Ilustrasi menangis

Tak Banyak yang Mengetahui, Ternyata Menangis Memiliki Sejumlah Manfaat

Dimas | Kesehatan | 16-03-2022

PARBOABOA -  Banyak orang menilai, menangis merupakan suatu ekspresi yang timbul akibat dari perasaan sedih, marah, dan juga senang.

Menangis juga kerap dikaitkan dengan hal buruk. Bahkan, tak jarang menangis diartikan sebagai pertanda seseorang itu lemah.

Namun, tak banyak orang tahu jika menangis ternyata baik untuk kesehatan.

Peneliti juga menyebutkan jika menangis adalah suatu hal yang baik dan seseorang akan mendapatkan sejumlah manfaat dari menangis.

Dikutip dari laman Wonderslists, ada sejumlah manfaat ketika seseorang menangis, yaitu:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Sters merupakan salah satu faktor penyebab tekanan darah bisa menjadi tinggi. Hal tersebut dapat terjadi, karena stres akan mempercepat detak jantung dan akan mempersempit arteri.

Namun, ketika seseorang menangis tekanan darah dan denyut nadi akan mengalami penurunan dan mampu menahan tekanan darah untuk tidak naik.

2. Meredakan Stres

Ketika seseorang sedang stres, tubuh akan dipenuhi dengan beberapa hormon yang sangat berpengaruh terhadap suasana hati.

Dengan menangis, seseorang akan melepaskan hormon-hormon tersebut melalui air mata yang akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan diyakini mampu meredakan stres.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Selain membantu seseorang mengurangi rasa sakit fisik dan emosional, menangis juga bisa dengan cepat membantu seseorang mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Hal tersebut bisa terjadi, karena pada saat menangis seseorang akan mengambil nafas yang lebih cepat yang membantu seseorang untuk menurunkan suhu pada otak.

Apabila suhu otak menurun, seseorang akan lebih mungkin untuk berfikir positif untuk membuang perasaan negatif atau suasana hati yang buruk.

4. Mengurangi Rasa Cemas

Beberapa peneliti penah melakukan survei terhadap beberapa wanita mengenai kecemasan. Terungkap, beberapa wanita mengaku bahwa mereka cenderung bersembunyi di kamar mandi tempat mereka bekerja ketika merasa cemas.

Lalu, mereka menangis dan merasakan ada sesuatu yang terlepas dari dirinya, yaitu rasa cemas dan beban yang telah menumpuk sejak lama.

Hal tersebut yang membuat peneliti mengartikan bahwa menangis memiliki pengaruh yang besar dalam mengurangi rasa cemas.

Itulah beberapa manfaat menangis yang tak banyak orang ketahui. Namun, di sarankan juga untuk tidak memiliki keinginan yang terlalu sering atau berlebihan untuk menangis.

Tag : #menangis    #eskpresi    #kesehatan    #stres    #hormon    #emosional    #cemas   

Baca Juga