima | Kesehatan | 20-08-2022

PARBOABOA - Tidak sedikit dari kita sering melakukan self talk atau berbicara dengan diri sendiri. Hali ini bukan lah suatu hal aneh untuk dilakukan. Bahkan berguna untuk menjaga kesehatan mental.

Akan tetapi, perlu digaris bawahi bahwa berbicara pada diri sendiri ini harus dilakukan dengan cara positif. Berbicara sendiri merupakan suatu hal yang sebenarnya bersifat alami untuk dilakukan setiap hari.

Banyak orang menjadi sadar bahwa hal yang dilakukan dengan cara positif adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Self talk juga dapat membantu seseorang dalam mengendalikan emosi negatif. Seorang yang dapat menguasai sifat positif dinilai memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, produktif, dan juga termotivasi.

Pengertian Self Talk

Self talk adalah ketika kamu mengkritik dirimu sendiri. Tidak jarang suara kecil dari dalam diri ini begitu membantu dan bikin kita tetap termotivasi untuk berjuang mencapai tujuan. Tapi, suara batin bisa saja lebih berbahaya, apalagi ketika masuk ke hal-hal yang berbau negatif yang berlebihan. Self talk terdapat dua jenis yaitu positif dan negatif, oleh karena itu terkadang melakukan hal tersebut dapat melapangkan hati atau juga bisa mendatangkan masalah.

Berbagai macam masalah yang terjadi akan bergantung pada kepribadian masing-masing orang. Jika seseorang memiliki sifat yang optimis, maka biasanya mereka akan lebih penuh harapan dan juga bersifat positif. Begitu juga sebaliknya, jika sifat seseorang itu pesimis, maka semuanya akan menyulitkan dirinya.

Self Talk Positif

Bukan hanya tentang narsisme atau membohongi diri sendiri dengan cara memikirkan ha-hal yang bersifat tidak akurat, tetapi cenderung tentang bagaimana cara menunjukkan berbagai bentuk belas kasihan dan juga pemahaman kepada diri sendiri. Untuk berbagai hal yang telah kita alami selama ini.

Hal ini mirip seperti narasi internal ke diri sendiri, seperti “Saya akan mencobanya di lain kesempatan, semoga saya tidak akan melakukan kesalahan yang sama.“

Self talk juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri. Jika seseorang memiliki semangat dan juga harga diri yang positif, maka ia akan lebih cepat mencapai tujuan dengan hasil maksimal.

Berikut beberapa cara self talk positif :

1. Menanggalkan segala bentuk negativitas

2. Fokus melakukan yang terbaik

3. Selalu mengucapkan terimakasih kepada diri sendiri

4. Temukan hal-hal yang membuat kita bahagia ketika mengalami kegagalan.

5. Selalu lakukan afirmasi positif

Self Talk Negative

Sering terjadi, pola kebiasaan berbicara dengan diri sendiri sering kali bersifat negatif. Dimana kita hanya fokus pada gagasan yang sudah terbentuk sebelumny bahwa kita adalah seseorang yang kurang baik dan selalu melakukan kesalahan. Makanya otak kita telah terprogram dengan sendirinya untuk mengingat suatu hal ataupun pengalaman yang negatif dibandingkan dengan hal yang positf.

Apabila kita hanya mengingat kejadian hal yang kurang baik, maka hal yang akan terjadi malah semakin memburuk. Lalu, pesan-pesan tersebut diputar kembali kedalam pikiran dan akhirnya memicu perasaan negatif.

Namun sayangnya, sifat yang dimiliki oleh manusia cenderung sering berbicara kepada diri sendiri dengan cara negatif. Contoh nya “Saya tidak akan bisa melakukannya”, “Saya akan gagal”. Hal itu lah yang seharusnya kita hindari dari diri kita.

Manfaat Self Talk

Selain bisa menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup, kebiasaan positive self talk juga dapat memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan fisik kita. Kebiasaan itu akan membuat tubuh kita menajdi lebih bugar dan mencegah tubuh terkena penyakit.

Tag : #self talk    #mental health    #kesehatan    #self talk positif dan negative    #pengembangan diri   

Baca Juga