Ilustrasi, foto: Kompasiana.com

Stop Kebiasaan Cek HP Setelah Bangun Tidur! Ini Akibatnya

Wanovy | Teknologi | 23-03-2022

PARBOABOA - Mungkin tidak sedikit dari kita yang mengecek smartphone sesaat setelah bangun tidur. Sebenarnya, hal tersebut lumrah dilakukan oleh orang banyak.

Mengutip Grid Health, IDC Research menemukan 80% pengguna smartphone mengecek ponsel mereka sekitar 15 menit setelah bangun. Walaupun lumrah, bukan berarti kebiasaan ini bagus ya!

Kebiasaan buruk mengecek smartphone sesaat setelah bangun berdampak buruk pada kesehatan, terutama kesehatan mata dan otak.

Berikut efek samping dari kebiasaan buruk mengecek smartphone sesaat setelah bangun tidur.

1. Meningkatkan stres dan cemas

Saat kamu bangun dan langsung membuka handphone, kamu mulai dibombardir dengan pesan, e-mail, list pekerjaan, dan stimulan lain yang bisa meningkatkan stres dan rasa cemas. Stimulasi itu mendorong perhatianmu dan tidak memberimu waktu untuk memulai hari.

Sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia menunjukkan efek dari penggunaan smartphone pada orang berusia 20-an, yakni penggunaan handphone berlebih berkaitan dengan peningkatan laporan depresi, baik pada pria maupun wanita.

2. Waktu dan perhatianmu dibajak

Dengan memeriksa media sosial, e-mail, atau pesan tepat saat bangun tidur membuat otakmu mudah dimasuki opini ataupun permintaan orang lain. Pikiran, ide, dan fokusmu akan dibajak oleh sederat notifikasi di handphone-mu.

Bukan hanya itu, waktumu juga dibajak oleh handphone. Saat kamu mulai memeriksa media sosial selama 5 menit, kamu bisa keterusan hingga akhirnya menghabiskan waktu 30 menit hanya untuk scroll media sosial.

3. Fokus pikiran menjadi kacau

Tumpukan Informasi yang dibaca pada layar HP saat kondisi tubuh belum tersadar sepenuhnya atau baru bangun tidur, bakal bisa mengganggu fokus pikiran pengguna untuk mengawali sebuah hari.

Akibatnya, aktivitas pengguna bisa menjadi kacau di hari itu. Kemampuan untuk membuat prioritas aktivitas telah terganggu karena pikiran terpecah oleh tumpukan informasi dari layar HP, yang dibuka sesaat setelah bangun tidur.

4. Merusak mata dan kinerja otak

Melansir blog Nitribullet, layar LED di perangkat elektronik dapat mengeluarkan gelombang cahaya biru (blue light).

Tak seperti namanya, cahaya biru yang dipancarkan layar elektronik justru berwarna putih terang. Cahaya biru dari ponsel juga merupakan bagian dari spektrum cahaya penuh.

Studi menunjukkan paparan langsung cahaya biru dapat merusak retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan kerusakan retina akibat paparan cahaya biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral.

Disamping itu, berdasarkan penelitian yang dirilis di Journal of Neural Transmission, paparan cahaya biru dari layar LED HP dapat berpengaruh terhadap kinerja otak manusia.

5. Mengacaukan produktivitas

Sebagian besar orang beranggapan bahwa mereka dapat dengan lancar beralih fokus dari handphone ke hal lain. Namun pada kenyataannya tidak.

Para ahli mengatakan, informasi yang terlalu banyak didapat saat bangun tidur dapat benar-benar mengganggu kemampuan seseorang yang akhirnya bisa mengacaukan produktivitasnya. Artinya, kemampuan untuk fokus bisa menurun drastis saat kamu memulai harimu dengan handphone.

Demikianlah informasi seputar efek samping dari kebiasaan buruk mengecek smartphone sesaat setelah bangun tidur. Yuk, mulai mengubah kebiasaanmu itu!

Tag : #gadget    #bahaya gadget    #teknologi    #radiasi hp    #blue light   

Baca Juga