Situasi Mencekam saat Ratusan Mobil Saling Tabrak di China Akibat Kabut Tebal

Situasi usai tabrakan beruntun di jembatan Kota Zhengzhou, China pada Rabu (28/12/2022). (Foto: AFP via Getty Images)

PARBOABOA, Jakarta – Lebih dari 200 unit kendaraan terlibat tabrakan beruntun di jembatan yang berlokasi di Kota Zhengzhou, China pada Rabu (28/12/2022). Dari video yang beredar, peristiwa tersebut disebabkan kabut yang tebal sehingga menutupi jarak pandang di jalanan.

"Pada Rabu pagi, kabut tiba-tiba menjalar di Jembatan Sungai Kuning Zhengxin di Zhengzhou, yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan tabrakan sejumlah kendaraan," demikian laporan pihak berwenang Zhengzhou.

Salah satu kamera amatir warga berhasil menangkap betapa mencekamnya situasi jembatan saat kejadian. Mobil yang berasal dari berbagai model itu saling tabrak dari belakang hingga menimbulkan bunyi hantaman yang keras.

Dalam video tersebut, mobil-mobil dari arah belakang terus menghantam mobil lain di depannya. Bahkan saking tidak terkontrol, ada sejumlah kendaraan yang saling bertumpuk dan terhimpit. Tayangan amatir tersebut juga menunjukkan sejumlah mobil remuk dan setengah gepeng.

Akibat insiden tersebut, satu orang telah dinyatakan meninggal dunia dan banyak korban mengalami luka-luka.

Evakuasi darurat pun langsung dilakukan tak lama setelah kecelakaan terjadi. Pemerintah setempat dilaporkan mengerahkan 11 mobil pemadam dan 66 regu penyelamat untuk membantu proses evakuasi korban. Lokasi kecelakaan juga segera dibersihkan agar lalu lintas kembali normal.

Menurut laporan badan meteorologi, kecelakaan beruntun tersebut disebabkan kabut tebal yang jarak pandang turun drastis menjadi hanya 200 meter.

Itulah mengapa, ketika ada satu kendaraan menabrak kendaraan lain, pengemudi yang berada cukup jauh di belakang tak mampu membaca situasi dengan baik. Mereka mulai menyadarinya saat posisi tabrakan sudah dekat.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS