Wisata bangka belitung, foto: TRIVINDO

10 Tempat Wisata di Bangka Belitung Terbaik dan Wajib Kamu Kunjungi

Wanovy | Travel | 04-06-2022

PARBOABOA, Bangka Belitung - Provinsi Bangka Belitung cukup sering dijadikan rujukan tempat wisata bagi para turis dalam negeri atau mancanegara untuk berlibur.

Selain memiliki segudang pesona alam yang eksotis, tempat bersejarah, hingga wisata kuliner khas, biaya paket wisata lengkap ke Bangka Belitung pun masih terjangkau.

Ada banyak tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi, mulai dari pantai, danau, sampai museum fenomenal.

Nah, dibawah ini Parboaboa.com sudah siapkan 10 tempat wisata di Bangka Belitung yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan wisata Bangka Belitung yang terkenal berkat film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Pantai Tanjung tinggi diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam.

Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Keistimewaan dari pantai berpasir putih ini adalah ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Ukuran granit tersebut mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik bahkan lebih besar dari sebuah bangunan rumah.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Mirip seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang juga memiliki bebatuan granit super besar. Bentuknya sangat mirip dengan kepala burung garuda.

Pada 2016 silam pantai Tanjung Kelayang dtetetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)dengan kegiatan utama di bidang pariwisata.

Hal ini membuat pantai Tanjung Kelayang menjadi salah satu unggulan wisata Bangka Belitung.

3. Danau Kaolin

Bisa dibilang destinasi alam ini merupakan danau tercantik di dunia, dengan segala sisi pesonanya. Anda akan menemukan sensasi berlibur layaknya di kawasan pegunungan putih.

Karena memang sekeliling danau berupa gundukan bebatuan putih yang mengitari kawasan danau.

Dulunya area wisata Bangka Belitung ini merupakan tempat penggalian tambang timah, namun setelah kandungan timahnya habis dikelola menjadi destinasi wisata oleh pemerintah setempat.

Pantulan air danau merefleksikan warna langit biru yang sangat indah. Oleh sebab itu sering disebut dengan Camoi Aek Biru oleh warga sekitar.

Akibat pantulan biru itulah mengapa air memiliki warna biru yang mengkilau. Tidak hanya danau biru saja tetapi juga ada danau berwarna hijau, yang semakin menambah daya tarik Danau Kaolin.

Menjelang matahari terbenam area wisata kian syahdu, dengan pemandangan senja yang menajubkan.

4. Gurun Pelawan Namang

Tidak perlu pergi ke benua Afrika jika ingin menikmati indahnya pegunungan pasir. Anda bisa berkunjung ke Pulau Bangka dan mendatangi destinasi Gurun Palawan.

Kawasan wisata Bangka Belitung ini merupakan bekas aktivitas tabang, yang kemudian dikelola menjadi jujugan wisatawan.

Belakangan ini destinasi kian populer karena tawaran pemandanganannya cukup instagramable. Sehingga wisatawan heboh berdatangan untuk melihat langsung keelokannya.

Lokasi gurun pasir ini berada sekitar 800 meter dari Hutan Pelawan, dan memerlukan tenaga ekstra untuk sampai kesini. Panorama alamnya semakin bagus waktu siang hari ketika terik matahari menyinari Pulau Bangka.

Perbukitan berpasir seolah menambah eksotisme tempat wisata ini. Namun Anda perlu mempersiapakan alat perlindungan kulit sebelum kesini.

Karena tempatnya penuh pasir jangan lupa memakai masker saat berkunjung.

5. Pantai Romodong

Wisata Bahari di Bangka memang tidak ada duanya, kemolekannya akan membuat siapa saja ingin mengunjunginya.

Pantai Romodong menjadi salah satu wisata bahari Bangka yang kehadirannya begitu menarik perhatian.

Untuk menuju pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 km dari pusat kota Belinyu.

Begitu tiba Anda akan disambut dengan batu granit menjulang yang seakan menjadi pintu gerbangnya.

Seperti yang kita tahu, batuan granit raksasa memang menjadi ciri khas dari wisata kota Bangka.

