Pemenang Kompetisi Robotik Madrasah 2021 yang digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementrian Agama.

Siswa MAN 1 Medan dan MAN 1 Madina Raih Juara Nasional Kompetisi Robotik Madrasah

Maraden | Pendidikan | 19-10-2021

PARBOABOA, Tangerang – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan berhasil meraih predikat juara 1 nasional kategori Mobile Robot pada Kompetisi Robotik Madrasah (KRM) 2021 yang diadakan di Tangerang pada 16-17 Oktober 2021.

Kompetisi ini digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementrian Agama (Kemenag). Kompetisi tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori rancang bangun dan mobil robot. Kompetisi diikuti oleh siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dari beberapa provinsi di Indonesia.

Untuk jenjang MA, siswa asal kota Medan, yakni oihan Sabila Harahap dan Dio Al Iqbal Framoko dari MAN 1 Medan keluar sebagai pemenang kategori mobile robot. Sedangkan juara 2 juga diraih oleh siswa asal Sumatera Utara, yakni Nasaruddin Nasution dan Lily Fitri Hasanah asal MAN 1 Mandailing Natal.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nizar mengapresiasi upaya keras segenap panitia dan juga para guru serta pendamping dalam menyiapkan wahana pengembangan kreativitas dan inovasi siswa di bidang robotika.

"Semoga hadirnya ajang ini, dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan imajinasi siswa-siswi madrasah di Indonesia untuk kebermanfaatan manusia dalam perkembangan teknologi. Karena pad dasarnya hingga saat ini, kita masih memiliki semangat membangun sumber daya manusia yang unggul di dunia robotika meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19,” kata Nizar saat memberikan sambutannya di acara pemberian hadiah juara, Minggu 17 Oktober 2021.

Berikut juara KRM Tahun 2021tingkat MA:

A. Kategori Rancang Bangun Jenjang MA

Juara I: Archie Vian Nizam Efendi dan Aulia Badruzzaman (MAN 2 Kota Malang Jawa Timur)

Juara II: Akbar Satrio Gumelar dan Muhammad Nandha Chrismawan (MAN 1 Darussalam Ciamis, Jawa Barat)

Juara III: Habibah Sai'dah dan Intan Rahmanafartiwi (MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kalimantan Selatan)

B. Kategori Mobile Robot Jenjang MA

Juara I: Roihan Sabila Harahap dan Dio Al Iqbal Framoko (MAN 1 Medan Sumatera Utara)

Juara II: Nasaruddin Nasution dan Lily Fitri Hasanah (MAN 1 Mandailing Natal, Sumatera Utara)

Juara III: Brian Akmal R. dan Fadli Surya S. (MAN 2 Kota Kediri, jawa Timur).

Tag : pendidikan, pendidikan tinggi, pendidikan menengah, man 1 medan, kemenag

Berita Terkait