Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Surya Paloh Tak Tertarik Mengikuti Konvensi Capres Nasdem

Maraden | Politik | 28-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Surya Paloh mengaku tak ingin maju sebagai calon presiden (capres) lewat konvensi partai Nasdem. Ketua Umum Partai Nasdem itu mengatakan dia tidak tertarik menjadi peserta konvensi capres partai Nasdem untuk pilpres 2024, usai dirinya membuka workshop nasional anggota Fraksi Nasdem DPRD provinsi dan kabupaten dan kota se-Indonesia gelombang II di Hotel Redtop, Jakarta, Kamis (28/10/2021).

"Nasdem, kebetulan ketua umumnya enggak tertarik menjadi peserta konvensi. Dan memang sebaiknya kalau ada konvensi dilakukan, ketua umum partai enggak ikut, kalau ketua umum partai yang ikut (nyapres) sebaiknya dia jangan ikut konvensi," ujar Paloh, Kamis (28/10/2021).

Surya Paloh beralasan, apabila ketua umum partai ikut dalam ajang konvensi akan berpotensi memicu conflict of interest atau konflik kepentingan. Dia mengatakan harus memberikan kesempatan kepada kader yang lain. Selain itu Surya juga mengatakan lewat Konvensi yang diadakan partai Nasdem dia berharap menemukan partner yang cocok.

Peserta Konvensi, kata Surya, merupakan tawaran dari Nasdem untuk mencari figur terbaik bangsa. Pencarian ini pun tidak sebatas satu atau dua sosok dari internal maupun eksternal partai. Hasil konvensi nantinya akan memastikan peserta mendapatkan tiket untuk mengantarkan mereka sebagai calon resmi.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem Saan Mustopa mengungkapkan kalau partainya saat ini masih belum memiliki calon yang akan diusung dalam Pilpres mendatang. Nadem akan menggunakaan sarana konvensi calon presiden (capres) untuk mencari tokoh yang akan diusung sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saan menjelaskan Konvensi Capres merupakan salah satu keputusan partainya sebagai sarana mencari capres. Unutk peserta, tidak hanya kader internal yang diberi kesempatan untuk mengikuti Konvensi Capres, namun kesempatan juga dibuka untuk kandidat dari eksternal partai.

“Jadi sekali lagi bahwa Konvensi sebagai sarana yang akan digunakan oleh Nasdem dalam rekrutmen calon presiden supaya nanti ada transparansi dan akuntabilitasnya itu menjadi hal yang penting,” kata Saan dalam acara bertajuk “Sumber Kepemimpinan Nasional: Menuju 2024”, Sabtu (22/5/2021).

Jika konvensi terlaksana, ada tiga poin penting yang perlu digarisbawahi. Poin pertama, pelaksanaan konvensi dapat memberikan alternatif pilihan yang cukup signifikan bagi masyarakat terhadap kandidat capres. Kedua, menghasilkan capres terbaik sebagai pemenang konvensi. Dan poin terkahir, peserta konvensi akan menjadi capres resmi partai Nasdem.

Tag : politik, surya paloh, saan mustopa, konvensi partai nasdem, pilpres2024

Berita Terkait