Ilustrasi Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang

Sondang | Olahraga | 05-03-2022

PARBOABOA, Lombok – Tes pramusim MotoGP 2022 telah berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB pada 11-13 Februari 2022 lalu.

Selama tiga hari tes di Mandalika, para pembalap MotoGP menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3km tersebut, serta standard keamanan, termasuk area runoff dan gravel yang sangat lebar. Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu dan bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan.

Pihak Dorna Sport dan FIN pun menyarankan dua area di Sirkuit Mandalika yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan pengasapalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

Maka dari itu, sepanjang 1,6 kilometer trek Sirkuit Mandalika  yang akan digunakan untuk MotoGP 2022 mulai diaspal ulang pada Sabtu (5/3) sekitar pukul 14.00 WITA.

Pengaspalan ini dimulai dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan 17. Pengaspalan ulang ini ditargetkan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) rampung sebelum 10 Maret.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menjelaskan bahwa pengaspalan dilakukan setelah pengelupasan lintasan sedalam empat sentimeter rampung. Lintasan Sirkuit akan dilapisi aspal berteknologi Stone Mastic Asphalt.

"Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna," kata Priandhi dalam rilis MGPA, Sabtu (5/3).

Sementara itu, balapan perdana di Sirkuit Mandalika akan menjadi seri kedua yang akan digelar pada 20 Maret 2022 mendatang. Pada musim ini, Dorna menggelar sebanyak 21 balapan. Jumlah itu lebih banyak 3 race dibandingkan musim sebelumnya.

Tag : #sirkuit mandalika    #motogp 2022    #dorna sport    #fin    #mgpa    #lombok    #olahraga   

Baca Juga