Tempat nongkrong di Kulon Progo, foto: Wisatainfo

10 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Kulon Progo yang Lagi Hits

Wanovy | Travel | 22-07-2022

PARBOABOA - Rindu wisata alam di Jogja? Saatnya beralih tempat ke bagian barat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepatnya Kulon Progo.

Tempat nongkrong dengan view sawah maupun perbukitan kini kian menjamur di berbagai daerah salah satunya di Kabupaten Kulon Progo.

Apalagi didukung dengan kontur alam yang menakjubkan, tak heran jika Kulon Progo akhir-akhir ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Kulon Progo menawarkan beragam lokasi wisata alam sekaligus ada tempat nongkrongnya. Deretan perbukitan, sawah, maupun sungai menjadi kekhasan wisata di Kulon Progo.

Belakangan ini, tempat nongkrong dengan view hamparan perbukitan dan pegunungan makin populer di kalangan anak milenial maupun orang tua.

Ada berbagai tempat nongkrong di Kulon Progo seru sekaligus menikmati racikan kopi barista lokal. Menariknya, kamu bisa menikmati kopi yang dipanen oleh petani Kulon Progo.Kekhasan kopi di daerah Kulon Progo adalah biji kopi perbukitan Menoreh.

Bagi para pencinta kopi wajib nih tempat nongkrong ini sekaligus menikmati kopi khas perbukitan Menoreh.

1. Setjangkir Kopi Coffee House

Tempat nongkrong di Kulon Progo pertama adalah Setjangkir Kopi Coffee House. Cafe ini sangat cocok bagi kamu pecinta kopi.

Kamu dapat memilih cafe ini sebagai tempat nongkrong bersama sahabat. Pastinya semua menu sajian yang ditawarkan tergolong murah mulai dari Rp.15.000 saja.

2. D’Srupat Sruput

Bagi kamu yang sedang mencari cafe yang nyaman untuk digunakan sebagai tempat nongkrong, dapat mengunjungi D’Srupat Sruput.

Cafe ini menggunakan konsep outdoor. Sehingga cocok dikunjungi saat malam hari. Kamu dapat mencoba sajian camilan dan juga varian kopi di cafe ini.

3. Watu Langit Jogja Coffe

Nonton film sambil ngopi di Watu Langit Jogja Coffee bisa menjadi salah satu kegiatan asyik untuk dilakukan pada akhir pekan.

Termasuk bagi kamu yang mencari tempat ngopi di Yogyakarta dengan pemandangan yang Instagramable.

Pasalnya, kamu juga bisa melihat keindahan perbukitan dari ketinggian sembari merasakan semilir angin di sana.

Bagi pemburu sunset, tempat ini merupakan salah satu spot terbaik melihat indahnya matahari terbenam di Yogyakarta.

Watu Langit Jogja Coffee terletak di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Letaknya tidak jauh dari Tebing Breksi.

4. Kopi Opak #29

Jika ingin menikmati pemandangan Sungai Opak, berenang, bahkan berfoto atau menikmati kopi di tengah sungai, kamu bisa mampir ke Kopi Opak #29.

Sebab, pihak tempat ngopi sudah menata area Sungai Opak seapik mungkin sehingga pengunjung bisa dengan aman bermain di tengah sungai.

Sejumlah properti foto pun telah disiapkan, salah satunya adalah tempat duduk gantung. Ada juga jembatan yang bisa dijadikan sebagai spot foto.

Meski pihak pengelola memiliki deretan meja dan kursi, mereka juga menyediakan lahan bagi pengunjung yang ingin ngopi sambil lesehan di pinggir sungai.

5. Kopi Suroloyo

Selanjutnya ada Kopi Suroloyo yang masuk ke dalam 7 tempat nongkrong di Kulon Progo yang hits dan murah.

Tempat ini berada di Puncak Suroloyo, di wilayah Dusun Keceme, Kelurahan Gerbosari, Kapanewon Samigaluh.

Jarak tempuh dari Yogyakarta sekitar 1,5 jam perjalanan. Terdapat beberapa variasi kopi, seperti Arabika Line S, Arabika Kartika, serta Robusta yang langsung dihasilkan dari wilayah Kulon Progo

6. Agrowisata Krisan Gerbosari

Bagi penggemar bunga krisan, Agrowisata Krisan Gerbosari sangat cocok untuk wisata keluarga.

Dinas pertanian dari Kulon Progo akan menambah luasan lahan bunga krisan di Kecamatan Samigaluh demi mencapai percepatan pengembangan agrowisata bunga krisan.

Terdapat 120 kubung yang sudah tersebar di lahan-lahan penduduk.

7. Sugriwa Subali Cafe and T-shirt

Kamu dapat mengunjungi Sugriwa Subali Cafe and T-shirt yang ada di Jalan Bhayangkara. Cafe ini menyediakan berbagai menu sajian berupa steak, sandwich, ayam geprek sambal matah, kentang goreng, aneka minuman dingin, dan lainnya. Semua makanan dijual dengan harga terjangkau.

8. Kopi Ingkar Janji

Kalau kamu cari tempat minum kopi yang hits, coba kunjungi Kopi Ingkar Janji yang selalu ramai pengunjung, terutama saat pagi dan jelang sore hari.

Warung ini punya konsep tradisional Jawa yang hangat dengan menggunakan banyak furnitur berbahan kayu. Cocok banget nih dijadikan tujuan makan-makan bareng keluarga!

Buat kamu yang doyan minum kopi, jangan lupa cicipi kopi khasnya, kopi ingkar janji. Namun kalau kamu mau coba minuman lain, ada juga aneka olahan teh sampai jamu yang gak kalah segar.

Menariknya, mereka punya menu makan nasi sayur sepuasnya yang bisa dibayar hanya dengan merogoh Rp10.000 aja!

9. Omah Cantrik

Inilah tempat kuliner dan wisata baru di Kulon Progo yang satu ini menyuguhkan panorama sawah. Menariknya, Omah Cantrik juga menawarkan wisata susur desa naik VW Safari. Pengunjung bisa naik mobil khusus sambil berkunjung ke perajin setempat.

Trip VW Safari ini berdurasi sekitar 1 jam 30 menit. Namun, pengunjung dijamin suka karena bisa berfoto-foto di beberapa spot alam.

Ada pemandangan sawah maupun kebun warga setempat. Tertarik merasakan trip VW Safari? Biayanya Rp 300.000 per mobil.

Kalau lapar sudah ada beragam hidangan khas desa yang tersedia di Omah Cantrik. Harga makanan bervariasi tetapi masih tergolong murah kok. Ada sayur lodeh, nila, bakmi Jawa, dan lainnya. Minuman yang tersedia juga beragam seperti wedang rempah, jahe, tape, kopi, dan lainnya.

10. Kopi Luwak Mojo

Masih ada pilihan tempat lagi untuk menikmati kopi khas Kulon Progo. Jangan lewatkan mengunjungi kedai Kopi Luwak Mojo di Gerbosari, Samigaluh.

Kedai Kopi Luwak Mojo ini menawarkan suasana pedesaan yang sejuk dan alami. Lokasinya begitu strategis, yakni di pinggir jalan menuju ke objek wisata Nglinggo-Tritis. Ciri-cirinya adalah bangunan Jawa.

Nah, itulah tadi beberap rekomendasi tempat nongkrong di Kulon Progo yang bisa kamu datangi bersama teman ataupun keluarga. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata kulon progo    #kulon progo    #travel    #tempat wisata    #cafe kulon progo    #jawa tengah    #yogyakarta   

Baca Juga