RCDE Stadium tempat berlangsungnya Spanyol Kontra Albania (Sumber Foto: AFP)

Setelah 18 Tahun Yang Lalu, Timnas Spanyol Akhirnya Bertanding di Barcelona

Michael | Sepakbola | 19-01-2022

Parboaboa.com – Timnas Spanyol untuk pertama kalinya dalam kurun waktu hampir dua dekade, akan bermain kembali di Barcelona. Selama ini La Furia Roja hanya bermain di Madrid, Valencia, Sevilla, ataupun Bilbao.

Bisa diperkirakan sudah sekitar 18 tahun Timnas Spanyol tidak pernah bermain di Catalunya. Tensi politik yang tetap tinggi di Catalunya saat kawasan tersebut mengupayakan kemerdekaan dan setelah referendum kemerdekaan yang kontroversial pada tahun 2017.

Tawaran kemerdekaan telah menyebabkan keraguan dari federasi sepak bola Spanyol (RFEF) untuk bertanding di Barcelona, meskipun kota itu menjadi salah satu di antara kota sepak bola terbesar di negara tersebut.

Namun, jeda sejak 2004 itu akan segera berakhir setelah adanya jadwal pertandingan yang akan digelar pada Maret 2022 nanti. Timnas Spanyol akan bermain menghadapi Albania dalam pertandingan persahabatan internasional pada 27 Maret 2022 di Stadion RCDE yang merupakan markas dari Espanyol.

Menarik untuk menyaksikan bagaimana Timnas Spanyol disambut dengan hangat dan seperti apa kehadiran mereka akan menarik minat dari penggemar, di mana diketahui Stadion RCDE dapat menampung hingga 40.000 suporter.

Jarang Bermain di Barcelona

Timnas Spanyol terakhir kali memainkan pertandingan kandangnya di Barcelona pada tahun 2004, tepatnya pada 18 Februari 2004, dalam pertandingan persahabatan menghadapi Peru. Kala itu, Spanyol menang 2-1 atas Peru berkat gol Joserba Andoni Etxeberria Lizardi dan Ruben Baraja Vegas.

Bahkan sejak tahun 2000, Timnas Spanyol tercatat hanya tiga kali bermain di Barcelona. Dua pertandingan lainnya adalah kemenangan 2-0 atas Italia di pertandingan persahabatan pada 29 Maret 2000, dan hasil imbang 1-1 dengan Portugal pada 13 Februari 2002.

Sementara dalam sejarahnya sejak 1920, Timnas Spanyol hanya bermain sebanyak 18 kali di berbagai stadion yang ada di Barcelona.

Hadapi Albania di Barcelona, Islandia Masih Belum Dipastikan

Timnas Spanyol akan menjalani dua pertandingan persahabatan internasional pada FIFA Mathcday Maret 2022. Selain menghadapi Albania, La Furia Roja juga akan menghadapi Islandia pada 29 Maret 2022.

Namun, jika pertandingan melawan Albania sudah ditetapkan akan berlangsung di RCDE Stadium, Barcelona, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) belum mengumumkan akan dilangsungkan di stadion mana pertandingan melawan Islandia, mengingat pertandingan tersebut akan tetap digelar di Negeri Matador Itu.
 

Tag : #Timnas Spanyol    #Barcelona    #Liga Spanyol    #FIFA   

Baca Juga