Tempat camping di Bandung, foto: Tempatwisatabandung

10 Tempat Camping di Bandung dengan Pemandangan yang Sangat Indah

Wanovy | Travel | 27-04-2022

PARBOABOA, Bandung - Layaknya kembang, Bandung menawarkan keindahan yang begitu memikat hati dan memanjakan mata banyak orang.

Udara yang sejuk, alam nan asri, dan penduduk yang ramah membuat ibukota Jawa Barat ini menjadi destinasi wisata idaman.

Nah, konsep liburan yang disukai wisatawan saat ke Bandung adalah camping, yang membuat mereka lebih dekat dengan alam terbuka.

Dibawah ini Parboaboa sudah merangkum 10 tempat camping terbaik di Bandung. Yuk, simak ulasannya!

1. Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata alam yang lokasinya sekitar satu setengah jam dari Kota Bandung.

Tepatnya wisata alam ini terletak di Jalan Raya Ciwiday-Patengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Letaknya yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan suasana di Ranca Upas sejuk dan segar.

Suhu udara di kawasan tersebut sekitar 17-20 derajat celcius. Tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan asri pegunungan untuk dinikmati para wisatawan.

Sebagai salah satu tempat camping di Bandung, sarana pelengkap di Ranca Upas juga terbilang cukup lengkap.

Ada kamar mandi umum dan masjid, serta penangkaran rusa, pemandian air panas, dan persewaan ATV.

2. Dusun Bambu

Tempat wisata seluas 15 hektar ini memberikan berbagai fasilitas menawan baik untuk wisata keluarga mau pun honeymoon.

Kamu dapat menikmati pemandangan danau dan sungai yang segar, tanaman-tanaman dan pepohonan rindang, serta restoran-restoran lokal yang menyajikan masakan khas Sunda.

Jika kamu tertarik untuk bermalam di Dusun Bambu, kamu dapat memilih dua jenis akomodasi. Yang pertama adalah Kampung Layung.

Kampung Layung merupakan cottage berkonsep back to nature dengan fasilitas yang nyaman. Ketika membuka pintu dan jendela, kamu akan langsung disambut dengan suasana khas perkebunan dan udara yang bersih minim polusi.

Pengunjung dapat memilih beberapa tipe cottage, misalnya seperti Village Residence, Deluxe Village Residence, dan Family Village Residence

3. Ciwidey Veley

Salah satu daya tarik dari area camping satu ini adalah bentuk tenda yang menyerupai tenda suku Indian. Tenda berbentuk segitiga ini dilengkapi dengan aksesoris khas suku Amerika itu.

Camping di Ciwidey Valley semakin lengkap dengan tempat wisata yang ada di sekitarnya seperti Kawah Putih, Kebun Teh Walini, sampai Danau Situ Patenggang.

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole menjadi rekomendasi pertama tempat camping ceria di sekitar Bandung.

Terletak di kawasan Lembang, Terminal Wisata Grafika Cikole ini cocok untukmu yang ingin camping bersama keluarga atau teman di tengah hutan pinus yang masih sangat asri.

Di sini, kamu tidak perlu repot membawa tenda, sleeping bag, serta peralatan berkemah lainnya.

Pihak pengelola sudah menyediakan peralatan camping lengkap, sehingga kamu tinggal menyewanya dengan harga yang bervariasi.

Untuk tendanya, kamu bisa menyewa tenda berkapasitas 4 orang seharga Rp400.000 per malam.

5. The Lodge Maribaya

Masih di sekitar Lembang, kamu bisa ke arah Maribaya untuk camping cantik di The Lodge Maribaya.

Kamu tak akan kecewa jika camping di sini karena The Lodge Maribaya menyajikan pemandangan khas pegunungan dengan hutan pinus yang masih sangat asri.

Di sini juga tersedia fasilitas glamping atau glamour camping yang sangat lengkap, mulai dari tenda permanen dengan bentuk yang unik, kasur, sleeping bag, handuk, bahkan perlengkapan mandi layaknya di hotel minimalis.

Untuk menikmati fasilitas glamping di sini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp600,000 per malam. Menarik ya? Ayo coba booking tiket The Lodge!

6. Pine Forest Camp

Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa area camping di sini akan dikelilingi dengan hutan pohon pinus. Pine Forest Camp termasuk dalam area perkemahan eksklusif yang terletak pada ketinggian 1.200 mdpl.

Selain fasilitasnya yang lengkap, Pine Forest Camp menyediakan area permainan yang patut dicoba.

7. Glamping Lakeside Rancabali

Berlokasi di dekat Situ Patenggang, Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pemandangan asri, udara segar, dan nuansa yang menentramkan hati.

Kami menyarankan kamu buat membawa jaket atau mengenakan baju yang tebal saat pergi ke sana. Karena, pada saat berkabut, udara menjadi semakin dingin.

8. Bandung Oray Tapa

Ingin merasakan camping di area pegunungan? Bandung Oray Tapa bisa jadi solusinya. Terletak di kawasan Gunung Manglayang, tempat camping di Bandung satu ini memiliki pemandangan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Sebelum bermalam, kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seru lainnya seperti offroad dan motocross.

9. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat camping di Bandung selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasi bumi perkemahan ini di Jalan Mekarsari , Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang terbagi menjadi tiga blok. Blok atas dan tengah merupakan bukit rerumputan. Namun, di blok atas terdapat rawa kering.

Blok bawah berada di pelataran rumput datar di tepi sungai. Tempat yang menjadi tempat camping favorit pengunjung adalah blok bawah.

Tempat kemah ini menyediakan area khusus Glamping atau Kemping Keluarga Eksklusif begi wisatawan yang ingin berkemah bersama keluarga tanpa repot membawa tenda dan peralatan kemah lainnya

10. Bukit Moko

Bukit Moko tidak sekadar memberikan nuansa alam yang asri dan segar. Dari Bukit Moko, kamu bisa melihat pemandangan kota Bandung dari atas.

Gemerlap lampu-lampu kota dan lanskapnya akan membuat kamu terpukau. Hamparan kota Bandung seolah seperti gugusan bintang yang memancarkan pesona.

Nah, itulah tadi beberapa tempat camping di Bandung yang memiliki pemandangan sangat indah. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #jawa barat    #tempat camping   

Baca Juga