Ilustrasi perbedaan Smart TV dan Android TV

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

Wanovy | Teknologi | 22-02-2022

PARBOABOA - Perbedaan Smart TV dan Android TV terkadang sulit untuk dibedakan. Ini mengingat dari segi desain, keduanya memiliki bentuk yang sama. Termasuk perangkat yang digunakan seperti remote.

Untuk mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV ini penting agar kamu tidak salah pilih sesuai dengan kebutuhan. Dalam artikel kali ini, Parboaboa akan membahasnya untuk kamu. Simak sampai habis ya!

Seperti kita tahu, kini keberadaan TV di kalangan masyarakat sudah bukan sekadar untuk menonton siaran dari stasiun televisi saja. Tetapi sudah hadir dengan sejumlah fitur hiburan yang terhubung ke internet dengan berbagai konten yang kaya.

Selain Smart TV yang dibuat oleh produsen elektronik, muncul pula Android TV yang dikembangkan oleh Google. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini ya.

Smart TV
Smart TV adalah televisi yang memiliki sistem operasi di dalam pengoperasioannya. Sistem operasi tersebut bisa milik dari produsen televisi tersebut atau menggunakan sistem operasi lainnya seperti Linux seperti, Android TV, webOS, Tizen, dan HomeOS

Karena adanya sistem operasi tersebut, kamu dapat menjalankan berbagai aplikasi seperti Netflix, Youtube hingga Disney+ secara langsung.

Untuk bisa menyaksikan video di aplikasi streaming tersebut kamu tentunya memerlukan koneksi internet yang bisa dijangkau dari jaringan Wi-Fi atau kabel port internet. Bukan cuma nonton video atau film, kamu juga bisa bermain game langsung dari Smart TV loh!

Kecanggihan di Smart TV

Seperti yang kita tahu, dengan Smart TV kita bisa melakukan hal apapun yang tidak bisa dilakukan di TV biasa. Ini karena di dalam Smart TV sudah tersemat otak tambahan yang memungkinkan ia menjalankan perintah apapun layaknya sebuah komputer.

Di Smart TV kamu bisa menonton film apapun melalui sebuah situs streaming tertentu. Selain itu, kamu bisa juga mengakses video youtube dengan sangat mudah, dengan catatan Smart TV harus terkoneksi dengan internet.

Tidak sampai disitu saja, Smart TV juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan browsing di internet dengan sangat mudah. Tapi sayangnya, mengakses browser melalui Smart TV dirasa cukup sulit dibandingkan seperti melakukan akses diperangkat lainnya.

Android TV

Sedangkan Android TV dapat disebut juga sebagai lanjutan atau penerus dari Smart TV. Perangkat ini juga dilengkapi oleh koneksi internet dan Wi-fi, namun yang membedakan adalah Android TV merupakan TV yang memiliki sistem operasi Android yang mirip dengan smartphone yang saat ini kita gunakan.

Dengan begitu, perangkat ini juga dibekali dengan sistem operasi serta prosesor yang lebih canggih.

Android TV pertama kali dirilis pada tahun 2014 oleh Google lengkap dengan fitur canggih yang bisa membuat penggunanya semakin termanjakan.

Dapat terhubung ke Google Play Store, dan seperti smartphone Android pada umumnya, perangkat ini juga dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi saat tersedia di Google Play Store.

Salah satu keunggulannya ialah terdapat beberapa Android TV yang menambahkan mikrofon ke remote TV mereka sehingga mereka dapat menggunakan Google Assistant karena semakin banyak orang yang mengajukan pertanyaan secara handsfree.

Beda smart TV dan Android TV adalah, Android TV menawarkan cakupan akses aplikasi yang lebih luas. Karena mengusung sistem operasi berbasis Android, perangkat ini dapat terhubung ke layanan Google Play Store.

Berikut ini fitur-fitur unggulan di Android TV

1. Googe Playstore

Di android TV pengguna bisa dengan bebas mengakses Google Playstore dengan menginstall aplikasi yang disukai. Tapi tidak semua aplikasi di Android smartphone bisa diinstall di Android TV, hanya beberapa saja yang bisa dijalankan. Di dalamnya juga sudah tersedia aplikasi bawaan seperti, TV Streaming, Music, dan juga game.

2. Google Voice Input dan Kontrol

Didukung dengan Google Voice Input yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan perintah suara. Selian itu, Android TV juga bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat kontroler seperti, game pad, mouse, keyboard, aplikasi remote control, headphone, spekaer dan lain sebagainya. Menghubungkannya dengan memanfaatkan fitur bluetooth di Android TV.

3. Google Cast

Fitur satu ini berguna untuk menampilkan hasil browsing atau video YouTube dari perangkat lain seperti laptop atau smartphone. Perangkat yang tidak kompatible dengan smart TV Android juga bisa diatasi dengan fitur ini.

Demikianlah informasi seputar perbedaan Smart TV dan Android TV yang perlu kamu perhatikan. Jadi, jangan salah pilih ya!

Tag : #tv    #tv android    #smart tv   

Baca Juga