H. Siagian Salah Satu Petugas Kebersihan Lapangan Merdeka Pematangsiantar (Dok. Parboaboa/Lamsari Gulo)

Semangat yang tak Pernah Surut dari Petugas Kebersihan Lapangan Merdeka Siantar

Sari | Daerah | 29-03-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Keberadaan Lapangan Merdeka dirasakan sangat besar manfaatnya bagi warga kota Pematangsiantar. Lapangan Merdeka dulunya dikenal dengan nama "Taman Bunga". 

Bagi warga Pematangsiantar pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan tempat ini. Terletak di pusat kota, Lapangan Merdeka sering dimanfaatkan warga sebagai tempat rekreasi, sarana berkumpul dan berolahraga.

Bila kita berkunjung ke Lapangan Merdeka, kita akan bertemu dengan banyak pedagang di sana. Mulai dari pedagang asongan, sampai dengan pedagang yang menjajakan kuliner di emperan yang bersebelahan dengan Lapangan Merdeka.

Banyaknya aktivitas warga di sini, memberikan dampak buruk terhadap kondisi kebersihan lingkungan. Terkadang ada saja warga yang tidak disiplin membuang sampah, padahal pemerintah kota Pematangsiantar sudah menyiapkan banyak tempat sampah di setiap sudut lapangan. 

"Masyarakat kurang peduli, kalau masalah sampah, tong sampah kan banyak ya dibuang lah sampah ketempatnya," ujar H. Siagian selaku salah satu petugas kebersihan.

Petugas kebersihan menjadi garda terdepan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan elok dipandang mata. Bersama dengan 17 petugas lainnya, Siagian bekerja tak kenal lelah. Mereka bekerja mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 petang. Bermodal peralatan seperti sapu, garu, parang dan sekop, mereka mengabdikan dirinya untuk membuat Lapangan Merdeka tetap asri.

Kepada Parboaboa pada Selasa (29/03/2022) Siagian mengungkapkan sudah bekerja selama 7 tahun menjadi petugas kebersihan.

Lelaki paruh baya yang dulunya bekerja sebagai pedagang ini, merasa tak ada kendala ketika bekerja. Sesekali ketika hujan turun, mereka harus menghentikan pekerjaannya.

Siagian mengungkapkan harapannya untuk seluruh pengunjung Lapangan Merdeka, supaya ikut andil dalam menjadi kebersihan.

"Kalau untuk kebersihan kota ini, Kita upayakan sebersih mungkin, biar bersih taman kota kita ini," ungkap Siagian.

Tag : #petugas kebersihan    #pematangsiantar    #daerah    #lapangan merdeka    #taman bunga   

Baca Juga