Swiss V Spanyol, Hari Ini 23:00 WIB

SWISS vs SPANYOL, Perempatfinal Euro 2020

maraden | Olahraga | 02-07-2021

Di babak 16 besar Swiss dan Spanyol harus berjuang lebih dari 90 menit karena bermain imbang dengan skor besar dengan lawan masing-masing.

Swiss, yang lolos ke babak 16 besar 'cuma' sebagai salah satu dari tim peringkat ketiga terbaik, di atas kertas sama sekali tidak diunggulkan di hadapan Prancis. Tapi bola memang bulat dan sepakbola dimainkan di atas lapangan, bukan di atas kertas.

Swiss memastikan tiket ke perempat final, sekaligus membuat kejutan, usai mengalahkan Prancis melalui adu penalti. Sedangkan Spanyol mengalahkan Kroasia di babak tambahan waktu.

Sementara Swiss adalah tim kuda hitam dan tim yang tidak bisa dianggap remeh. Mereka terbukti menyingkirkan juara dunia Prancis di 16 besar. Swiss berhasil mencapai perempat final usai mengalahkan Prancis.

Melangkah ke perempat final dengan banyak catatan, Spanyol harus hati-hati. Meski menyandang status sebagai tim tersubur, sedikit kesalahan bisa menjadi petaka. Luis Enrique dan anak asuhnya harus benar-benar belajar dari empat laga terdahulu.

Spanyol akan dibuat susah payah mengalahkan Swiss yang akan bermain keras kepala di laga ini. Lini tengah Spanyol harus memastikan bola tidak terlalu banyak diterima trio Xherdan Shaqiri, Breel Embolo dan Haris Seferovic.

Sementara Spanyol yang masuk dalam daftar unggulan seri melawan Swedia dan Polandia. Kemenangan baru diraih anak asuh Luis Enrique pada laga terakhir fase grup melawan Slovakia.

Spanyol bisa sedikit bernapas lega karena Granit Xhaka akan absen di lini tengah Swiss karena akumulasi kartu kuning. Tapi, Sergio Busquets juga harus memastikan lini tengah Spanyol tidak dibuat frustrasi oleh permainan keras kepala Swiss.

Spanyol sendiri juga sudah dapat pelajaran penting di babak 16 besar karena nyaris saja bernasib seperti Prancis, saat menghadapi tim kuda hitam Kroasia. Saat itu La Furia Roja kebobolan dua kali di periode lima menit akhir, untuk bikin skor jadi 3-3, sehingga laga harus masuk ke extra time. Bedanya, Spanyol mampu bikin dua gol di extra time sehingga berhak lolos.

Pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol di turnamen besar adalah di penyisihan grup Piala Dunia 2010. Waktu itu, Swiss menaklukkan Spanyol 1-0 lewat gol tunggal Gelson Fernandes. Itu adalah satu-satunya kemenangan Swiss dalam 22 pertemuan dengan Spanyol sejauh ini.

Dua pertemuan terakhir Swiss dan Spanyol tersaji di ajang UEFA Nations League pada tahun 2020. Bulan Oktober, Spanyol mengalahkan Swiss 1-0 di kota Madrid lewat gol tunggal Mikel Oyarzabal.

Kedua tim kemudian bermain imbang 1-1 di Basel, di mana gol pembuka Remu Freluer untuk Swiss menit 26 dibalas oleh Gerard Moreno menit 89.

Prediksi Line Up Swiss vs Spanyol di Euro 2020

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Kevin Mbabu, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber, Xherdan Shaqiri, Haris Seferovic, Breel Embolo.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba, Koke, Sergio Busquets, Pedri, Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia.

Head to Head Swiss vs Spanyol Jelang Euro 2020

15-11-2020 Swiss 1-1 Spanyol

11-10-2020 Spanyol 1-0 Swiss

04-06-2018 Spanyol 1-1 Swiss

16-06-2010 Spanyol 0-1 Swiss

03-07-1994 Spanyol 3-0 Swiss

Pertandingan Swiss vs Spanyol akan berlangsung pada hari ini, Jumat (2/7) pukul 23.00 WIB.

Tag : #selebritis    #bola    #internasional    #kesehatan    #olahraga    #hiburan   

Baca Juga