Warga berdesakan di Bandara Kabul untuk melarikan diri dari kekuasaan Taliban

Taliban Pastikan Tidak Ada Penambahan Waktu Evakuasi Warga Asing, Batas Akhir Evakuasi 31 Agustus

rini | Internasional | 25-08-2021

PARBOABOA, Afghanisthan - Taliban memperingatkan batas akhir untuk evakuasi warga asing dari Afganisthan adalah 31 Agustus 2021. Hal ini menegaskan tidak akan ada waktu tambahan untuk evakuasi seperti yang diharapkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Jika Amerika Serikat atau Inggris mencari waktu tambahan untuk melanjutkan evakuasi, jawabannya: tidak. Atau akan ada konsekuensinya, kata Suhail Shaheen, anggota delegasi Taliban di Doha, ibu kota Qatar.

"Ini adalah garis merah. Presiden (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa pada 31 Agustus mereka akan menarik semua pasukan militer mereka. Jadi jika mereka memperpanjangnya, itu berarti mereka memperpajang pendudukan, sementara tidak perlu untuk itu."

Shaheen menambahkan, "Itu akan menciptakan ketidakpercayaan di antara kita. Jika mereka berniat melanjutkan pendudukan, itu akan memancing reaksi."

Kelompok Taliban juga mengingatkan agar Amerika berhenti mengevakuasi warga Afganisthan karena itu membuat pihaknya tidak senang. Terutama warga yang memiliki keahlian seperti insinyur dan dokter, karena negara membutuhkan keahlian mereka.

Sebelumnya PM Inggris Boris Johnson mengatakan, secara pribadi akan memohon kepada Joe Biden untuk memperpanjang tenggat waktu bagi pasukan AS meninggalkan Afghanistan.

Tujuannya untuk memungkinkan lebih banyak orang melarikan diri dari pemerintahan Taliban.

Amerika Serikat telah mengevakuasi sekitar 58.000 orang, termasuk lebih dari 4 ribu orang Amerika, dari Afghanistan sejak 14 Agustus, sehari sebelum Taliban memasuki Kabul dan mengambilalih kekuasaan. Beberapa ribu orang lainnya telah dievakuasi oleh negara-negara sekutu Eropa seperti Jerman dan Inggris.

Tag : #internasional   

Baca Juga