Soal Penanganan Banjir Jakarta, Jokowi: Siapapun Gubernurnya Harus Selesaikan Normalisasi 13 Sungai

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Ciawi Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022). (Foto: setkab.go.id)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan untuk siapapun yang menjadi Gubernur DKI Jakarta harus dapat merampungkan normalisasi 13 sungai.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

“Problem besar DKI sejak dulu adalah tiga hal, banjir, macet dan tata ruang, sekarang kita di sini akan berbicara mengenai urusan banjir, banjir di Jakarta itu siapapun gubernur nya harus konsisten menyelesaikan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta,” kata Jokowi di Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (23/12/2022).

Selain itu, menurut Jokowi, manajemen pemompaan waduk yang ada di Ibu Kota juga harus segera diselesaikan. Sebab, lanjut presiden, jika tidak segera dibereskan maka persoalan banjir di Jakarta tak akan pernah usai dan akan selalu banjir.

Jokowi menekankan, adapun tiga langkah penyelesaian banjir itu harus dilakukan seca konsisten karena sudah ada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kemudian manajemen pemompaan waduk-waduk yang ada di Jakarta, yang ketiga tanggul laut atau yang lebih gede lagi," sambung Jokowi.

"Ini harus diselesaikan, kalau tidak selesai sampai kapanpun Jakarta akan selalu banjir. Siapa pun gubernur-nya harus konsisten menyelesaikan tadi yang saya sampaikan, karena masterplan sudah jelas di Bappeda DKI ada, di Kementerian PUPR juga ada dan juga sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga harus segera di selesaikan," paparnya.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS