Area bermain anak di Taman Bunga Pematangsiantar (dok Parboaboa)

Taman Bunga Pematangsiantar dari Masa ke Masa

Rini | Daerah | 29-03-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Taman Bunga Pematangsiantar merupakan salah satu dari sekian banyak ruang terbuka hijau di Kota Pematangsiantar yang dapat dijadikan pilihan untuk rekreasi dan menghilangkan jenuh.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa nama sebenarnya dari Taman Bunga yang terletak di pusat Kota Pematangsiantar tersebut adalah Lapangan Merdeka. Dikutip dari SBNpro, ternyata ada perubahan nama Lapangan Merdeka menjadi Taman Bunga oleh masyarakat setempat di masa awal tahun 80-an.

Dahulu Lapangan Merdeka difungsikan Pemerintah sebagai tempat pelaksanaan upacara dan peringatan hari-hari besar persis seperti fungsi Lapangan Haji Adam Malik saat ini yang berada tepat diseberang Lapangan Merdeka. Namun, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar memutuskan melakukan pemugaran Lapangan Merdeka. Pemko mulai menanami pepohonan dan berbagai jenis bunga agar lebih terlihat indah dan cocok untuk tempat rekreasi.

Taman Bunga ditata sedemikian rupa sehingga menyajikan nuansa asri. Penataan ulang juga terus dilakukan. Pengunjung tidak lagi sekedar datang untuk berolahraga sebab telah dibangun berbagai wahana permainan outdoor yang tentunya disenangi anak-anak.

Boru Panggabean seorang pengunjung asal Tarutung yang membawa serta anaknya mengakui banyak perubahan di lokasi Taman Bunga. Fasilitas yang semakin banyak, mulai dari taman bermain anak-anak, area skateboard, bangku-bangku taman yang sebelumnya tidak ada  semakin memanjakan pengunjung.

Apalagi, untuk masuk ke area Taman Bunga juga tidak dikenakan tarif, cukup dengan membayar parkir kendaraan pribadi saja. Ia juga mengapresiasi Taman Bunga semakin tertata rapi dan kebersihannya cukup terjaga.

"Bedanya tambahlah mainan anak-anak ini. Tempat duduk ini pun dulu gak ada", ungkap Panggabean, Selasa (29/3).

Boru Panggabean sendiri merekomendasikan Taman Bunga ini sebagai tempat rekreasi dengan anak, namun dia berharap ke depannya akan semakin banyak fasilitas permainan anak yang akan ditambah lagi.

Tag : #taman bunga    #pematangsiantar    #daerah    #wisata sumut    #wisata pematangsiantar   

Baca Juga