Ilustrasi

Skype Perbarui Tampilan Jadi Lebih Segar dan Mirip Zoom

Wanovy | Teknologi | 30-09-2021

Di masa pandemi COVID-19 ini, aplikasi video conference Zoom mendadak populer. Hal ini jelas membuat penyedia layanan serupa yang lebih veteran iri, misalnya Skype.

Skype merupakan aplikasi milik Microsoft dilaporkan telah merilis fitur terbaru yang akan bisa menyaingi Zoom. Fitur ini hadir mendukung kemudahan bagi setiap orang yang ingin atau atau baru menggunakan layanan video conference.

Microsoft mengumumkan rencana untuk memperbarui, merombak desain, serta menghadirkan beragam fitur baru di aplikasi panggilan telepon dan video populer besutannya, Skype.

Salah satu yang bakal dirombak adalah tampilan fitur video konferensi ala Skype yang bernama Call Stage. Nantinya, Call Stage bakal bisa memuat seluruh partisipan, termasuk pengguna, dalam sebuah tampilan galeri foto "kotak-kotak"yang sekilas mirip antarmuka di aplikasi Zoom.

Tampilan ini akan diberi nama "Grid view", dan pengguna juga bisa memilih untuk memuat lebih banyak orang dalam satu tampilan sekaligus, dengan mengaktifkan mode "Large gallery".

Selain itu, pengguna juga bisa menentukan apakah video mereka boleh disertai dalam tampilan mode Grid view/Large gallery tadi atau tidak. Mereka juga bisa membatasi tampilan Grid view ini hanya memuat partisipan yang menyalakan kameranya saja, sehingga tampilan mode Grid view/Large gallery terlihat lebih rapi.

Selain itu, Microsoft juga bakal menerapkan pembaruan desain dengan ikon "Fluent Design" yang diklaim lebih segar, pilihan tema yang lebih bervariasi, serta latar belakang bubble percakapan yang bakal lebih berwarna.

Tak hanya pembaruan di sektor desain, Microsoft turut menghadirkan fitur suara notifikasi yang bisa digonta-ganti, serta TwinCam yang memungkinkan pengguna memakai kamera smartphone mereka untuk melakukan panggilan video di Skype versi desktop.

Sama seperti Zoom, sebelumnya Skype juga meluncurkan fitur mengubah tampilan latar belakang video Skype juga bisa digonta-ganti dengan gambar yang diinginkan, atau sekadar diburamkan ala efek bokeh.

Pengguna Skype bisa memanfaatkan fitur tersebut di aplikasi Skype versi terbaru untuk perangkat desktop, baik Windows, Linux, maupun Mac.

Tag : #teknologi    #app    #microsoft    #zoom    #vidconference    #skype    #upgrade   

Baca Juga