Ilustrasi

Syarat dan Cara Pasang Aplikasi Android di Windows 11

Wanovy | Teknologi | 21-02-2022

PARBOABOA - Saat Microsoft pertama kali merilis Windows 11, kita diberitahu jika salah satu fitur penting yang ditawarkan adalah kemampuan menginstal aplikasi Android di komputer. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang menarik dan strategis untuk Windows.

Dalam panduan untuk mengunduh aplikasi Android, Microsoft mencantumkan serangkaian persyaratan sistem. Persyaratan ini cukup mempersulit, namun pada dasarnya masuk akal mengingat sejumlah hal yang harus disesuaikan, termasuk tampilan desain.

Syarat Pasang Aplikasi Android di Windows 11

Tiga persyaratan penting, yaitu sistem harus memiliki setidaknya 8GB RAM, menggunakan solid-state drive, dan fitur virtualisasi yang diaktifkan. Windows 11 sendiri hanya membutuhkan 4GB RAM dan berjalan di HDD.

Syarat 8GB ini terbilang tinggi, mengingat RAM minimal untuk menjalankan Windows 11 hanya 4GB. Begitu juga kewajiban soal SSD, karena Windows 11 pun pada dasarnya bisa dijalankan menggunakan HDD (yang notabene kecepatannya lebih rendah).

Hanya saja, aplikasi Android tidak didesain untuk perangkat komputer, baik laptop ataupun desktop. Ditambah lagi, aplikasi Android jelas tidak bisa berjalan secara native di Windows 11.

Alhasil untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11 dibutuhkan virtualisasi dan emulator, yang membutuhkan persyaratan hardware lebih tinggi, seperti RAM minimal 8GB.

Lalu soal SSD, meski Windows 11 bisa berjalan dengan baik di HDD, namun aplikasi Android dibuat untuk berjalan di flash memory yang lebih kencang, dalam hal ini SSD. Jadi jika dijalankan di HDD yang lebih lambat, tentu akan menghambat kinerjanya.

Sebelumnya, Microsoft juga berencana untuk mengubah persyaratan pemakaian Windows 11 Pro, yaitu wajib punya punya koneksi internet dan akun Microsoft.

Aturan serupa juga diterapkan Microsoft untuk pengguna Windows 10 Home, di mana pengguna tak bisa melewati proses login akun Microsoft saat proses instalasi.

Cara Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

Apabila semua persyaratan telah terpenuhi, berikut cara lengkap menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop berbasis Windows 11:

- Pertama, akses situs Microsoft Store untuk download Windows Subsystem for Android. Tekan tombol Get untuk mengunduhnya.

- Jika seluruh proses instalasi telah dijalankan, kamu akan diminta untuk download Amazon Appstore. Tekan tombol Download pada menu yang tampil di layar kamu.

- Kemudian, buka aplikasi tersebut. Sekarang login menggunakan akun Amazon milikmu. Pastikan, akun tersebut berbasis di Amerika Serikat agar aplikasi bisa berjalan dengan maksimal.

- Ada banyak aplikasi Android yang tampil di sini. Seperti Google Play Store, kamu bisa mencari aplikasinya dan download sesuai keinginan dengan menekan tombol Get.

- Selesai! Sekarang kamu sudah bisa menjalankan aplikasi Android di PC atau laptop Windows 11 dengan cara yang mudah.

Demikianlah informasi mengenai syarat dan cara menjalankan aplikasi Android di Windows 11 yang perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat!

Tag : #windows11    #android    #aplikasi   

Baca Juga