Pengertian Teks Narasi Adalah (Dok: Parboaboa)

Teks Narasi Adalah: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya

Juni | Pendidikan | 22-07-2022

PARBOABOA - Kebanyakan dari kita tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya biografi, cerpen, dan novel. Ketiga jenis bacaan tersebut termasuk dalam teks narasi.

Teks narasi adalah karya tulis yang menyajikan serangkaian peristiwa dan disusun berdasarkan kronologis sesuai urutan waktunya. Peristiwa itu bisa benar-benar terjadi, namun bisa juga hanya khayalan belaka.

Umumnya, karya tulis ini dibuat untuk membagikan suatu pengalaman agar para pembaca turut merasakan suasana dalam cerita tersebut. Orang yang menceritakan kejadian dalam narasi disebut sebagai narator.

Tujuan teks narasi adalah untuk menghibur pembacanya. Selain itu, karya tulis ini juga memberi pengalaman estetis kepada pembaca, menambah informasi, pengetahuan, dan wawasan.

Untuk lebih memahami, berikut ini dijelaskan pengertian teks narasi lengkap dengan ciri-ciri, unsur, struktur serta contohnya. Langsung saja yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Teks Narasi?

Secara etimologi, narasi berasal dari kata kerja dalam bahasa latin “narrare” yang berarti mengatakan. Sementara itu, pengertian teks adalah suatu tuturan yang monolog non-interaktif. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Narrative Text, yang termasuk dalam keahlian membaca (reading skill).

Jadi, bisa disimpulkan bahwa teks narasi adalah salah satu jenis teks atau pola pengembangan paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa secara beruntun dan terperinci. Sehingga pola pengembangan teks ataupun paragraf ini bersifat kronologis.

Ciri-ciri Teks Narasi

Setiap jenis bacaan atau teks memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ciri-ciri teks narasi, antara lain:

  • Peristiwa Nyata dan Imajinasi

Teks narasi adalah sebuah karya tulis yang menceritakan peristiwa nyata, imajinasi atau gabungan dari keduanya. Maksudnya, penulis bisa membuat tulisan berdasarkan kisah nyata yang berasal dari pengalaman pribadi, kehidupan seseorang atau sejarah.

Selain itu, penulis juga bisa membuat tulisan yang berasal dari kisah fiktif, khayalan atau imajinasi dirinya sendiri.

  • Menekankan Kronologis Peristiwa

Tulisan ini sangat menekankan kronologis peristiwa atau urutan waktu yang disusun secara detail dan ada konflik di dalamnya. Hal ini bertujuan menampilkan peristiwa yang terjadi di dalam cerita.

  • Terdapat Konflik

Teks narasi adalah jenis teks bercerita yang juga sama seperti tulisan sastra lainnya yang terdapat konflik di dalamnya. Konflik itu sendiri adalah suatu peristiwa atau fenomena sosial seperti pertentangan atau pertikaian, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

  • Memiliki Pesan

Teks narasi yang berdasarkan kisah nyata maupun fiktif harus mengandung pesan atau amanat untuk pembacanya. Sehingga orang yang membaca teks narasi bisa mendapatkan wawasan atau pengetahuan dari kisa yang diceritakan.

Unsur-unsur Teks Narasi

Sebelum membuat sebuah karya tulis, penulis harus memahami unsur-unsur yang terkandung dalam tulisannya. Unsur-unsur tersebut sangat penting guna membangun cerita sebelum memahami struktur penulisannya.

Tema

Tema dalam teks narasi adalah gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu tulisan. Setiap tulisan pasti memiliki tema sebagai pondasi ceritanya, baik untuk menulis cerpen, puisi, novel atau karya tulis.

Latar

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu dan suasana terjadinya peristiwa dalam suatu karya sastra. Latar juga didefenisikan sebagai unsur intrinsik pada suatu karya sastra yang meliputi ruang, waktu, dan suasana yang terjadi pada suatu peristiwa.

Penokohan

Penokohan dalam teks narasi adalah gambaran watak atau karakter yang diberikan oleh penulis terhadap tokoh-tokoh dalam cerita. Penokohan ini berkaitan dengan sikap, keinginan, ketertarikan, emosi, dan prinsip moral para tokol dalam cerita.

Alur

Alur adalah rangkaian peristiwa dalam suatu cerita yang dikaitkan melalui hubungan kausalitas. Pada alur terdapat peristiwa, konflik dan klimaks. Contoh alur dalam sebuah cerita, yaitu alur maju, alur mundur atau gabungan dari kedua alur tersebut.

Alur maju merangkai peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir berdasarkan urutan waktu. Sementara itu, alur mundur menceritakan ulang peristiwa masa lalu di tengah-tengah cerita.

