Ilustrasi

Tampilan Menu Klik Kanan Windows 11 Diperbarui, Seperti Apa?

Wanovy | Teknologi | 23-11-2021

Sejak 5 Oktober lalu, Microsoft secara bertahap telah menggulirkan sistem operasi terbaru Windows 11 kepada penggunanya. Windows 11 memang memilik banyak pembaruan termasuk desain ulang lengkap antarmuka pengguna (UI).

Perubahan yang dibawa oleh Windows 11 tak hanya bagian menu start dan taskbar, Microsoft juga akhirnya merombak tampilan dan fitur "klik kanan" atau context menu di Windows 11 setelah 20 tahun lamanya. 

Klik kanan sendiri merupakan cara untuk membuka jalan pintas guna mengakses berbagai menu pada sebuah file atau folder. Mulai dari opsi membuka (open), menghapus (delete), mengedit, print, dan lain sebagainya.

Kini tampilan menu “klik kanan” di Windows 11 jauh lebih mendasar dan segar daripada di Windows versi sebelumnya, termasuk Windows 10. Ini karena banyak menu “klik kanan” yang telah disederhanakan dan diganti dengan ikon yang berguna, seperti untuk menyalin file atau direktori.

Sebelumnya, misalnya, di Windows 10, klik kanan menampilkan semua opsi menu dalam satu jendela layar penuh. Untuk membuka properti, mulailah dengan opsi untuk membuka file (open), mengedit, mencetak, mengubah nama (rename), dan menyalin (copy).

Secara tampilan, opsi klik kanan versi sebelumnya lebih padat karena seluruh menu ditampilkan sekaligus. Nah, di Windows 11, tampaknya Microsoft ingin memberikan tampilan yang lebih segar pada opsi klik kanan tersebut.

Salah satu caranya ialah mengubah opsi yang sering digunakan pengguna seperti copy, cut, delete, share, dan rename menjadi sebuah ikon. Ikon-ikon tersebut dimunculkan di bagian atas jendela sehingga lebih mudah diakses.

Bagi pengguna yang sering mengakses copy, cut, delete, share, dan rename melalui klik kanan, perombakan ini mungkin termasuk sebagai suatu perubahan yang besar.

Sebab, mereka tak perlu repot lagi menelusuri deretan menu klik kanan yang terlalu banyak hanya untuk menyalin atau mengubah nama file/folder miliknya.

Meski tampilannya disederhanakan dan lebih minimalis, pengguna tidak kehilangan akses ke opsi menu yang sebelumnya tersedia di menu “klik kanan” Windows 10, seperti dihimpun dari TechRadar, Senin (22/11/2021).

Dengan mengklik tombol “Show more options”, pengguna dapat terus menampilkan seperti yang mereka lakukan di versi Windows 10. Ketika pengguna mengklik, pengguna akan disajikan dengan kotak opsi menu klik kanan yang sama seperti di Windows 10.

Tag : #windows 11    #klik kanan    #tampilan baru    #menu    #antarmuka   

Baca Juga