Ilustrasi

Tampilan Last Seen WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

Wanovy | Teknologi | 15-11-2021

Aplikasi perpesanan instan WhatsApp diketahui sedang mengembangkan salah satu fitur populernya, yaitu "Last Seen" atau "Terakhir Dilihat". Fitur ini mampu menunjukkan kapan pengguna terakhir online.

Biasanya, informasi yang tertera pada status Last Seen ditunjukkan dalam keterangan waktu berupa hari, jam ataupun menit. Pengguna juga bisa mematikan fitur Last Seen agar semua daftar kontak tidak dapat bisa melihat informasi kapan pengguna tersebut terakhir kali online.

WhatsApp sendiri dikabarkan tengah mengerjakan fitur baru untuk Last Seen, yang nantinya akan memungkinkan status ini tak bisa dilihat oleh kontak tertentu saja, alih-alih semua orang.

Fitur baru tersebut berupa opsi "My contacts except.." yang bisa dipilih untuk menampilkan informasi Last Seen, Profile Photo, dan About dari pengguna.

Lewat opsi ini, pengguna bisa memilih untuk menyembunyikan profil dan aktivitas pengguna di WhatsApp dari orang tertentu saja yang ada di dalam daftar kontak.

Kehadiran opsi tersebut tentu terbilang praktis, mengingat sebelumnya informasi terakhir online, foto profil, dan kolom About hanya bisa diatur agar dapat dilihat oleh semua orang (Everyone), kontak pengguna (My Contacts), atau disembunyikan dari semua orang (Nobody) saja.

Dengan keberadaan opsi "My contacts except.." ini, nantinya pengguna bisa memilih secara lebih spesifik, soal siapa saja yang tidak bisa melihat status Last Seen.

Kabarnya WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru ini dalam beberapa bulan terakhir. Fitur tersebut bahkan sudah digulirkan secara berkala untuk pengguna WhatsApp Beta versi 2.21.23.14, sebagaimana dihimpun dari WABetaInfo, Minggu (14/11/2021).

Tag : #whatsapp    #fitur    #last seen   

Baca Juga