Presiden Jokowi ucapkan selamat berpuasa (dok Parboaboa/Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Syukur Sudah Bisa Tarawih di Masjid, Tapi Ingat Tetap Patuh Prokes

Rini | Nasional | 02-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Ibadah puasa akan dimulai besok, Minggu (3/4). Bulan Ramadhan tahun ini kegiatan masyarakat sudah tidak terlalu dibatasi lagi, karena penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah melandai.

Presiden Jokowi juga sangat merasa bersyukur karena tahun ini masyarakat sudah bisa melakukan salat Tarawih berjamaah di masjid. Menurutnya hal ini adalah buah dari usaha semua pihak untuk mengendalikan pandemi di Indonesia selama ini.

"Meskipun masih dalam suasana pandemi, alhamdulilah berkat kerja keras kita semua kasus Covid-19 di negara kita dapat dikendalikan. Sehingga bulan ramadan tahun ini umat muslim bisa melaksanakan ibadah shalat wajib dan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/4).

Tak hanya soal Tarawih yang diperbolehkan, tahun ini masyarakat sudah bisa melepas rindu kepada sanak keluarga dengan mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Menjelang Idul Fitri nanti bagi bapak ibu saudara-saudara sekalian yang ingin mudik juga diperbolehkan, sehingga bisa berkumpul kembali bersama orang tua sanak saudara dan keluarga tercinta di kampung halaman," jelasnya.

Jokowi berharap di bulan suci ini, seluruh umat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Yang Maha Esa.

"Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan, semoga Allah SWT senantiasa melindungi bangsa Indonesia, amin, amin ya robalallamin," kata dia.

Namun Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksankan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan protokol kesehatan dengan ketat harus terus dilakukan agar lonjakan kasus positif  Covid-19 tidak terjadi lagi di Indonesia.

Tag : #jokowi    #puasa 202    #nasional    #ramadhan    #salat tarawih    #mudik lebaran 2022   

Baca Juga