Ilustrasi

Seorang Pria yang Mengaku Sebagai Aggota Polri Diciduk Polisi

Wulan | Hukum | 05-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Seorang pria bernama Yusuf Daiman (58) yang mengaku sebagai anggota Polri dengan memakai pakaian dinas upacara (PDU) berpangkat komisaris Jenderal (Komjen) diciduk polisi di Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Betul sudah diamankan oleh Polres Jaktim. Yang bersangkutan sudah kita limpahkan ke Polda untuk penanganannya," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Budi Sartono Sabtu (5/3/2022).

Dari keterangan yang berbeda, Kapolsek Duren Sawit Kompol Suyud mengatakan peristiwa ini berawal saat Yusuf Daiman mendatangi sebuah bank di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat (4/3). Saat itu Yusuf datang dengan mengenakan seragam Polri dengan pangkat jenderal bintang tiga.

"Jadi awalnya itu ada informasi bahwa ada polisi pangkatnya Komjen ke Bank BRI dengan pakaian PDU 1. Kan itu (seragam) untuk upacara-upacara. Dengan informasi itu (kami menelusuri) bener nggak jenderal polisi, terus kita datang sama Kanit dan anggota tapi ternyata (pelaku) sudah pergi," ujar Suyud.

Namun, tak lama kemudian polisi berhasil menangkapnya di daerah Setiabudi, Jakrta selatan. Saat diinterogasi, Yusuf Daiman tidak menunjukkan kartu tanda anggota (KTA) Polri.

"Kalau kemarin kita minta tunjukkan kartu identitasnya nggak bisa, tunjukkan kalau dia anggota polisi. Tapi ada atributnya dia pakai baju PDU 1 pangkatnya lengkap gitu," ujar Suyud.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti darimana Yusuf mendaptakan atribut polisi berpangkat Komjen tersebut. Suyud pun mencabut kasus itu dan telah di serahkan ke Propam Merto Jaya.

"Karena mengingat itu berpakaian dinas seperti itu kita serahkan ke Propam Polda," pungkas Suyud.

Tag : #polisi gadungan    #jenderal polisi gadungan    #penipuan    #polres metro jakarta timur    #jakarta selatan   

Baca Juga