Sudut Pandang Orang Pertama Pelaku Sampingan

Penulis : Halima | Pendidikan | 21-10-2022

Sudut Pandang Orang Pertama Pelaku Sampingan (Foto : Parboaboa/Halima)

PARBOABOA - Pengertian Sudut pandang adalah merupakan arah pandang  yang berasal dari seorang penulis dalam menyampaikan sebuah cerita, sehingga cerita tersebut lebih hidup dan juga dapat  tersampaikan dengan baik kepada pembaca atau pendengarnya.

Dengan kata lain, sudut pandang merupakan cara penulis memandang ataupun menempatkan dirinya di dalam sebuah cerita. Sudut pandang atau point of view merupakan  sebuah teknik dalam  bercerita yang akan membuat rasa atau sensasi  yang berbeda pada alur serta  cara penyampaian cerita.

Dengan melalui sudut pandang, maka  penulis seolah – olah dapat  menjadi pelaku utama atau menjadi orang lain dalam cerita tersebut. 
Bahkan pengarang dapat menempatkan dirinya sebagai pengamat dengan memakai kata ganti orang kedua dengan kata.
Walaupun demikian, Sudut Pandang dimana pengarang memiliki kebebasan dalam memilih, namun terdapat hal yang patut diperhatikan sebagaimana yang disampaikan.

Sudut Pandang Orang Pertama Pelaku Utama

Sering disebut juga sebagai sudut pandang orang pertama tokoh utama, jenis sudut pandang orang pertama ini menjadikan penulis seolah-olah menjadi tokoh utama atau tokoh sentral dalam cerita. Seluruh pikiran, tingkah laku, perasaan, ataupun kejadian yang tokoh utama alami, dijelaskan dengan kata ganti “aku” atau “saya”.

Sudut pandang orang pertama pelaku utama adalah sudut pandang yang menempatkan penulis sebagai tokoh utama bagi ceritanya sendiri. Sementara itu, sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan merupakan sudut pandang yang menempatkan penulis sebagai pendamping dari tokoh utama buatannya.

Contoh Sudut Pandang Orang Pertama :

  1. Pagi ini begitu cerah membuat jiwaku begitu berseri-seri sambil menikmati kopi dan rokok. Dengan sejumlah masalah yang melilit ku, mampu meringankan beban yang kuhadapi. Masalah yang terus berbondong-bondong mengiringi kemarin hari, kini akhirnya aku menemukan jawaban, jawaban untuk bangkit kembali dan menuangkan inspirasi dalam setiap aktivitasku untuk melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia.
  2. Dengan tekad bulat berhadapan dengan dosen pembimbingku, ku manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan mengumpulkan keberanian untuk mempresentasikan hasil kerjaku beberapa minggu yang lalu.

Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan

Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan: yaitu si penulis menghadirkan tokoh “aku” sebagai bukan pemeran utama, melainkan pemeran pendukung atau tokoh tambahan (tokoh “aku” hanya sebagai pengamat). Sudut pandang serba tahu: yaitu si penulis menceritakan semua hal terkait tokoh utama.

Contoh sudut pandang orang pertama pelaku sampingan:

  1. Kerasnya hidup yang kujalani di Ibu Kota, Djakarta ternyata juga dialami oleh Imran. Imran yang menjalani hidup dengan susah payah dan bahkan ia harus jatuh bangun untuk menghidupi dirinya. Pagi hingga sore hari, Imran sama denganku menekuni kewajibannya untuk menempuh pendidikan. Selepas itu, aku dan Imran bergegas mengganti pakaian untuk memenuhi perut kami setiap hari dengan bekerja sebagai buruh di salah satu perusahaan.
  2. Imran seorang pekerja keras, disiplin dan bahkan tidak pernah menyianyiakan waktunya dengan hal melakukan hal sepele. Terkadang saat jam istirahat kerja, Imran menempatkan untuk mengisi waktu mengerjakan tugas perkulihan.
  3. Aku pun merasa termotivasi untuk memanfaatkan waktuku dengan sebaik-baiknya. Berkat dirinya, sehari yang terasa ku jalani begitu berat tanpa istirahat di malam hari, kini aku mendapatkan waktu senggang untuk bersenang-senang bersama keluarga dan juga seseorang yang kucintai.

Demikian informasi yang parboaboa berikan semoga dapat menambah kemampuan dan wawasan kita dalam membuat sebuah karangan dan mengisahkan segala hal yang membentuk sebuah cerita seperti cerpen, novel fiksi ataupun non fiksi yang berkesan bagi para pembaca. 

Editor : -

Tag : #sudut pandang    #orang pertama    #pendidikan    #orang ketiga    #contoh sudut pandang   

Baca Juga