Tempat camping di Ciwidey, foto: rovers.id

7 Rekomendasi Tempat Camping di Ciwidey Bandung Selatan Paling Populer

Wanovy | Travel | 13-07-2022

PARBOABOA, Bandung - Ciwidey merupakan tempat wisata yang dari dulu terkenal akan keindahan alam dan juga kesejukan udaranya.

Telah lama daerah Ciwidey juga terkenal sebagai tempat untuk berkemah, terutama daerah Ranca Upas.

Tetapi tak hanya Ranca Upas saja tempat yang dapat dijadikan tempat yang asyik dan juga indah untuk berkemah. Masih ada tempat lainnya yang juga bisa jadi pilihan untuk berkemah.

Kini daerah kabupaten Bandung, terutama daerah Ciwidey, sedang gencar membangun sarana-sarana berkemah, dari berkemah mewah atau glamping sampai tempat berkemah konvensional yang lebih budget friendly.

Berikut ini adalah beberapa tempat camping di Ciwidey Bandung yang dapat digunakan sebagai area berkemah dengan harga yang lebih ramah di kantong.

1. Glamping Lakeside Rancabali

Begitu indahnya pemandangan di sekitar Glamping Lakeside Rancabali. Udara selalu dingin, keindahan alamnya juga nikmat dipandang mata. Jika kabut tiba, nuansanya menjadi semakin teduh dan syahdu.

Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pengalaman camping yang mewah (glamour camping).

Konsep tempat camping di Ciwidey ini sangat sesuai buat kamu yang ingin beristirahat di tengah alam, tetapi menginginkan kenyamanan.

Di Glamping Lakeside Rancabali, kamu bisa mencoba berbagai macam fasilitas hiburan, misalnya seperti mobil offroad, perahu bebek, rafting, dan juga berkebun.

Ya, di sana, kamu dapat berkebun, memetik stroberi, serta teh-teh langsung dari kebunnya. Ini adalah sebuah fasilitas yang akan disenangi anak-anak.

Jika lapar, kamu juga bisa makan di restoran Kapal Pinisi. Restoran ini menyediakan berbagai macam masakan khas Sunda yang lezat dengan pemandangan alam yang cantik.

Sebuah tempat liburan atau bulan madu yang menarik, bukan?

2. Ranca Upas

Ranca Upas adalah sebuah destinasi wisata sekaligus tempat camping di Ciwidey paling favorit banyak orang.

Pasalnya, Ranca Upas memiliki fasilitas wisata yang premium dengan tingkat kenyamanan tinggi. Di tamtah lagi, lokasi Ranca Upas mudah dijangkau, baik dengan roda dua mau pun roda empat. Hmmm, top banget deh!

Selain itu, ia juga dekat dengan banyak tempat wisata misalnya seperti Situ Patenggang atau di Kawah Putih.

Karena kelebihan itulah banyak wisatawan menobatkan Ranca Upas sebagai tempat camping terbaik di Bandung.

3. Ciwidey Valley Resort

Betapa menyenangkannya berendam air panas di tengah udara yang dingin menggigil. Sensasi inilah yang akan kamu temukan di Ciwidey Valley Resort.

Terletak hanya selangkah dari Kawah Putih, Ciwidey Valley Resort merupakan sanctuary yang tepat untuk siapa saja yang merasa penat.

Kawah Putih sendiri merupakan destinasi wisata dataran tinggi favorit banyak orang. Cuacanya dingin.

Pada pagi atau sore hari, udaranya berkabut. Kabut-kabut ini menciptakan sensasi bak negeri di atas awan. Pemandangan surgawi ini mendamaikan hati sekaligus menjadi spot foto yang ideal.

Selain setapak berjarak dari Kawah Putih, hal menarik yang dapat kamu temukan di Ciwidey Valley Resort adalah glamping.

Ciwidey Valley Resort menyediakan berbagai pilihan glamping seperti J. Suite Glamping dan Suite Glamping.

Semua paket glamping ini sudah termasuk sarapan, kolam renang, dan juga welcome drink.

4. Ranca Cangkuan PTTK Gambung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang merupakan area tempat camping di Ciwidey konvensional yang berada dalam pengelolaan dari Agrowisata PPTK Gambung.