Pantai satu ini termasuk dalam jajaran pantai dengan ombak yang kecil, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bermain di area pantai Romodong.

6. Pantai Matras

Pantai ini merupakan pantai terpanjang di pulau Bangka. Lokasinya ada di Kecamatan Sungai Liat dengan jarak dari Pangkal Pinang sejauh 33 Kilometer.

Nikmati pengalaman memandang laut tidak terbatas dengan air yang sangat bagus. Pengalaman berkunjung ke daerah wisata Bangka Belitung ini akan semakin kuat dengan adanya batu-batu granit yang tersebar di sepanjang pantai.

Pasirnya yang halus sangat mengunduh untuk bermain terlebih lagi pantai ini masih bersih dan asli.

7. Air Terjun Batu Berlubang

Kabupaten Bangka tidak hanya memiliki wisata bahari saja, namun juga wisata alam lainnya seperti Air Terjun Batu Berlubang yang berada di kaki Gunung Maras.

Untuk menuju ke lokasi air terjun membutuhkan waktu kurang lebih hampir 2 jam perjalanan dengan melewati perkebunan milik warga dan dilanjutkan dengan memasuki hutan.

Medan trackingnya bisa dibilang cukup berat, dan bagi yang belum pernah mendaki sebaiknya menggunakan pemandu dari desa terdekat.

Air Terjun Berlubang ini memiliki ketinggian sekitar 150 mdpl jadi udasa sejuk dan dingin sangat terasa, maka rasa lelah perjalanan Anda akan segera hilang dengan berendam di kolamnya yang cukup luas.

Yang cukup unik adalah air terjunnya ini melewati bebatuan yang atapnya berlubang. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini terletak di Desa Berbura, Kecamatan Riausilip, tepatnya di Dusun Buhir.

8. Air Terjun Manjang Merah

Untuk menuju lokasi Air Terjun Manjang Merah ini Anda harus memiliki stamina yang cukup prima, karena medannya akan lebih berat dibandingkan dengan medan menuju Air Terjun Batu Berlubang.

Letaknya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Batu Berlubang, kira-kira sekitar 290 mdpl.

Tempat wisata Bangka Belitung ini sangat unik karena airnya yang berada di kolam paling bawahnya berwarna merah, dan ini karena efek dari bebatuan yang ada di dasar kolam.

Air terjunnya cukup tinggi dan berkontur undakan atau memiliki beberapa tingkat. Mungkin saja jika di total tingginya bisa mencapai 30 meter dari kolam di bawahnya.

Lokasinya sendiri berada di di kaki Gunung Maras Desa Berbura, Kecamatan Riausilip.

9. Gerbang Romodong

Pada umumnya yang namanya gerbang biasanya dari bangunan tembok atau kayu, tapi seperti itu sudah sangat umum.

Hal yang paling unik yang akan Anda temui ketika mau berkunjungi Pantai Romodong adalah Gerbang Romodong, yakni batu granit yang sangat besar yang berada di sebebalah kanan kiri jalan.

Pengin cari tempat selfieable terunik di Bangka, maka inilah salah satunya Gerbang Romodong. Berhenti sejenak dan selfie beberapa jepretan akan membuat pengalaman wisata Anda semakin sempurna.

Setidaknya bakalan dapat like banyak deh di medsos. Tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung ini memang cukup terkenal, tak heran jika banyak stasiun tv yang meliputnya. Lokasinya sendiri berada di Desa Bukit Ketok, Kecamatan Belinyu.

10. Pantai Matras

Pantai Matras merupakan salah satu wisata Bangka Belitung yang banyak dikunjungi masyarakat.

Akses lokasi yang mudah dijangkau, serta biaya yang terjangkau membuat pantai ini sering disebut sebagai pantai rakyat.

Pantai Matras merupakan pantai terpanjang di pulau Bangka. Pantai ini memiliki pemandangan batu granit khas Bangka Belitung, pepohonan kelapa, laut yang bening, serta sungai air tawar yang alami.

Itulah beberapa tempat wisata di Bangka Belitung yang indah dan wajib Anda kunjungi saat berada di Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata bangka belitung    #bangka belitung    #tempat wisata    #travel    #sumatera selatan   

Baca Juga