Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits, foto: haluanlampung.com

10 Tempat Wisata di Bandar Lampung yang Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 28-03-2022

PARBOABOA, Lampung - Beragam tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits ini sayang untuk tak dikunjungi lantaran memiliki pesona menakjubkan.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung ini wajib menjadi list destinasi kamu saat berkunjung ke Kota Lampung.

Tak hanya menawarkan wisata alam saja, namun juga wisata budaya dan sejarah yang patut kamu kunjungi.

Terletak di paling selatan di Pulau Sumatera, Lampung kaya akan pesona alam yang luar biasa menawan dan menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari pantai, taman, pulau, air terjun, dan masih banyak lagi. Tak heran, apabila provinsi ini disebut "The New Bali".

Terlebih lagi, jarak antara Lampung dan ibu kota bisa dibilang cukup dekat, lho. Bahkan, jika dikalkulasikan, hanya membutuhkan sekitar tujuh jam perjalanan darat.

Nah, buat kamu yang sudah siap travelling ke Bandar Lampung, Parboaboa sudah siapkan beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits dikunjungi. Yuk, simak ulasannya!

1. Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasinional yang memiliki berbagai flora dan fauna. Lokasinya terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Tempat ini juga menjadi lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera. Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah.

Way Kambas juga kerap dijadikan tempat penelitian satwa-satwa langka, baik dari peneliti nusantara maupun peneliti asing.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pada hari biasa sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal, sebesar Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

2. Museum Negeri Lampung

Tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits berikutnya adalah Museum Lampung. Museum ini berlokasi di Jl. ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila. Juga tidak jauh dari terminal Rajabasa.

Museum Lampung memiliki banyak koleksi, seperti: benda-benda hasil seni, keramik dari negeri Siam dan negeri Cina dari jaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno berasal dari masa penjajahan Belanda.

3. Puncak Mas

Puncak Mas merupakan kawasan wisata yang berada di area perbukitan Kota Tapis Berseri. Berjarak 15 menit dari pusat kota.

Tempat wisata di Bandar Lampung ini terbilang baru lantaran mulai beroperasi dari November 2016. Dari tempat ini pengunjung bisa meihat pemandangan Bandar Lampung dari ketinggian. Tak hanya itu, lokasi ini memiliki hawa yang sejuk.

Puncak mas menjadi tempat wisata di Bandar Lampung yang wajib dikunjungi bila Anda sedang berada di sini.

Untuk harga tiketnya cukup murah yakni Rp20.000. Tempat wisata di Bandar lampung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

4. Tugu Adipura

Tugu Adipura merupakan landmark di jantung kota Bandar Lampung. Tugu ini dikenal juga sebagai tugu gajah, karena ada 4 patung gajah di tengah kolam di bagian bawah tugu ini.

Terletak di perempatan jalan di antara jalan Radin Intan, jalan A.Yani, jalan Jenderal Sudirman dan jalan Diponegoro.

Tugu adipura menjadi salah satu pilihan warga Bandar Lampung untuk bersantai menikmati kuliner jalanan seperti bandrek dan somay. Atau foto-foto bersama kawan-kawan dan keluarga. Terlihat lebih ramai di malam minggu.

Di Minggu pagi, area sekitar tugu gajah dari pertigaan Gramedia jalan Raden Intan ditutup , dipakai untuk senam, jalan pagi, dan bermain warga kota.

5. Pantai Dewi Mandapa

Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa.

Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu jamah.

Misalnya seperti Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto.

Hanya saja untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20 ribu per lokasi

6. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang menawarkan pesona bawah laut nan indah yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau dengan luas 1.084 hektar ini memiliki hutan bakau, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik.

Tempat wisata di Bandar Lampung ini cocok untuk kamu yang ingin berenang di pantai, menaiki banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk pulau sebesar Rp 5.000 per orang, sewa perahu untuk snorkeling Rp 20.000 per perahu, sewa alat snorkeling Rp 50.000 per set, banana boat dan Rp30.000 per orang.

7. Teropong Bukit Sindy

Tempat wisata di Bandar Lampung yang buka setiap hari lainnya yakni Teropong Kota Bukit Sindy. Tempat wisata ini berada di tengah-tengah kota yakni di Jalan Tamin, Pasir Gintung, Kecamatan Tanjung Karang Pusat.

Harga tiket masuknya juga murah meriah, cukup Rp10.000 pengunjung sudah bisa memasuki tempat wisata yang satu ini.

Dibuka sejak tahun 2017, tempat ini sukses menjadi primadona tempat nongkrong pemuda di kota ini.

Disarankan, kamu mengunjungi tempat wisata di Bandar Lampung yang buka setiap hari ini pada malam, karena pengunjung bisa menikmati indahnya lampu Kota Bandarlampung dari bukit ini.

8. Vihara Thay Hin Bio

Masih di kawasan Teluk Betung, kita bisa melihat-lihat Vihara Than Hin Bio. Posisinya tepat sebelum deretan toko oleh-oleh khas Lampung yang ada di jalan Ikan Kakap. Sekali parkir, kita sudah bisa belanja oleh-oleh dan wisata sejarah di sini.

Pada awalnya vihara ini didirikan atas keinginan masyarakat Lampung keturunan Tionghoa. Dinamakan Vihara Kuan Im Thing. Dalam perjalanannya vihara ini diperluas dan berganti nama menjadi Vihara Than Hin Bio.

9. Monumen Gunung Krakatau

Sebenarnya monumen ini adalah sebuah rambu laut seberat 250kg yang terlempar karena hempasan tsunami setinggi 40 meter akibat letusan Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883.

Berada di depan Kantor Polda Lampung, monumen ini berada di Taman Dipangga yang asri dan sejuk. Banyak pepohonan besar yang ditanam di situ.

Tempat wisata di Bandar Lampung ini berada di Jl. W.R. Supratman Telukbetung Bandar Lampung, menjadi titik nol kilometer Lampung.

10. Kampung Vietnam Kemiling Bandar Lampung

Salah satu tempat wisata di Kemiling Bandar Lampung adalah Kampoeng Vietnam ini. Harga tiket masuknya cukup murah, 5 ribu rupiah saja.

Karena belum selesai semuanya jadi tiket masuknya masih murah. Ada kemungkinan harga tiket bakal naik setelah jadi nantinya.

Lokasinya ada di antara Lengkung Langit dan Taman Rusa Lampung. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini di antaranya foto-foto instagramable dengan background perbukitan dan pegunungan yang masih asri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandar Lampung yang lagi hits dikunjugi. Jika kamu berencana mengunjungi Kota ini, tak ada salahnya mengunjungi destinasi diatas. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata lampung    #bandar lampung    #travel    #tempat wisata    #wisata alam    #wisata sejarah   

Baca Juga