Mengenal teknik dasar permainan bola voli (Athletes Unlimited)

4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli yang Wajib Dikuasai Pemain

Andre | Olahraga | 30-04-2022

PARBOABOA - Terdapat empat teknik dasar permainan bola voli yang harus dipahami para pemula sebelum bertanding. Teknik tersebut meliputi servis, passing, smash, dan block.

Dalam praktiknya, keempat teknik ini harus wajib dikuasai agar permainan bola voli berjalan dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi, olahraga voli merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang dimainkan secara berkelompok. Berdasarkan data rilisan World Atlas, olahraga ini terbilang cukup populer mengingat pengikutnya yang mencapai 900 juta orang.

Olahraga yang dicetuskan oleh William G. Morgan ini menjadi salah satu jenis permainan yang sangat fleksibel karena dapat dimainkan di berbagai lokasi sepeti lapangan aspal, pasir, dan rumput.

Di masyarakat Indonesia sendiri, kegiatan ini banyak digemari kalangan muda dan tuda dengan berbagai usia. Maka dari itu, teknik dasar bola voli menjadi salah satu pondasi pengetahuan yang harus dipahami bagi mereka yang ingin bermain.

Teknik Dasar Bola Voli

Agar dapat menciptakan gaya permainan yang baik dan seru, terdapat beberapa teknik dasar bola voli yang harus dikuasai. Berikut penjelasannya.

1. Servis

Servis (Instagram/asicsvolleyball)

Service adalah teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan voli yang menjadi penanda bahwa permainan dimulai.

Servis bola voli terbagi atas beberapa teknik, yaitu servis atas, bawah, mengapung (floating overhand), hook (overhand round-house service), dan jumping.

Lihat Juga: Cara melakukan servis bawah

Nah, servis bawah tersebut lah yang menjadi teknik dasar permainan bola voli yang pertama kali diajarkan kepada pemula karena mudah untuk dilakukan.

Sementara, jika dilihat dari arah putaran bola, teknik dasar servis pada permainan bola voli terbagi atas beberapa gaya, yakni back spin, inside spin, outside spin, top spin, dan float.

2. Passing

Passing (Foto: Instagram/galery_volly_indonesia)

Teknik dasar bola voli selanjutnya adalah passing. Teknik ini berfungsi untuk menerima, menahan, serta mengedalikan bola yang dilambungkan oleh pihak lawan.

Dalam praktiknya, passing terbagi atas dua teknik, yakni passing atas dan passing bawah.

Passing atas merupakan teknik operan bola yang dilakukan dengan ujung-ujung jari saat bola datang setinggi bahu atau lebih. Teknik ini memiliki tujuan mengumpan bola ke rekan tim yang bisa melakukan smash.

Sedangkan passing bawah merupakan teknik yang dilakukan jika bola datang jatuh di depan atau samping badan, setinggi perut ke bawah.

3. Smash

Smash (Foto: Instagram/asicsvolleyball)

Spike atau smash adalah teknik dasar bola voli yang digunakan untuk menyerang area pertahanan lawan.

Salah satu teknik dasar permainan bola voli yang menjadi penentu kemenangan ini sedikit sulit dilakukan karena membutuhkan kekuatan otot dan telapak tangan yang kuat untuk memukul bola agar jatuh dengan cepat dan kencang.

Hanya saja, dalam penerapannya, smash tidak selalu harus memukul bola dengan kuat. Beberapa pemain bola voli terkadang menggunakan teknik ini dengan sentuhan lembut dengan tujuan membuat pertahanan musuh menjadi lengah karena tidak bisa mengembalikan smash tersebut dengan teknik block.

Berdasarkan gerakan bola, teknik smash terbagi atas silang dan lurus.

Sementara berdasarkan kurva bola, teknik smash terdiri atas beberapa jenis, yakni drive smash, top spin smash, dan lob smash.

4. Blocking

Blocking (Foto: Instagram/bolavoli_indonesia)

Teknik dasar permainan bola voli yang bertujuan untuk menghalau dan menahan serangan lawan adalah blocking.

Teknik blocking dilakukan dengan cara mengangkat lengan setinggi mungkin agar bola tetap bertahan dan memantul kembali ke area tim lawan.

Teknik ini umumnya dikerjakan oleh satu hingga tiga pemain tim yang pandai bertahan di depan net.

Dalam penerapannya, teknik blocking dibagi menjadi gerakan pasif dan aktif.

Nah, itulah informasi seputar teknik dasar bola voli yang dapat kamu pelajari sebelum bermain. Jika ingin mahir dalam penggunaanya, sobat Parboaboa harus rajin berlatih di lapangan, baik bersama teman ataupun keluarga.

Tag : #bola voli    #teknik olahraga    #olahraga    #teknik dasar bola voli    #teknik dasar permainan bola voli   

Baca Juga