Dahulu sebelum menjadi area berkemah seperti sekarang daerah ini memiliki banyak pohon cangkuang yang kini menjadi nama dari camping ground ini.

Tempatnya berada di sebuah lembah yang asri yang dialiri oleh sungai yang jernih dan bersih.

Walaupun belum sepopuler Ranca Upas, tempatnya layak untuk kamu coba. Area di Ranca Upas dibagi menjadi tiga buah blok, yaitu blok berumput dan rawa kering, yang berada di bagian atas.

Pada Blok bagian tengah terdapat rumput yang agak datar. Sedangkan untuk blok bagian bawah merupakan tempat yang banyak dijadikan sebagai area untuk berkemah.

Pengelola juga menyediakan tempat penyewaan bagi yang tidak memiliki perlengkapan untuk berkemah sehingga pengunjung tidak perlu membawa semua barang.

Tetapi disarankan untuk membawa jaket yang tebal karena suhu di pagi hari dingin sekali. Tempat berkemahnya yang jauh dari keramaian plus alamnya yang indah menjadikan tempat ini seperti surga tersembunyi.

5. Punceling Pass Camping

Tempat camping di Ciwidey yang satu ini berlokasi di Lebakmuncang, tepatnya berada di lereng Gunung Patuha.

Di tempat ini pengunjung dapat merasakan berkemah di tengah hutan dan juga menikmati keindahan dari sunrise dan juga sunset di Tebing Keraton yang jadi daya tarik tempat berkemah ini.

Daya tarik lainnya, yaitu keberadaan kolam berendam air hangat alami yang terdapat di kawasan berkemahnya.

Area berkemah di Punceling Pass dibagi menjadi beberapa blok, di antaranya adalah blok Camp Pinus, Camp Kadamia, dan blok Camp Puncak.

Di tempat ini pengunjung juga dapat memarkirkan kendaraannya di dekat tenda. Selain itu, jika pengunjung tidak memiliki peralatan berkemah, pengelola menyediakan semua keperluan berkemah yang cukup lengkap.

Fasilitas yang terdapat di Punceling Pass juga lumayan memadai. Tempatnya dilengkapi dengan tempat pemandian air panas dan juga kolam untuk berendam dengan air panas alami.

Selain itu juga ada Onsen Punceling Pass yang letaknya di tempat terbuka yang asyik untuk berendam dengan memandang alam sekitar.

6. Bale Bambu Adventure Ciwidey

Bale Bambu merupakan sebuah tempat wisata yang tak hanya menyajikan tempat berkemah saja, tetapi tempatnya yang pas untuk orang yang senang dengan kegiatan petualangan.

Di sini pengunjung dapat mengeksplorasi daerah Ciwidey dengan kegiatan outbound yang menjadi bagian paket yang ditawarkan tempat ini.

Bale Bambu memiliki area berkemah yang cukup luas dan dipadu dengan keindahan alam pegunungan yang sejuk serta sungai.

Tempat camping di Ciwidey ini lebih menitikberatkan pada kegiatan petualangannya, seperti arung jeram, paintball, dan juga kegiatan offroad-nya. Tempatnya pas untuk penyuka kegiatan yang memacu adrenalin.

7. Green Hill Park TWA Cimanggu

Tempat camping di Ciwidey Bandung berikutnya adalah Green Hill Park TWA Cimanggu yang terletak di Jalan Ciwidey, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Aktivitas yang bisa dilakukan jika memilih glamping di tempat ini, di antaranya trekking, outbound, paintball, berendam di kolam air panas, dan berenang. 

Areanya yang luas membuat Green Hill Park TWA Cimanggu bisa dijadikan lokasi untuk menggelar acara sekolah dan perusahaan. 

Terkait harga untuk liburan di tempat ini, wisatawan bisa menghubungi kontak yang tertera di akun media sosial resminya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat camping di Ciwidey Bandung Selatan yang bisa kamu jadikan pilihan berkemah bersama keluarga ataupun kerabat. Happy holiday!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #tempat wisata    #travel    #ciwidey    #tempat camping    #bandung selatan    #jawa barat   

Baca Juga