Age of Rust menjadi salah satu game yang dihapus dari Steam karena kebijakan baru yang melarang keras mendistribusikan game dengan sistem NTF dan Cryptocurrency

Steam Mulai Hapus Game yang Berbasis NTF dan Cryptocurrecy

Wanovy | Teknologi | 19-10-2021

Berdasarkan peraturan atau guidlines yang baru saja diupdate , Steam dengan jelas menuliskan bahwa mereka melarang keras mengedarkan atau mendistribusikan game yang mengimplementasikan teknologi Blockchain/bitcoin, termasuk NFT (Non Fungible Tokens) dan Cryptocurrency.

Artinya, seluruh game yang menggunakan fitur Non Fugible Tokens (NFT) dan mata uang kripto (cryptocurrency) tidak lagi dapat ditemukan dan diunduh melalui Steam.

Informasi tersebut pertama kali diungkap oleh pengembang game Age of Rust, SpacePirate Games, melalui sebuah posting yang diunggah melalui akun Twitter @SpacePirate_io. Pengembang game tersebut mengaku sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Steam.

Alasan dari pernyataan tersebut tidak dijelaskan dengan detail oleh pihak Valve, walaupun kemungkinan besar ini tak ada hubungannya dengan isu skandal yang baru saja terjadi tentang NFT yang digunakan sebagai alat Scamming. Pastinya, hal ini akan berefek ke kreator game yang menggunakan sistem tersebut.

Menurut SpacePirate Games, Steam ingin menyingkirkan semua game yang melibatkan transaksi menggunakan mata uang di dunia nyata, dan dalam hal ini termasuk NFT dan mata uang kripto.

"Mereka (Steam) tidak mengizinkan barang (item) yang memiliki nilai di dunia nyata untuk beredar di platform miliknya," ungkap SpacePirate Games.

SpacePirate selaku Developer dari salah satu game yang menggunakan sistem Blockchain atau NFT, yaitu Age of Rust, melalui tweet nya memberikan sedikit detail mengenai hal ini.

Ia menjelaskan bahwa implementasi dari NFT dalam game-nya adalah untuk memberi beberapa gear dan item dalam game. Pada hari kamis, ia menerima pesan bahwa mereka akan menghapus semua game yang menggunakan sistem Blockchain, termasuk Age of Rust .

Kejadian ini cukup membuat gempar banyak orang, ada yang mendukung dan ada yang cukup kecewa dengan keputusan Valve ini.  Namun apapun itu, Valve masih memilih bungkam terkait alasan dibalik peraturan barunya itu, jadi para penggemar hanya bisa berspekulasi saja untuk sekarang.

Age of Rust sendiri merupakan game singleplayer yang menggunakan token berbasis blockchain untuk equipment dan senjatanya. Game ini menyediakan konten berupa teka-teki (puzzle).

Apabila berhasil dipecahkan, beberapa teka-teki tersebut akan memberikan pemain hadiah berupa NFT. Pemain dapat menukarkan NFT yang didapatkan melalui platform Enjin, yakni sebuah perusahaan yang membantu pengembang dalam mengintegrasikan NFT ke dalam produk mereka.

Sayangnya dengan kebijakan baru ini, pemain nampaknya tak lagi dapat mengunduh game Age of Rust melalui Steam.

Tag : #teknologi    #game    #steam    #ntf    #kripto   

Baca Juga