parboaboa

Tak Kuat Menanjak, Rombongan Bus Atlet PPU Kaltim Terperosok Ke Jurang

Apri Siagian | Nasional | 17-11-2022

Ilustrasi Garis Polisi ( Foto : Gerd Altmann/Pixabay)

PARBOABOA, Jakarta – Bus yang membawa rombongan Atlet Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim VII jatuh ke jurang sedalam lebih dari 50 meter di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (17/11/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin pun membenarkan peristiwa tersebut. Namun, saat ini, dirinya belum mendapat informasi lebih rinci terkait kondisi dan kronologis kejadian tersebut.

"Ya benar, kabar bus atlet kita yang terperosok masuk jurang itu benar. Tapi saya belum tahu updatenya untuk kondisi dan bagaimana kronologinya," kata Alimudin.

Sebelumnya, rombongan atlet yang berjumlah 52 orang telah diberangkatkan menuju Berau sejak Rabu (16/11/2022) kemarin menggunakan dua unit bus. Alimudin pun mengaku sangat terkejut mendengar kabar bahwa salah satu bus atlet mengalami laka lantas saat tiba di Kawasan Kelay, Berau.

“Saya belum tahu bus yang mana yang alami kecelakaan, tapi informasi yang masuk tadi sih ada beberapa yang patah tulang,” jelas Alimudin.

Di lain sisi, Camat Kelay Toris mengatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi lantaran supir tidak hafal jalanan di daerah Kelay. Saat pendakian, bus itu tidak mampu menanjak sehingga terguling ke jurang.

Akibat kecelakaan tersebut, Toris merinci sebanyak tujuh orang mengalami luka-luka dan beberapa diantaranya mengalami patah tulang. Dan semuanya telah dilarikan ke RSUD Abdul Rivai di Tanjung Redeb .

"Tujuh orang yang cedera ini dirujuk ke RSUD Abdul Rivai di Tanjung Redeb. Lima di antaranya sedang dalam perjalanan ke Tanjung Redeb, dua lagi menyusul karena keterbatasan ambulans di Kelay," terang Toris.

"Saya sudah komunikasikan dengan Pemda, Pak Wakil Bupati, RSUD Abdul Rivai dan Dinas Kesehatan, dikirimkan ambulans tambahan untuk evakuasi semua penumpang yang cedera. Termasuk mengirimkan bus untuk membawa atlet lainnya ke Tanjung Redeb," tambahnya.

Editor: -

Tag: #bus rombongan atlet    #ppu    #nasional    #kaltim    #berau    #masuk ke jurang    #kecelakaan   

BACA JUGA

BERITA TERBARU