Fatmawati Soekarnoputri

Sukmawati Soekarnoputri akan Jalani Upacara Pindah Agama Hari ini

rini | Biografi | 26-10-2021

PARBOABOA, Bali - Putri Presiden Pertama RI Sukarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani upacara pindah agama atau Sudhi Wadani sebelum resmi menjadi pemeluk Agama Hindu. Upacara Sudhi Wadani Sukmawati akan digelar hari ini, Selasa (26/10/2021) di Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. Acara akan digelar pada pukul 11.30 Wita.

Upacara Sudhi Wadani upacara dalam Hindu adalah sebagai pengukuhan atau pengesahan ucapan atau janji seseorang yang secara tulus ikhlas dan hati suci menyatakan menganut agama Hindu.

Namun acara tersebut akan berlangsung tertutup dan hanya dihadiri keluarga karena masih pandemi covid-19. Karangan bunga menghiasi tempat upacara yang dikirimkan berbagai pihak seperti  dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu Bintang Puspayoga.

Sebelumnya pada Senin (25/10) Sukmawati telah menjalani prosesi Melukat di Pantai Lovina, Buleleng. Upacara tersebut bertujuan untuk mensucikan diri.

Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna, menyebut ritual Sudhi Wadani adalah proses kembali ke agama Hindu. Ia menilai Sukmawati tidak berpindah agama, melainkan kembali ke agama Hindu. Melainkan kembali ke agama leluhur karena nenek Sukmawati atau ibu dari Presiden Soekarno memeluk agama Hindu.

"Jadi, bukan pindah karena Ibu Sukmawati itu kembali ke Agama Hindu berdasarkan petunjuk leluhur, berdasarkan suatu proses spritual yang cukup tinggi yang cukup lama," tutur Arya, Senin (25/10).

Tag : biografi, sukmawati soekarnoputri, pindah agama, sudhi wadani, Hindu

Berita Terkait