parboaboa

Taman Langit Pangalengan: Daya Tarik, Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Rutenya

Wanovy | Travel | 26-05-2023

Taman Langit Pangalengan, foto: Instagram.com/_kopites_man

PARBOABOA, Pangalengan - Masih bingung memilih tujuan wisata untuk menghabiskan libur akhir pekan yang masih di daerah Bandung? Taman Langit Pangalengan bisa jadi pilihan kamu lho.

Taman Langit Pangalengan adalah sebuah area rekreasi yang terletak di Pangalengan, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara segar dari dataran tinggi Pangalengan.

Taman Langit Pangalengan juga dikenal sebagai Pangalengan Sky Garden dalam bahasa Inggris. Di sana, pengunjung dapat menikmati kebun bunga yang indah, area bermain anak-anak, dan fasilitas lainnya untuk bersantai dan menikmati suasana alam.

Taman Langit Pangalengan memiliki daya tarik yang bisa membuat pengunjung betah dan ingin berlama-lama di tempat ini. Pensaran bagaimana? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Daya Tarik Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan mempunyai kelebihan, yaitu satu tempat dengan view alam yang beragam, sebenarnya view gunung, view kebun teh, view laut, serta view perkotaan.

Hal tersebut dikarenakan wisata Taman Langit Pangalengan terletak di atas ketinggian 1670 mdpl. wajar saja jika di setiap sudut memiliki view yang mampu memanjakan mata para pengunjung. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

1. View Kebun Teh Yang Indah

Taman Langit Pangalengan memiliki daya tarik utama pemandangannya yang sangat memukau.

Pemandangan indah di sini tak terlepas dari adanya bukit-bukit hijau yang ada di sekelilingnya. Ditambah lagi ada hamparan perkebunan teh yang tepat berada di bawahnya.

Para wisatawan menjuluki pemandangan kawasan wisata Taman Langit Pangalengan dengan nama samudra awan.

Ini karena setelah hujan, akan ada kabut tebal yang menyelimutinya sehingga kamu akan merasa seolah sedang berada di atas awan.

Semua pemandangan yang tersaji di Taman Langit Pangalengan ini tersaji secara 360 derajat.

Jadi, baik itu bagian depan, belakang, kanan, hingga kirinya sama-sama memiliki pemandangan indah yang hijau dan asri.

Selain adanya kabut setelah hujan, pemandangan matahari terbenam dan matahari terbitnya juga sangat cantik dan indah sehingga cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata romantis bersama dengan pasangan.

2. Jembatan Unik di Tengah Kebun Teh

Selain pemandangannya yang sangat indah, di tempat wisata ini juga ada jembatan unik yang membentang di tengah-tengah kebun teh.

Jembatan ini terbuat dari material kayu dengan panjang sekitar 200 meter lebih dan ketinggian yang berbeda-beda tergantung dari permukaan tanah perkebunan yang ada di bawahnya.

Uniknya, di malam hari, jembatan ini memiliki penerangan lampu dengan cahaya kekuningan sehingga terlihat lebih cantik.

3. Spot Foto dari Gardu Pandang

Memiliki pemandangan yang indah tentu saja membuat kawasan wisata ini menjadi spot untuk berburu foto bagi para anak muda.

Ada banyak spot berfoto yang disediakan oleh pihak pengelola, mulai dari yang letaknya di gardu pandang hingga yang berada di dekat jembatan kayu kebun teh. Spot foto di sini ada yang berbentuk ayunan kayu hingga gapura bentuk wayang.

4. Memiliki Area Tempat Camping

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata Taman Langit Pangalengan adalah adanya camping ground atau tempat berkemah yang menjadi incaran banyak pecinta camping.

Tentu saja berkemah di Taman Langit Pangalengan akan memberikan sensasi yang berbeda karena kamu bisa berkemah dari atas bukit dengan pemandangannya yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk Taman Langit Pangalengan

Tiket masuk Taman Langit Pangalengan terbilang cukup murah. Dengan biaya terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan dan suasana alam yang asri.

Sementara tarif untuk berkemah cukup membayar 35 ribu rupiah. Memang tarif ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Berikut list harga tiket masuk Taman Langit Pangalengan:

  • Tiket Masuk Dewasa: Rp15.000
  • Tiket Masuk Anak: Rp5.000
  • Tiket Camping (Sudah Termasuk Tiket Reguler): Rp35.000
  • Parkir Motor Reguler: Rp5.000
  • Parkir Motor Camping: Rp10.000
  • Mobil Reguler: Rp10.000
  • Mobil Camping: Rp20.000

Sebagai area camping, Taman Langit Pangalengan buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung pada saat musim kemarau.

Salah satu tempat tempat camping di Bandung yang hits ini selalu dipadati wisatawan ketika akhir pekan dan hari libur nasional.

Lokasi dan Rute Taman Langit Pangalengan

Lokasi Taman Langit Pangalengan berada di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Pada dasarnya, jalan menuju Taman Langit Pangalengan bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran.

Hanya saja, saat memasuki area kebun teh cukup untuk satu mobil saja. Tetapi biasanya suka ada petugas yang mengatur kendaraan dengan sistem buka tutup.

Kondisi jalan menuju Taman Langit Pangalengan secara keseluruhan sudah bagus. Tetapi pas di kawasan perkebunan teh masih belum optimal.

Jarak tempuh dari Alun-Alun Kabupaten Bandung, atau Alun-Alun Soreang ke wisata Taman Langit Pangalengan sekitar 42 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

Nah, itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata Taman Langit Pangalengan yang perlu kamu perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Editor: Ester

Tag: #wisata bandung    #bandung    #travel    #tempat wisata    #taman langit pangalengan    #jawa barat   

BACA JUGA

BERITA TERBARU