Tempat wisata di Balige, Sumatera Utara: Pantai BulBul

10 Tempat Wisata di Balige yang Asyik Untuk Liburan

Wanovy | Travel | 27-01-2022

PARBOABOA, Balige - Sebagian orang mungkin belum terlalu familiar dengan Balige. Lalu, bagaimana dengan Kabupaten Toba (dulu Kabupaten Toba Samosir)? Nah, Balige adalah salah satu kecamatan sekaligus ibukota di kabupaten tersebut.

Terletak di tepi Danau Toba, tidak kalah dengan kawasan lain di sekitarnya, Balige memiliki sejumlah tempat wisata yang oke dan bisa menjadi alternatif liburan jika kamu kebetulan sedang berkunjung ke Sumatera Utara.

Untuk bisa mencapai Balige, wisatawan dari Jakarta bisa menempuh perjalanan udara langsung ke Bandara Sisingamangaraja XII, atau disebut juga Bandara Silangit.

Kemudian, pengunjung akan mengendarai kendaraan roda empat menuju Balige dengan waktu tempuh paling lama dua jam. Sedangkan jika ingin menempuh jalur darat dari Kota Medan, durasi perjalanan bisa mencapai enam jam.

Meskipun kota Balige tidak terlalu populer dikalangan para wisatawan, tetapi Balige memiliki wisata kuliner yang khas dan tempat wisata yang unik dan menarik dikunjungi.

Penasaran, apa saja dan dimana saja tempat wisata di Balige yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ini kami rekomendasikan tempat wisata di Balige yang asyik untuk liburan bersama teman ataupun keluarga.

1. Pantai Lumban BulBul

Salah satu tempat wisata di Balige yang sangat populer adalah Pantai Lumban Bulbul. Pantai ini merupakan salah satu tepian dari Danau Toba. Pasirnya putih dan ombaknya tidak besar, membuat lokasi ini sangat cocok untuk bersantai.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermain air pun tidak perlu khawatir karena fasilitas permainan seperti pelampung, banana boat dan perahu dan untuk berkeliling telah tersedia. Wahana permainan ini disewakan mulai dari harga Rp5.000 hingga Rp30.000.

Di sekitar pantai juga banyak ditemui homestay yang dikelola penduduk sekitar, dengan harga sewa mulai Rp200.000 per malam. Warung yang menjual makanan lokal juga terlihat berjejer di tepi danau. Pengunjung juga bisa menyewa tikar untuk bersantai dari penduduk sekitar dengan harga Rp15.000

Terdapat beberapa cafe yang sering dikunjungi wisatawan diantaranya adalah Aquino Cafe, Putri Tao Resto, Wina Cafe, dan masih banyak lainnya.

2. Pantai Lumban Silintong Balige

Selain Lumban BulBul, pantai Lumban Silintong Balige juga menjadi tempat wisata di Balige yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini berada di desa lumban silintong, kecamatan Balige, Kabupaten Toga. Sumatera Utara.

Pantai Lumban Silintong Balige menjadi tempat wisata di Balige yang mempunyai pemandangan menawan. Pantai ini airnya tenang dan tidak mengenal istilah pasang surut.

Karena itulah banyak wisatawan yang bermain air dan menyewa banana boat tanpa takut terkena ombak. Pantai Lumban Silintong memiliki beberapa cafe yang biasa dikunjungi oleh anak muda.

3. Air Terjun Sigura-gura

Tempat wisata di Balige (Sumatera Utara) yang asyik untuk liburan selanjutnya yaitu Air Terjun Sigura-gura. Air Terjun Sigura-gura ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter, sehingga menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Bukan hanya tinggi, air terjun yang berada di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir ini juga memiliki pemandangan alam yang masih asri, sejuk, dan hijau berkat pepohonan di sekitarnya.

Selain itu, deretan tebing tinggi, terjal, dan licin yang terukir di sekitarnya juga melengkapi keindahan air terjun. Bukan hanya itu saja, para pengunjung juga bisa menjajal olahraga arum jeram di arusnya

4. Desa Meat

Desa Meat di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir adalah salah satu titik untuk melihat keindahan Danau Toba, yaitu salah satu danau terbesar di Indonesia, yang terletak di tengah Sumatera Utara.

