Tanaman hias di dalam rumah

10 Jenis Tanaman Hias di Dalam Rumah untuk Mempercantik Ruang Tamu

Wanovy | Rumah | 01-07-2022

PARBOABOA - Ingin mempercantik ruangan dalam rumah? Gampang! Tambahkan saja tanaman hias di dalam rumah dalam ruangan sebagai dekorasi.

Bukan cuma mempercantik dan membuat suasana menjadi asri, tanaman juga punya manfaat khusus yang bisa dinikmati seisi rumah, lho.

Yuk, simak langsung 10 tanaman dalam ruangan yang cocok untuk rumahmu!

Kehadiran tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya mempercantik rumah, tetapi juga membawa nuansa positif serta kegembiraan dalam hidup.

Menatap tanaman hijau selama berjam-jam dapat membantu menenangkan pikiran seseorang dan membantunya merasa tenang.

Tanaman hias indoor juga bermanfaat untuk memurnikan udara dan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya di udara yang masuk ke rumah, sehingga secara tidak langsung tanaman berpengaruh terhadap kesehatan.

Bahan kimia tersebut menyebabkan banyak iritasi dan menghambat tugas sehari-hari, hal itu menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti migrain atau masalah pernapasan.

Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan udara berbahaya, dan saat itulah tanaman dalam ruangan bertindak sebagai penyelamat.

Rahasianya terletak pada tanah dan akar tanaman yang membantu menyerap semua karbon ekstra di udara.

Tanaman juga memiliki banyak manfaat kesehatan mental yang membuat seseorang tetap tenang dan positif secara instan.

Menyiram dan merawat tanaman juga dapat membangkitkan emosi yang melekat pada manusia dan memiliki efek penyembuhan terapeutik.

Untuk itu, yuk simak tanaman hias di dalam rumah yang menjadi kunci untuk menambah ketenangan dan nuansa hijau di rumah sekaligus bermanfaat untuk kesehatan, dilansir dari beberapa sumber.

1. Peace Lilies

Jenis tanaman hias di dalam rumah satu ini sangat cocok ditaruh di salah satu sudut rumah Kamu. Tak hanya sekedar mempercantik ruangan, peace lilies juga merupakan jenis tanaman yang dapat menyerap udara kotor, bahan kimia, dan racun di udara.

Hal itu akan membuat udara di dalam ruangan menjadi segar dan sejuk. Tanaman ini juga terbilang cukup lama bisa bertahan hidup di dalam ruangan.

Untuk perawatannya, Kamu hanya perlu membawa tanaman ini ke luar ruangan setiap 2 atau 3 hari sekali selama beberapa jam untuk mendapatkan sinar matahar

Karena peace lilies membutuhkan tanah lembab, Kamu bisa menyiram tanaman ini pada bagian tanah yang kering.

2. Kaktus

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi melihat kaktus di dalam ruangan. Selain tergolong mudah dalam merawatnya, kaktus juga sagat cocok dijadikan sebagai hiasan ruangan.

Untuk menjadikannya dekorasi, cobalah untuk menanam kaktus berbagai ukuran di sebuah terarium berwarna-warni. Untuk merawatnya, Kamu hanya perlu menyiramnya satu minggu sekali

3. Sirih Gading

Tanaman Sirih gading kerap disebut sebagai devil’s ivy atau bernama Latin Epipremnum aureum. Tak hanya harganya yang murah, Sirih gading juga mudah didapatkan di berbagai pusat penjualan tanaman hias.

Tanaman hias di dalam rumah untuk kesehatan ini juga bagus untuk penyerap racun. Sebab, Sirih Gading dapat menyerap formaldehida atau formalin dari udara di sekitar rumah.

4. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua dikenal juga dengan sebutan Sansevieria. Bentuknya berupa daun panjang dan runcing degan tekstur tebal dan keras.

Ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning, ada pula jenis yang berwarna hijau tua.

Lidah mertua dipercaya sebagai tanaman hias dalam ruangan yang kaya manfaat.

Selain menghasilkan banyak oksigen, lidah mertua juga mampu menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida di dalam ruangan.

5. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Tanaman hias di dalam rumah ini juga menyukai cahaya matahari yang tidak langsung, jadi memang baik untuk diletakkan di teras atau dalam ruangan.

Selain menyegarkan ruangan, aloe vera juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, Moms. Tanaman ini dipercaya mampu menyembuhkan ruam, luka bakar, dan iritasi kulit.

Tanaman hias dalam ruangan yang penuh antioksidan ini juga baik bagi sistem pencernaan dan dapat mengobati sembelit.

6. Tanaman English Ivy

Tanaman hias di dalam rumah berikutnya ini menyaring 90% jamur di udara yang dapat memicu alergi.

Selain itu, English ivy membantu penderita asma bernafas lebih baik di malam hari sehingga mereka dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Sebagai catatan, jauhkanlah dari anak kecil dan hewan peliharaan karena tanaman hias ini beracun jika dimakan.

7. Tanaman Rosemary

Berikutnya adalah tanaman hias di dalam rumah yang dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

Selain itu, rosemary juga memiliki khasiat yang baik dalam meredakan nyeri otot serta meningkatkan sistem kekebalan.

Terlebih, kamu juga bisa memanfaatkan daun dari tanaman sebagai bumbu dapur, lho.

8. Aglonema Merah

Dikenal dengan warnanya yang cerah, tanaman ini akan cocok sebagai penyeimbang interior bergaya minimalis.

Tanaman hias dalam ruangan ini disebut dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya rendah, sedang, dan tinggi.

9. Monstera

Monstera merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup kekinian. Monstera cocok di simpan di dalam ruangan karena tidak terlalu bergantung pada cahaya matahari langsung dan tahan pada ruangan berpendingin udara.

10. Palem Kuning

Palem kuning memiliki ciri pelepah daun yang panjang dan menutupi bagian batang yang beruas.

Sebagai tanaman dalam ruangan, palem kuning memunculkan nuansa tropis yang santai, tapi tetap enak dipandang. Kamu bisa menempatkannya di ruang tamu, persisnya di sebelah sofa bed atau kursi goyang.

Tanpa butuh banyak asupan sinar matahari langsung, kamu cukup rajin memberinya pupuk supaya daunnya senantiasa rindang.

Pilih juga pupuk organik supaya kemampuannya sebagai penyerap udara buruk di ruangan semakin maksimal.

Jangan lupa untuk memberikan air secara berkala, ya karena tanaman dalam ruangan ini tumbuh subur di tempat yang lembap.

Nah, itulah tadi beberapa tanaman hias di dalam rumah yang bisa kamu aplikasikan di sudut ruangan untuk mempercantik hunian. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #tanaman hias    #jenis tanaman    #model rumah    #rumah    #dekorasi rumah    #desain rumah    #inspirasi rumah   

Baca Juga