Ilustrasi IoT Telkomsel

Telkomsel Luncurkan Solusi IoT Envion Berbasis AI

wanovy | Teknologi | 22-08-2021

Telkomsel meluncurkan layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion), sebuah solusi berbasis artificial intelligence (AI) untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Hal tersebut kini diwujudkan lewat kolaborasi yang dilakukan Telkomsel dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan Kementerian Kesehatan (KEMENKES) melalui aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE).

Dengan menggunakan Solusi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi di dalam aplikasi tersebut, kolaborasi ini akan memberikan solusi cerdas yang memudahkan Kemenkes dalam menjaga kualitas vaksin termasuk vaksin COVID-19 dalam kondisi terbaik saat diberikan kepada masyarakat.

Peluncuran Telkomsel IoT Envion dibarengi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Telkomsel dengan Telkominfra yang akan menggunakan solusi IoT Envion untuk kebutuhan dukungan Data Center perusahaan, pertengahan Agustus 2021 ini.

Telkomsel juga menghadirkan battery monitoring system (BMS) untuk mendukung kebutuhan Data Center Telkominfra, yang sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara aktual dan bisa memberikan laporan berdasarkan analisis data secara akurat.

“Kolaborasi ini turut menjadi spirit bagi Telkomsel sebagai connectivity enabler untuk terus berinovasi sehingga dapat lebih banyak lagi menghadirkan solusi unutk memenuhi kebutuhan business to business (B2B), khususnya layanan berbasis IoT yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan sektor industri dalam rangka memperkuat ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dalam keterangannya.

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center.

Insiden semacam genset atau cadangan baterai yang tak dapat berfungsi baik, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik yang terlalu membebani biaya operasional dapat terhindarkan dengan pemanfaatan solusi inovatif dari Telkomsel IoT tersebut.

Tag : #teknologi   

Baca Juga