Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid, Lengkap dengan Bacaan Doanya

Ratni Dewi Sawitri | Pendidikan | 19-01-2023

Niat Mandi Wajib Setelah Haid (Foto : karna.id)

Parboaboa, Pematang Siantar – Bagi seorang wanita seperti Aurel Hermansyah mandi wajib terdiri atas mandi junub dan mandi setelah haid atau nifas. Tata cara mandi wajib bagi kaum wanita sama seperti kaum pria. Namun ada sedikit pengecualiannya.

Kaum wanita memiliki hal yang sangat istimewa dibandingkan dengan kaum pria. Hal ini dikarenakan ada banyak hal yang dimilikinya daripada pria, salah satunya adalah menstruasi atau haid.

Dalam buku “Fiqih Islam Wa Adillatuhu” oleh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili, haid adalah darah yang keluar ketika seorang wanita dalam keadaan sehat.

Kata haid menurut bahasa artinya adalah banjir atau mengalir. Menurut istilah syara’, haid adalah darah yang keluar dari ujung rahim perempuan ketika dia dalam keadaan sehat, bukan semasa melahirkan bayi atau semasa sakit.

Hukum yang berkenaan dengan haid terdapat dalam Al – Quran yaitu Surah Al – Baqarah ayat 222:

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang – orang yang bertaubat dan menyukai orang – orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah:222).

Haid juga disebutkan dalam Kitab Shahih al-Bukhari dan Muslim yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a., bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang haid:

“Ini adalah perkara yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada anak – anak Adam yang perempuan.”

Saat masa haid, seorang wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah salat lima waktu, membaca Al-Quran, puasa, serta ibadah lainnya. Jika tetap melakukanya, maka justru berdosa dan ibadah tersebut tidak diterima oleh Allah SWT. Setelah selesai haid, barulah seorang wanita boleh melaksanakan ibadah namun dengan syarat harus mandi wajib terlebih dahulu.

Perkara mandi wajib bagi wanita setelah berakhirnya masa haid dapat dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, dari Aisyah r.a Rasulullah SAW bersabda:

إذا أقبلت الحيضة فدعي الصلاة، وإذا أدبرت فاغسلي وصلي

Artinya : “Jika haid datang maka tinggalkanlah salat, dan jika ia pergi maka mandilah dan lakukanlah salat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Cara mandi wajib berbeda dengan mandi pada umumnya. Dalam buku Ensiklopedia Fiqih Wanita yang disusun oleh Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim dijelaskan bahwa mandi wajib adalah mengalirkan atau menuangkan air yang bersih ke seluruh badan dengan cara – cara tertentu menurut Islam.

Hal ini wajib diketahui oleh setiap wanita muslimah sebelum melakukan mandi wajib.

Cara mandi wajib setelah berakhir masa haid pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan penyebab lainnya. Namun ada beberapa tata cara tambahan yang harus dilakukan dan sebelum melakukan mandi wajib wanita setelah masa hadis, hendaknya membaca niat terlebih dahulu.

  • Niat Mandi Wajib Setelah Haid

Saat mandi wajib terlebih dahulu harus membaca niat. Inilah yang membedakan antara mandi wajib dengan mandi biasa pada umumnya. Niat ini dapat dibaca di dalam hati ataupun secara lisan.

Berikut ini niat mandi wajib setelah selesai haid:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Nawaitul ghusla lifraf il hadatsil akbari minal haidil lillahi ta’ala.”

Artinya : “Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.”

  • Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

Mandi wajib bagi wanita setelah haid menggunakan air dan sabun.Berikut tata cara mandi wajib setelah haid yang harus diketahui kaum wanita:

  1. Bacalah niat mandi wajib terlebih dahulu
  2. Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali
  3. Bersihkan kotoran yang menempel di sekitar kemaluan dengan tangan kiri
  4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih
  5. Lalu berwudhu dengan sempurna seperti ketika akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki
  6. Masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari – jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.
  7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyur air. Dimulai dari sisi kanan lalu lanjutkan ke tubuh sisi kiri.
  8. Saat menjalankan tata cara mandi wajib setelah haid, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.

Setelah kita mengetahui tata cara mandi wajib setelah haid , kita juga harus mengetahui cara mengajarkan anak salat sejak usia dini.

  • Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Wajib Setelah Haid

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan mandi wajib setelah haid. Hal ini penting untuk kesucian dari mandi wajib yang sudah dilakukan. Berikut ini beberapa aturan lain yang perlu diperhatikan:

  1. Gunakan air yang bersih dan suci
  2. Pastikan seluruh tubuh terguyur dengan air
  3. Jangan menggunakan penutup kepala

Demikianlah tata cara dan niat mandi wajib setelah selesai haid. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membaca.

Tag : #pendidikan islam    #tata cara mandi wajib setelah haid    #pendidikan    #niat mandi wajib setelah haid    #syariat Islam   

Baca Juga