Sajanan artinya (Dok: brilio.net)

Sujanan Artinya, Lengkap Beserta Cara Menghitung Weton Jawa

Rahma | Nasional | 03-06-2022

PARBOABOA - Berikut Sujanan artinya lengkap beserta cara menghitung weton Jawa menurut primbon Jawa mengenai perjodohan.

Weton adalah bentuk perhitungan pertanggalan Jawa berdasarkan hari lahirnya seseorang. Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), weton adalah hari lahir seseorang dengan nama Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Menurut kepercayaan Jawa, weton merupakan penanggalan yang sangat penting dan berhubungan dengan ramalan nasib seseorang.

Selain menghitung kecocokan pasangan calon pengatin, weton Jawa juga sering digunakan untuk memprediksi watak orang lain, cara mencegah kesialan dan penentu kesuksesan.

Cara Menghitung Weton Jawa

Sebelum menentukan ramalan, biasanya suku Jawa akan melakukan perhitungan terlebih dahulu berdasarkan hari kelahiran.

Dari hasil perhitungan itulah, baru dapat diketahui ramalan apa yang dimiliki oleh seseorang itu. Apakah ratu artinya baik atau weton sujanan artinya buruk.

Oleh sebab itu, menghitung weton jawa tidak boleh sembarangan dan harus diserahkan kepada orang yang dituakan dan dianggap memiliki cukup ilmu untuk melakukannya.

Kerena orang yang bisa melakukannya hanyalah orang-orang yang harus benar-benar memahami kalender Jawa dan semua aturan yang ada sesuai budaya.

Namun, tidak ada salahnya juga jika kita mencoba mempelajari salah satu warisan budaya ini kan? Walaupun kita tidak ahli, setidaknya kita faham atau mengenal weton Jawa, seperti hasil hitungan sujanan artinya apa dan lain-lain.

1. Sebelum mulai untuk menghitung, kalian harus hafal nama hari-hari Jawa yakni: Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

2. Selain itu, kalian juga harus tahu mengenai perputaran weton. Menurut perhitungan Jawa, weton Jawa akan berputar secara berulang setiap 35 hari yaitu 7x5 hari.

3. Dari perputaran weton Jawa, maka kamu harus dapat menepatkan hari kelahiran. Karena dianggap bahwa hari lahir akan berputar setiap 5 minggu sekali.

4. Selanjutnya, kamu juga harus faham mengenai pengaruh hari lahir terhadap sifat atau pun nasib.

5. Setiap hari memiliki nilai angka yang telah ditetapkan, seperti: Minggu: 5, Senin: 4, Selasa: 3, Rabu: 7, Kamis: 8, Jumat: 6, dan Sabtu: 9.

6. Sementara penetapan nilai angka berdasarkan nama hari di Weton Jawa adalah Legi: 5, Pahing: 9, Pon: 7, Wage: 4 dan Kliwon: 8.

7. Berdasarkan penjumlahan angka diatas, barulah dapat diketahui hasil dari nasib yang ingin di ketahui. Salah satunya menghitung weton jawa untuk pernikahan, apakah hasilnya pegat artinya hati-hati atau sujanan artinya pertengkaran yang fatal.

Bagaimana Contoh Menghitung Weton Jawa yang Memiliki Makna Tidak Cocok Atau Sujanan Artinya?

Jika salah satu pasangan yang hendak menikah itu lahir di hari Minggu Pon, artinya penjumlahan neptu weton Jawanya adalah 5+7=12.

Sementara pasangan lainnya lahir di hari Minggu Kliwon, artinya penjumlahan neptu weton Jawanya adalah 5+8=13.

Maka barulah kita dapat menghitung weton jawa untuk pernikahan sepasang kekasih itu, dengan cara menjumlahkan kedua hasil neptu wetonnya, seperti berikut!

12+13=25, maka menurut kode menghitung weton jawa untuk pernikahan yang ada, hasilnya adalah sujanan.

Menurut primbon weton Jawa, sujanan artinya pertengkaran. Semua hasil perhitungan angka neptu dari kedua pasangan yang memiliki hasil 7, 16, 25, dan 34 termasuk kategori sujanan artinya pasangan yang tidak cocok.

Demikianlah informasi mengenai sujanan artinya, lengkap beserta cara menghitung weton Jawa sesuai dengan perimbon Jawa mengenai kecocokan kedua mempelai calon pengantin.

Tag : #sujanan    #weton jawa    #nasional    #suku jawa    #perimbon jawa   

Baca Juga