Struktur Teks Narasi

Tak hanya menuliskan cerita secara kronologis, terdapat 4 bagian dari karya tulis yang harus dipahami. Pemahaman akan struktur teks ini sangat penting dalam penyusunan kerangka paragrafnya.

Dengan demikian, penulis akan lebih mudah menuangkan kronologis ceritanya agar berkesan bagi pembaca. Berikut ini adalah struktur teks narasi yang perlu diperhatikan, antara lain:

Oritentasi

Orientasi adalah bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat, waktu, suasana, dan unsur-unsur lainnya yang harus disajikan pada awal cerita.

Penulis harus membuat bagian ini sangat menarik untuk memberikan kesan pertama yang baik pada pembaca.

Komplikasi (Konflik)

Komplikasi adalah permasalahan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya. Penulis bisa mulai memberikan konflik yang akan berkembang hingga klimkas pada ceritanya.

Kemudian konflik akan menuju antiklimaks dan menghilang. Pada bagian komplikasi inilah jalan cerita baru dimulai.

Resolusi

Resolusi adalah pemecahan masalah yang dihadapi para tokoh, setelah memberikan konflik. Resolusi sangat penting dalam struktur teks jenis ini untuk menandakan konflik telah selesai dan cerita akan segara berakhir.

Koda

Koda adalah bagian akhir dari sebuah karangan cerita yang berisi pesan atau pelajaran untuk dipetik dari cerita tersebut. Pembaca mengenal bagian koda sebagai ending atau akhir sebuah cerita. Sehingga penulis bisa memberikan akhir cerita yang bahagia, sedih atau menggantung.

Jenis-jenis Teks Narasi

Adapun 4 jenis teks narasi yang harus penulis pahami sebelum membuatnya, antara lain:

Teks Narasi Informatif

Teks narasi informatif adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa. Sehingga bisa memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang.

Teks Narasi Sugestif

Teks narasi sugestif adalah karangan narasi yang berusaha memberikan makna pada peristiwa atau kejadian itu sebagai suatu pengalaman dan lebih cenderung menggunakan bahasa konotatif untuk memberikan kesan imajinasi.

Teks Narasi Artistik

Teks narasi artistik adalah teks narasi yang mengisahkan suatu karangan bersifat imajinatif atau fiksi. Contoh teks narasi artistik adalah cerita pendek, novel, cerita rakyat dan sebagainya.

Jenis karya tulis ini bersifat fiksi maupun non-fiksi, yang bertujuan menghibur sekaligus menyampaikan pesan kepada pembaca.

Teks Narasi Ekspositoris

Teks narasi ekspositorik adalah narasi yang mengisahkan serangkaian persitiwa nyata dan fakta. Sehingga logika menjadi hal terpenting dalam narasi ekspositorik.

Sama dengan karangan biografi atau peristiwa bersejarah, karya tulis jenis ini bertujuan untuk menyampaikan kisah hidup seseorang secara runtut untuk menambah wawasan pembaca.

Contoh Teks Narasi Singkat

Sebagai contoh, berikut ini adalah contoh teks atau paragraf narasi singkat tentang momen seseorang yang menantikan pengumuman SNMPTN. Alur cerita dalam teks berikut adalah alur campuran.

Jantungku berdegup kencang ketika akan melihat hasil perjuanganku. Firasatku tak enak, namun tetap harus siap menghadapi kenyataan. Seketika air mataku keluar, dadaku sesak ketika membaca pengumuman tersebut. Sejujurnya, sejak duduk di bangku SMA kelas 11, aku telah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Apalagi hanya ada dua kemungkinan, bukan? Lulus atau tidak lulus adalah hal yang selalu menghantuiku akhir-akhir ini. Kemungkinan terburuk juga telah aku pikirkan agar bersiap untuk menerimanya. Hingga hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Tepat pukul 17:00 WIB, aku membuka laman LTMPT. Disana kulihat profil dan kotak berwarna merah yang berisikan tulisan: "Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2022”.

Contoh Teks Narasi Sejarah

Pada 8 Desember 1941, Jepang melakukan penyerangan ke pangkalan angkatan laut di Pearl Harbour untuk melumpuhkan kekuatan Amerika Serikat. Dengan demikian, penyerangan Jepang ke negara-negara di Asia Tenggara bisa berjalan lancar dan berhasil menjelajah ke wilayah Indonesia.

Nah, dari informasi di atas kita dapat menyimpulkan bahwa teks narasi adalah karangan cerita yang berisi rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan kronologi sesuai urutan waktunya. Sampai disini, apakah kamu sudah paham? Semoga membantu ya.

Tag : #teks narasi    #karya tulis    #pendidikan    #tulisan    #teks narasi adalah    #pengertian   

Baca Juga