parboaboa

Shin Tae-yong Tetap Jadi Pelatih Timnas Indonesia dan U-23 Hingga Juni 2024

Michael | Sepakbola | 15-09-2023

Pelatih Timnas Indonesia dan U-23, Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/@timnas.indonesia)

PARBOABOA – Ketua PSSI, Erick Thohir, dengan tegas mengumumkan perpanjangan kontrak pelatih Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia dan Timnas U-23 hingga tahun depan.

Kontrak empat tahun Shin Tae-yong dengan PSSI, yang dimulai sejak Januari 2020 sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia, seharusnya berakhir pada Desember tahun ini.

Erick Thohir telah memutuskan untuk mempertahankan Shin Tae-yong selama enam bulan tambahan, hingga Juni 2024.

Hal ini berarti manajer berkebangsaan Korea Selatan ini masih akan menjadi pelatih Timnas Indonesia dalam dua edisi Piala Asia.

Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia dalam Piala Asia 2023 di Qatar, yang berlangsung dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia, yang dikenal dengan julukan Skuad Garuda, akan berkompetisi di Grup F, menghadapi Timnas Irak pada 15 Januari 2024, Timnas Vietnam empat hari kemudian, dan Timnas Jepang pada 24 Januari 2024.

Shin Tae-yong baru-baru ini juga berhasil membawa Timnas U-23 Indonesia melaju ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar, setelah menjadi juara Grup K dalam babak kualifikasi pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Pernyataan Resmi Erick Thohir

Erick Thohir menyampaikan pernyataan resmi mengenai perpanjangan kontrak ini, "Kami memiliki komitmen dengan pelatih Shin Tae-yong hingga Juni 2024. Jadi, penilaian kami terhadapnya akan terlihat pada Piala Asia 2023 untuk Timnas Indonesia."

Berterima Kasih kepada Erick Thohir

Sementara itu, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir atas dukungannya terhadap Timnas Indonesia di berbagai level usia sejak Erick Thohir menjabat sebagai Ketua PSSI pada Februari 2023.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa komunikasi dengan Erick Thohir semakin lancar dan mengapresiasi kehadiran Thohir di stadion.

"Komunikasi lebih lancar. Pak Erick Thohir sering datang ke stadion. Jadi saya sangat senang. Saya berterima kasih kepadanya atas dedikasi terhadap Timnas Indonesia dan sepak bola," tutur Shin Tae-yong dalam video yang diunggah anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, lewat akun Instagramnya, @arya.m.sinulingga, Kamis (14/9/2023).

Kesan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong juga merasa senang dengan kesempatan Timnas Indonesia untuk beruji coba dengan tim besar seperti Timnas Argentina, meskipun hasilnya kalah 0-2 pada FIFA Matchday Juni 2023.

Shin Tae-yong menyatakan, "Kami sangat terkejut. Sebelumnya, kami tidak pernah bermain melawan tim sekuat Argentina. Jadi, ketika kami mendengar kabar bahwa kami akan melawan Argentina, saya sangat kaget."

Ia juga mengatakan bahwa meskipun kalah, pengalaman ini sangat berharga untuk perkembangan sepak bola Indonesia. Shin Tae-yong berharap agar ada kesempatan lebih lanjut untuk menghadapi tim-tim kuat seperti itu, sehingga sepak bola Indonesia tetap dapat berkembang.

Shin Tae-yong menambahkan, "Salah satu alasan mengapa sepak bola Indonesia dapat berkembang dan meraih prestasi adalah karena Pak Erick Thohir sangat peduli terhadap Timnas Indonesia, pemain, ofisial, dan staf pelatih."

Editor: Michael

Tag: #shin tae yong    #pssi    #sepakbola    #timnas indonesia    #timnas u-23    #erick thohir   

BACA JUGA

BERITA TERBARU