Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Penyebabnya Terungkap (Zona Surabaya Raya/Doc. Satpol PP Kota Surabaya)

Sudah Dikonfirmasi, Sumber Api Kebakaran Tunjungan Plaza Berasal dari Lantai 10

Wulan | Nasional | 16-04-2022

PARBOABOA, Surabaya - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur (Jatim) terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui sumber api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya, Rabu (13/4/2022) lalu. Hasilnya titik sumber api itu berasal dari luar teras gedung bioskop di lantai 10 TP 5.

"Kami temukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10... Di sekitar plafon, di luar teras bioskop," kata Kepala Labfor Polda Jatim, Kombes Sodiq Pratomo, Kamis (14/4) malam.

Sodiq menuturkan, dalam olah TKP yang berlangsung selama 7 jam itu, Tim Labfor juga menemukan ada empat ruang di empat lantai berbeda  yang ikut terbakar.

"Ada empat ruang terbakar. Lantai 4, lantai 5, lantai 10 dan lantai 11," ujarnya.

Ia menambahkan, dari lokasi tersebut pihaknya telah mendapatkan beberapa barang bukti. Di antaranya, sisa abu kebakaran, kabel dan bekas lampu.

"Barang bukti yang kami bawa itu sisa abu kebakaran, kemudian ada kabel, dan ada bekas lampu," katanya.

Walau demikian, kata Sodiq, sampai saat ini pihaknya masih belum bisa menyimpulkan apa penyebab dari kebakaran tersebut. Namun, dari hasil penyelidikan awal penyebab kebakaran itu bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.

"Kita sisir itu ternyata kalau alam jelas tidak ada karena tidak ada petir, kimia tidak ada, biologi tidak ada, mekanik tidak ada. Mungkin listrik sama apakah ada unsur-unsur lain kelalaian atau apa," katanya.

Menurut Sodiq, pihaknya masih perlu melakukan serangkaian pemeriksaan di laboratorium. Serta menyesuaikan temuan barang bukti.

"Maka nanti jamu cek lab dulu. Kita harus dibuktikan lewat lab. Paling cepat tiga hari. Tiga hari-empat hari," ujarnya.

Temuan ini sangat berbeda dengan data Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya yang mengatakan bahwa api tersebut berasal dari tempat permainan anak-anak yang berada di lantai 4. Sedangkan informasi awal Wali kota Surabaya Eri Cahyadi dan pihak kepolisian justru di restoran di lantai 5.

Diketahui, Mall Tunjungan Plaza mengalami kebakaran yang cukup hebat pada Rabu (13/4) sekitar pukul 17.30 WIB. Api tersebut baru bisa dipadamkan pada pukul 22.30 WIB.

Tag : #kebakaran    #tunjungan plaza    #nasional    #tunjungan plaza terbakar    #polda jawa timur    #sodiq pratomo    #surabaya   

Baca Juga