Desa yang terletak tepat di pinggiran Danau Toba ini terkenal dengan pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari pemandangan hamparan pesawahan, hingga pemandangan pantai dan pegunungan.

Selain itu, tempat wisata di Balige yang satu ini juga merupakan salah satu surga bagi para pemancing. Hanya saja, untuk menuju ke desa yang indah ini, para pengunjung diharuskan melewati jalan yang berbatu, terjal, dan menukik.

5. Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga berada di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.Bukit Tarabunga menawarkan pemandangan barisan bukit di pinggir danau Toba yang indah dan menawan.

Tempat wisata di Balige ini memiliki banyak spot foto menarik yang bisa dicoba wisatawan. Bukit Tarabunga selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan dan weekend.

6. Museum TB Silalahi

Museum TB Silalahi adalah tempat wisata sejarah berupa museum pribadi yang mengupas perjalanan seorang Bapak TB Silalahi. Perjalanan kehidupan beliau dimulai semenjak beliau masih kecil ketika masih menjadi penggembala kerbau, hingga menjadi seorang jenderal. Harapannya, kisah ini dapat memotivasi anak muda untuk meraih cita-cita. Tak hanya itu, museum ini juga dibuat untuk melestarikan adat budaya Suku Batak.

Berbagai produk kebudayaan Batak dapat kita pelajari di sini. Mulai dari ulos, aksara Batak, silsilah keluarga Batak, boneka Sigale-gale, hingga baju tradisional Batak. Deskripsi masing-masing benda pun telah tersedia dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris. Museum ini terletak di Jalan Pagar Batu No 88 Desa Silalahi.

7. Sapo Juma

Sapo Juma sebenarnya merupakan sebuah penginapan di pinggir Danau Toba. Suasana yang tenang dengan suguhan kecantikan Danau Toba adalah hal yang akan anda dapatkan.

Belakangan nama Sapo Juma cukup viral di media sosial khususnya di instagram. Hal ini tak lepas dari keberadaan bunga bunga cantik di area Sapo Juma. Tak sedikit pengunjung yang berfoto-foto di lokasi kebun bunga Sapo Juma tersebut.

Belakangan nama Sapo Juma cukup viral di media sosial khususnya di instagram. Hal ini tak lepas dari keberadaan bunga bunga cantik di area Sapo Juma. Tak sedikit pengunjung yang berfoto-foto di lokasi kebun bunga Sapo Juma tersebut.

8. Pahoda

Jika berkunjung kesini, kurang lengkap rasanya bila tak menikmati pemandangan sunrise di Pahoda. Panorama sinar matahari yang membias melewati sir Danau Toba hingga menuju ke bukit, sehingga indahnya sangat luar biasa. Apalagi, ketika cuaca sedang cerah, maka kecantikan langit birunya akan semakin membuat destinasi ini tidak terlupakan.

Tempat populer ini telah ada sejak tahun 1970 an silam. Dahulu, lokasinya terbilang sepi tetapi sekarang telah ramai dengan wisatawan. Pahoda ini pun menjadi tempat andalan masyarakat karena pesona alam yang dimilikinya.

9. Taman Eden 100

Objek wisata yang menarik sekali untuk dikunjungi yaitu Taman Eden 100. Destinasi wisata populer ini memiliki tempat yang asri, sejuk, dan teduh. Sehingga, taman yang lokasi tepatnya ada di Desa Pasar Lumban Julu ini cocok sekali untuk dijadikan tepat berkemah. Apalagi, lebih seru lagi apabila melakukan kemah bersama dengan rombongan.

Selain melakukan kegiatan kemah, setiap wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya yang tentu saja tidak kalah seru di Taman Eden 100. Misalnya saja seperti mendaki Bukit Senyum, agrowisata, sampai mengunjungi berbagai spot menarik yang lainnya. Selain itu, taman ini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk sekadar menghabiskan waktu untuk bersantai.

10. Balerong Onan Balige

Kurang lengkap rasanya jika kamu tak melangkahkan kaki ke pusat pasar Balerong Onan Balige yang dahulu dibangun oleh Belanda dan sampai sekarang masih tetap terjaga dengan baik. Disini kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Batak, ada mie gomak hingga panganan tradisional lapet yang punya cita rasa menggoda.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Balige yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung kesini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Tag : #wisata balige    #balige    #tempat wisata    #sumatera utara   

Baca Juga