Snapchat, foto: KnowTechie

Setelah Instagram, Giliran Snapchat Ikut Buat Fitur Mirip BeReal

Wanovy | Teknologi | 31-08-2022

PARBOABOA - Snapchat perkenalkan fitur baru bernama Dual Kamera. Menariknya, fitur ini rupanya punya cara kerja yang mirip seperti media sosial BeReal.

Popularitas BeReal sebagai media sosial ‘unik’ tak hanya terkenal di kalangan pengguna. Namun keunikan BeReal juga telah mencuri perhatian raksasa media sosial untuk menirunya.

Seperti beberapa waktu lalu, Instagram sempat menguji coba fitur IG Candid. Fitur tersebut punya cara kerja seperti BeReal.

Yakni memungkinkan pengguna memotret wajah mereka dan apa yang ada di hadapan mereka ‘saat itu juga,’ menggunakan kamera depan serta belakang ponsel. Semua aktivitas yang dipotret menggunakan kamera asli tanpa filter.

Kini giliran Snapchat yang mengumumkan fitur baru bernama Dual Kamera / Dual Camera. Nah seperti apa cara kerja dari fitur anyar ini?

Sama seperti fitur BeReal, Dual Kamera di Snapchat memungkinkan pengguna menangkap konten dari dua perspektif yang berbeda. Perspektif pertama dari kamera depan, dan satunya dari kamera belakang.

Fitur Dual Camera ini memiliki empat tata letak yaitu vertikal, horizontal, Picture in Picture, dan guntingan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan alat kreatif Snapchat seperti, musik, Stiker, dan Lensa.

Menggunakan fitur ini sangat mudah, cukup buka aplikasi Snapchat, kemudian Anda akan melihat ikon baru di bilah alat kamera.

"Dual Camera adalah cara kreatif bagi komunitas kami untuk mengabadikan momen-momen seru sekaligus menjadi bagian dari kenangan," tambah perusahaan.

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa fitur Dual Camera akan segera tersedia secara global di iOS hari ini, sedangkan untuk dukungan di Android, fitur ini akan hadir dalam beberapa bulan mendatang.

Selain berkreasi dengan fitur baru, Snap juga menyediakan hadiah jutaan dolar untuk siapapun pembuat Spotlight yang memenuhi syarat menggunakan fitur Dual Camera ini.

"Bagikan apa yang Anda buat dengan Dual Camera di Spotlight, atau jika inspirasi muncul dengan cepat, buat Snap untuk dikirim ke teman Anda atau posting ke Cerita Anda," tutupnya.

Perbedaannya fitur Dual Camera Snapchat dengan BeReal terletak pada kemampuan BeReal yang menyajikan satu tata letak gambar saja, yaitu picture-in-picture.

BeReal juga tidak menawarkan fitur stiker, musik, dan sebagainya, dan memiliki tenggat waktu selama dua menit untuk mengunggah konten ke aplikasi.

Menurut laporannya The Verge, keunikan dari BeReal ini membuat kompetitornya turut mengikuti ciri khasnya.

Media sosial BeReal dinilai mampu menawarkan sesuatu yang unik kepada penggunanya. Kemampuannya yang menggunakan dua kamera sekaligus, harus mengunggah konten kurang dari dua menit, membuat setiap pengguna tidak bakal punya waktu banyak untuk mempercantik dirinya.

Salah satu tesmoni pengguna BeReal mengungkapkan bahwa “keaslian” diri seseorang dapat terungkap melalui aplikasi ini.

Dikarenakan konten utama yang ingin ditonjolkan BeReal adalah “menjadi apa adanya tanpa perlu menggunakan filter/editan untuk mempercantik diri”.

Meskipun intinya fitur Dual Kamera Snapchat mirip dengan BeReal, tapi strategi Snapchat kali ini patut diacungi jempol.

Karena mereka berhasil memberikan sedikit sentuhan berbeda ke Dual Kamera. Apalagi sentuhan-sentuhan tersebut belum ada di BeReal. Inilah yang menjadi pembeda antara Dual Kamera dan BeReal nantinya.

Tag : #snapchat    #bereal    #teknologi    #apps    #instagram    #meta   

Baca Juga