Sudah Berumur 36 Tahun Tetapi Masih Tampil Oke, Apa Rahasia Ronaldo? (Foto: Google)

Sudah Berumur 36 Tahun Tetapi Masih Tampil Oke, Apa Rahasia Ronaldo?

Michael | Sepakbola | 09-12-2021

Parboaboa.com – Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Cristiano Ronaldo, pesepakbola asal Portugal yang kini membela Manchester United. Pria berumur 36 tahun ini masih mampu tampil oke diatas lapangan hijau dengan menggunakan nomor punggung favoritnya yakni nomor 7.

Baru-baru ini Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan beberapa rekor, salah satunya adalah mencetak gol ke-800  dalam karier profesionalnya. Rekor ini tercipta saat Manchester United menang 3-2 atas Arsenal pada tengah pekan lalu.

Kesuksesan yang di raih Ronaldo yang kini memasuki usia 36 tahun tidak terlepas dari dedikasi yang dilakukannya kepada profesinya sebagai pesepakbola profesional.

Seperti yang kita tau Ronaldo merupakan salah satu pesepakbola yang luar biasa disiplin mengenai pola hidup sehat sebagai seorang atlet profesional. Hal ini yang membuat dirinya berbeda dari orang-orang pada umumnya.

Maka dari itu tak mengherankan jika Cristiano Ronaldo masih tampil oke meskipun usianya sudah menginjak 36 tahun.

Fisik dan performa Ronaldo masih tetap prima dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan mesikpun kebanyakan rekan-rekan segenerasinya sudah mulai gantung sepatu.

Apa rahasia Cristiano Ronaldo masih tampil oke meski usia sudah 36 tahun? Ini rahasianya!

Menu Makanan

Hal paling penting dan rahasia yang membuat Ronaldo mampu menjaga fisik dan performanya diatas lapangan hijau adalah menu makanan yang dikonsumsi olehnya.

Ronaldo memang memperhatikan sekali menu makanannya, sama seperti kebanyakan pesepakbola lainnya, ikan menjadi menu rahasia sekaligus andalan untuk tetap menjaga fisik dan performa di atas lapangan.

Ikan todak, bream dan kakap putih dalam porsi besar merupakan ikan favorit Cristiano Ronaldo. Dan olahan makanan favoritnya merupakan hidangan sederhana dari Portugal yang diberi nama Bacalhau a Bras, yang terbuat dari ikan cod asin dan kering yang dicampur dengan kentang serta telur orak-arik.

Selain mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewani, Ronaldo juga melengkapi asupan nutrisinya dari nabati. Ia suka makan buah-buahan dan protein tanpa lemak, dan yang paling penting semuanya harus disajikan dalam kondisi yang segar.

“Latihan yang baik harus dikombinasikan dengan menu makanan yang baik,” ucap Ronaldo dalam sebuah wawancara.

“Saya makan makanan berprotein tinggi, dengan banyak karbohidrat yang berasal dari gandum, buah dan sayuran, dan yang terpenting hindari makanan yang manis,” tambahnya.

Untuk menu sarapan, Ronaldo lebih suka untuk memakan buah-buahan, keju, ham, yoghurt rendah lemak, dan roti panggang alpukat.

Dan untuk tetap menjaga pola makannya tetap teratur dan bergizi, ia bahkan sampai mempekerjakan seorang ahli gizi pribadi, yang akan membantunya dalam menyusun menu makanan enam kali sehari dalam porsi yang kecil.

Waktu makannya juga diperhatikan secera detail, Ronaldo makan sekali setiap tiga hingga empat jam karena itu membantu pencernaan dan metabolismenya sebagai seorang pesepakbola profesional.

“saya makan secara teratur. Jika Anda berlatih secara teratur, penting untuk tetap menjaga tingkat energi dalam kondisi yang tinggi untuk mendorong tubuh Anda menghasilkan kinerja yang lebih baik. terkadang saya makan hingga enam porsi kecil dalam sehari untuk memastikan saya memiliki energi yang cukup untuk melakukan setiap sesi latihan dilevel yang baik,” ungkapnya.

Dan mungkin masih teringat dalam ingatan kita bukti nyata Ronaldo memang betul-betul menjaga menu makanan dan minuman yang dikonsumsinya. 

Ketika Euro 2020 yang lalu, dalam sebuah konferensi pers, Ronaldo sempat menyita perhatian publik dengan menggeser sebuah minuman bersoda yang mengandung banyak gula dan menggantinya dengan sebuah air putih dalam botol kemasan.

Dan pada saat itu juga Ronaldo mengungkapkan jika dirinya lebih suka meminum air putih dan menghindari minuman yang mengandung alkohol dan soda.

Menjadi sumber inspirasi untuk pesepakbola lainnya

Pola hidup sehat Ronaldo soal makanan dan minuman tentunya menjadi sumber inspirasi bagi semua yang pernah berhubungan baik dengannya baik di level klub maupun di Timnas Portugal.

Jose Fonte, rekan senegara Ronaldo di Portugal, pernah mengungkapkan kepada talkSPORT tentang pengaruh hidup sehat yang dilakukan Cristiano Ronaldo terhadap orang-orang di sekitarnya.

“Sangat berpengaruh,” kata bek Lille itu. “Kami selalu memperhatikan apa yang ia makan dan apa yang ia lakukan.”

“Anda tahu ia adalah yang terbaik dan Anda ingin meniru apa yang dilakukannya karena ia pasti melakukan sesuatu yang benar.”

“Jelas sebagai aturan ia makan enak dan bersih, Anda tahu quinoa yang enak dan semua makanan sehat ini, banyak telur, ubi jalar, brokoli, ia sangat suka itu,” pungkas Fonte.
 

Tag : #cristiano ronaldo    #manchester united    #portugal    #menu makanan dan rahasia ronaldo   

Baca Juga