Ilustrasi

Sempat Hilang, TikTok Kembali Munculkan Fitur Q&A

Wanovy | Teknologi | 03-12-2021

TikTok sempat memperkenalkan fitur Q&A pada Maret lalu, fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pertanyaan ke konten kreator.

Namun, fitur tersebut menghilang secara tiba-tiba dari Tiktok beberapa bulan setelah dirilis. Kini, aplikasi video pendek itu terlihat meluncurkan kembali fitur Q&A dengan lebih banyak opsi.

Dikutip dari 9to5mac, Selasa (30/11/2021) menurut temuan konsultan media sosial Natt Navara, fitur Q&A telah hadir kembali di TikTok.

Namun kali ini dengan penambahan opsi yang memungkinkan kreator dapat dapat mengundang pengguna lain untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pengguna dapat memilih apakah akan menampilkan Tanya Jawab di profil mereka dan juga memilih siapa yang dapat mengundang mereka untuk menjawab pertanyaan.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan Natt Navara, pengguna TikTok dapat membatasi Tanya Jawab untuk pengikut saja, teman yang mengikuti kembali, atau tidak untuk siapa pun.

Jika konten kreator menonaktifkan fitur Tanya Jawab, pertanyaan dan jawaban tidak akan muncul di profil Anda untuk orang lain.

Kolom Q&A sendiri terletak di bagian opsi "Comment". Pengguna cukup mengklik ikon berbentuk "Chat Box" kemudian pilih opsi "Ask a Question". Di sana Anda bisa mengirimkan pertanyaan yang nantinya akan dilihat oleh kreator konten tersebut.

Tak hanya itu, TikTok juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur lain yang dinamai 'Ask on TikTok' fitur ini merupakan komunitas terbuka untuk mengajukan pertanyaan di jejaring sosial.

Disebutkan bahwa TikTok akan memungkinkan pengguna menandai orang lain di video, sehingga akan lebih mudah untuk menunjukkan kepada orang lain siapa yang ada dalam video yang diunggah.

Ada daftar semua pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, dan masing-masing menunjukkan jawaban atas pertanyaan itu dalam video.

Fungsi dan kegunaannya fitur ini mirip seperti "Question Box" yang ada di Instagram Stories. Selain lewat live streaming, penonton juga dapat mengirimkan pertanyaan di kolom komentar unggahan video.

Fitur ini dirancang untuk membantu pembuat konten menjawab pertanyaan dari penggemar di platform. Ini merupakan salah satu cara TikTok untuk meningkatkan interaksi para kreator konten dengan audiens.

Tag : #tiktok    #q&a    #fitur baru    #ask on tiktok   

Baca Juga