Ayu Miranda ketika diwawancara di Kantor PLN UIW MEdan.

Tagih Tunggakan, Muka Petugas PLN Diludahi Pelanggan

maraden | Daerah | 31-07-2021

PARBOABOA, Medan Seorang pria meludahi wanita petugas PLN di Medan viral di media sosial. Pria tersebut diketahui dalah seorang pelanggan yang nunggak pembayaran listrik.

Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 29 Juli 2021 pukul 15.02 WIB .

Saat itu, tiga orang petugas PLN UP3 Medan mendatangi tempat usaha milik pelanggan bernama Muhammad Reza Sitio di Jalan Halat, Kelurahan Pasar Merah Barat, Kota Medan.

Kedatangan petugas penagih PLN yakni menagih tunggakan rekening yang menunggak.

Salah seorang petugas dari PLN bernama Ayu Miranda bahkan dicaci-maki, hingga diludahi pelanggan tersebut.

Ayu menceritakan, saat itu dia bersama sejumlah rekannya datang ke lokasi usaha milik pelanggan Reza di Jalan Halat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Kedatangan mereka untuk menindaklanjuti surat peringatan tunggakan listrik yang telah dikirimkan sebelumnya.

Ayu menyampaikan tagihan piutang pelanggan tersebut sebesar Rp719.749 ditambah denda keterlambatan Rp75 ribu. Ayu menyampaikan pada pelngan ngeyel itu jika tidak menyelesaikan tagihannya maka akan dilakukan pemutusan sambungan listrik sementara.

Namun pria tersebut marrah-marah dan langsung mengusir petugas. Ayu dan temannya pun mundur dan masuk ke dalam mobil demi menghindari susana yang makin memanas.

Dalam video yang beredar, pria mengenakan kaos berwarna merah muda itu sempat terlibat cekcok dengan petugas yang sudah berada di dalam mobil. Tak hanya itu dia juga menghina dan melempari mobil petugas dengan batu.

Ayu kemudian merekam aksi pelanggan yang tidak kooperatif tersebut. Merasa direkam Reza berusaha merampas handphone Ayu, bahkan memukul kaca moil dan melempar dengan batu.

Reza meminta agar ayu mengahapus video yang direkamnya, tetapi ayu bersikeras mempertahankan handphonenya. Seorang teman ayu di mobil juga mencoba menengankan pelanggan rusuh itu tetapi si pelanggan nunggak tetap marah marah dan bahkan membuka maskernya lalu meludahi wajah Ayu. Setelah itu dia membanting pintu mobil.

Ayu Miranda kemudian melaporkan pelaku ke Polsek Medan Kota. Ayu juga langsung melakukan test swab demi menghidari virus corona akibat droplet ludah.

Diketahui saat ini pelanggan yang meludahi petugas itu sudah ditangkap dan menjalani pemeriksaan di kantor polisi.

Ketika dikonfirmasi, Plt Manager Komunikasi PLN UIW Sumut, Yasmir Lukman membenarkan adanya kejadian itu.

"Terkait adanya insiden serta perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan pelanggan yang memiliki tunggakan terhadap petugas PLN di Medan, PLN UIW Sumatera Utara berharap agar masalah ini diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku," kata Yasmir, Sabtu (31/7).

Yasmir menyebutkan petugas PLN yang datang ke rumah pelanggan sudah beritikad baik untuk memberikan surat penagihan kepada pelanggan untuk tagihan rekeninglistrik Juli 2021 yang merupakan penggunaan listrik pada Juni 2021.

Yasmir atas nama PLN menyesalkan adanya kejadian ini. Kata Yasmir PLN sungguh menghormati setiap pelanggan, seharusnya pelanggan juga taat pada aturan serta ketentuan yang berlaku.

Kami tidak memberikan toleransi terhadap tindakan main hakim sendiri dan melawan hukum," sebutnya.

Tag : #viral    #daerah    #kriminal    #hukum   

Baca Juga