Kedai Kopi Sedap di Pematangsiantar (Dok: Parboaboa.com)

Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris Khas Pematangsiantar

Sondang | Daerah | 18-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Setiap daerah tentu memiliki kuliner khas daerah itu sendiri. Seperti Pematangsiantar yang menyimpan ragam kuliner legendaris di tiap sudut kotanya.

Gak kalah terkenal dengan tempat makan modern, tempat-tempat makan ini justru banyak dikunjungi oleh para pencinta kuliner. Bahkan, seringkali dijadikan sebagai wisata sejarah dan mengenang masa lampau.

Meskipun sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, beberapa tempat makan legendaris ini tetap mempertahankan cita rasa khasnya. Nah, untuk itu, Parboaboa telah merangkum sejumlah tempat kuliner legendaris khas Pematangsiantar yang wajib kamu coba. Simak penjelasannya hingga tuntas ya!

Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris Khas Pematangsiantar

1. Kedai Kopi Sedap

Tempat kuliner legendaris khas Pematangsiantar yang pertama adalah Kedai Kopi Sedap yang terletak di Jl. Sutomo (dekat Simpang Surabaya), Siantar Barat, Pematangsiantar.

Kedai kopi ini diketahui sudah ada sejak tahun 1939, sebelum Indonesia merdeka tentunya. Itu berarti, Kedai Kopi Sedap telah berdiri selama kurang lebih 83 tahun. Meski demikian, Kedai Kopi Sedap masih menjaga tradisi minum kopi klasik hingga saat ini.

Letaknya pun begitu strategis, yakni berada di tengah Kota Pematangsiantar, diantara pusat perbelanjaan Roti Ganda, rumah makan Miramar, dan Pasar Hongkong.

Dari pantauan Parboaboa, kedai kopi ini berbentuk ruko sederhana dengan dinding berlapis keramik, sangat berbeda jika dibandingkan dengan kedai kopi pada umumnya. Namun, kesederhanaan interior inilah yang membuat suasananya menjadi lebih berkelas.

Untuk menu unggulan, tentunya minuman kopi, seperti kopi hitam, kopi susu, cappuccino, dan kopi ginseng. Jika kamu tidak berminat minum kopi, Kedai Kopi Sedap juga menyediakan pilihan minuman lain. Contohnya, teh manis, teh susu, teh bunga, markisa, dan minuman soda Cap Badak.

Selain menyajikan minuman, kedai kopi ini pun menyediakan cemilan roti panggang dengan beberapa varian isi, mulai dari selai srikaya, cokelat, keju, blueberry, hingga stroberi. Menariknya, roti bakar ini masih dipanggang secara tradisional menggunakan arang.

2. Restoran Miramar

(Dok. Parboaboa.com)

Lanjut ke Restoran Miramar yang terletak di Jl. Sutomo, Siantar Selatan, Pematangsiantar. Restoran yang diprakarsai oleh Ny. Juliet ini diketahui sudah berdiri sejak tahun 1972.

Restoran Miramar cukup terkenal karena sering didatangi oleh para pejabat. Salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang menyempatkan waktunya untuk makan siang di restoran ini pada Sabtu (27/3/2021) siang.

Untuk menu unggulannya, Restoran Miramar menyediakan lauk seperti ayam panggang khas miramar, sambal udang petai dan rendang. Hal itu karena bumbunya dibuat sendiri oleh Restoran Miramar menggunakan rempah rempah asli Indonesia. Sehingga cita rasanya tidak bisa ditemukan di restoran lain.

3. Kok Tong

(Dok. Parboaboa.com)

Bertandang ke Pematangsiantar, tak lengkap jika kamu belum mencicipi kopi legendaris Pematangsiantar, kopi Massa Kok Tong. Kopinya kental, tanpa ampas, wangi dan rasanya nikmat. Apalagi jika diseruput bareng keluarga ataupun sahabat.

Kafe yang ini terletak di Jl. Cipto No.115, Siantar Barat, Pematangsiantar ini sudah berumur hampir 1 abad namun masih ramai di tengah gempuran kafe kopi kekinian.

Saat ditanyai oleh tim Parboaboa, salah satu karyawan mengatakan bahwa Kafe Massa Kok Tong tersebut sudah ada sejak tahun 1925, sebelum Indonesia merdeka tentunya. Kini, kafe tersebut dikelola oleh generasi ketiga dan telah memiliki 8 cabang di Pematangsiantar.

Selain itu, kopi Massa Kok Tong ini digiling dan diracik sendiri di pabrik mereka. Untuk variannya, kafe ini menggunakan kopi robusta. Itulah mengapa kopi Massa Kok Tong berbeda dengan kopi di kafe lain.

Menariknya, kafe ini ini tidak mempunyai banyak menu, hanya ada kopi hitam dan kopi susu. Pilihan sajiannya adalah kopi panas dan dingin. Namun, jika kamu tidak menyukai kopi, kamu bisa memesan teh susu dingin ataupun panas.

Sebagai teman kopi, kamu bisa memesan roti bakar. Tapi pada pagi hari, jika ingin makanan berat, di kafe ini juga ada pedagang lain yang menjual makanan lain, seperti nasi gurih, lontong sayur, nasi soto, mie gomak dan lainnya.

4. Pansit AON

(Dok. Parboaboa.com)

Selain kopi, Pematangsiantar juga terkenal dengan mie pangsitnya. Salah satunya Mie Pangsit AON yang sudah berdiri sejak tahun 1967 dan kini dikelola oleh generasi ketiga.

Awalnya, mie pangsit AON dibuka di Kafe Kok Tong Massa menggunakan gerobak. Hingga akhirnya membuka kedai sendiri di Jl. Jose Rizal no 78 Pematangsiantar.

Mie Pangsit AON ini berbeda dengan mie pangsit pada umumnya karena menggunakan mie dengan tekstur kenyal yang masih terjaga hingga saat ini.

Tak hanya itu, mie pangsit ini bahkan menggunakan bawang batak sebagai bahan tambahan. Dan itu semua diracik sendiri. Rasa yg masih terjaga inilah yang membuat pansit AON sampai terkenal ke kota singa, singapura

Dari pantauan PARBOABOA, Interiornya sendiri ditata dengan modern dan bersih, dilengkapi dengan AC dan meja aluminium serta bangku plastik. Selain itu, bagian dapur Mie Pangsit AON disekat dalam satu ruangan yang dapat diliat via jendela kaca.

Nah, segitu dulu ya seputar informasi terkait sejumlah tempat kuliner legendaris khas Pematangsiantar yang wajib kamu coba. Jadi kalau singgah ke Pematangsiantar, jangan lupa mampir ya!

Tag : #pematangsiantar    #kuliner legendaris    #daerah    #berita sumut   

Baca Juga