Tempat wisata di Banjarmasin, foto: Wisataseru.com

10 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 18-06-2022

PARBOABOA, Banjarmasin - Tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan memiliki daya tarik tinggi untuk menarik para wisatawan. Mulai dari wisata alam yang menakjubkan dan sejarahnya yang tidak boleh terlewatkan.

Banjarmasin merupakan salah satu kota yang berada di Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin banyak terdapat ribuan tempat wisata yang harus dikunjungi, terutama 10 tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang paling sering di datangi oleh wisatawan.

Penasaran apa saja? Dibawah ini Parboaboa.com sudah siapakan 10 tempat wisata di Banjarmasin yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar terapung Banjarmasin? Pasar tradisional yang berada terapung di atas sungai ini jadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang paling diburu wisatawan. Di sini Anda bisa merasakan suasana pasar namun di atas sungai.

Aneka sayur, buah serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu, dan ternyata masih ada beberapa penjual yang menerima sistem barter lho.

2. Taman Siring Martapura

Tempat wisata di Banjarmasin yang berikutnya adalah Taman Siring Martapura. Jika anda memasukan kata “Taman Siring Martapura”, maka jangan heran jika yang muncul adalah Pantai Jodoh. Begitupun sebaliknya. Loh kok bisa?

Taman Siring Martapura adalah sebuah taman indah, yang kekinian, yang terletak di tepian Sungai Martapura.

Banyaknya spot selfie yang instagramable, serta sajian nuansa yang romantis, maka Taman Siring Martapura sering dijadikan tempat mencari jodoh oleh kaula muda.

3. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin Kalsel yang cukup populer. Di sini, Anda bisa melihat proses pembuatan kain tradisional khas Kalimantan.

Selain itu, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh kain yang memiliki motif unik dan berwarna-warni ini.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin Tengah, Kalimantan Tengah.

Bagi Anda yang gemar mengoleksi pakaian tradisional khas Nusantara, wajib mengunjungi kampung wisata satu ini.

3. Danau Caramin

Danau Caramin adalah salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang wajib dikunjungi. Danau ini memiliki panorama alam yang indah dan memesona. Dulunya, tempat ini merupakan lokasi tambang pasir yang cukup luas.

Nantinya, pengunjung dapat mengelilingi danau menggunakan perahu kelotok yang disediakan pemandu wisata.

Tempat wisata ini berada di Jalan Guntung Manggis, Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

Bagi Anda yang ingin mencari suasana yang tenang dan masih asri, segera mengunjungi tempat ini.

4. Danau Biru Cempaka

Selain Danau Caramin, Anda juga bisa berkunjung ke Danau Biru Cempaka. Tempat wisata di Banjarmasin ini memiliki pemandangan yang indah dan memesona.

Uniknya, di tempat wisata di Banjarmasin satu ini memiliki tanah merah yang membuat pengunjung berdecak kagum.

5. Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh

Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh, atau disebut juga dengan nama Taman Satwa Jahri Saleh, adalah tempat wisata di Banjarmasin yang sangat populer, terutama wisata keluarga saat akhir pekan, maupun saat libur nasional.

Tetapi, Taman Satwa Jahri Saleh, maupun kebun binatang yang ada di seluruh Indonesia, terutama disaat pandemi, akan terasa sedikit berbeda, terutama jumlah pengunjung yang dibatasi, jadi akan terasa sedikit sepi.

Taman Satwa Jahri Saleh bukan hanya sekedar tentang wisata keluarga yang edukatif mengenal satwa-satwa saja.

Di sisi lain juga terdapat fasilitas playground yang akan membuat anak-anak anda semakin nyaman berwisata di Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin.

6. Jembatan barito

Tentu tak lengkap mengunjungi Banjarmasin tanpa melihat Jembatan Barito yang legendaris.

Tempat wisata di Bajarmasin yang diresmikan tanggal 24 April 1997 ini pernah masuk ke dalam catatan MURI sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan sepanjang 1.082 meter ini melintasi Sungai Barito dan Pulau Bakut ini masuk dalam jalur Trans Kalimantan yang menjadi penghubung Kota Banjarmasin dan Palangkaraya di Kalimantan Tengah dan sekitarnya.

Dengan ketinggian jembatan yang mencapai 15-18 meter dari permukaan air, bagian bawah jembatan masih bisa dilalui oleh moda transportasi air seperti Kapal Tongkang.

7. Taman Wisata Alam Pulau Bakut

Jika Anda sudah sampai di Jembatan Barito, pilihan wisata terdekat dari sana adalah Pulau Bakut. Di sini merupakan tempat penangkaran Bekantan (Nasalis Larvatus).

Tempat wisata di Banjarmasin ini memiliki luas sekitar 15,8 hektar. Kawasan wisata ini juga menjadi lebih terawat berkat kerjasama pembiayaan dari BKSDA Kalsel dan PT Adaro Indonesia.

Lokasi yang diresmikan pada 7 November 2018 oleh Bupati Barito Kuala ini memang diperuntukkan sebagai sarana wisata pendidikan, terutama bagi pelajar.

Untuk menuju ke Pulau Bakut, Anda hanya perlu menyeberang Sungai Barito, dengan membayar 10 ribu rupiah tiket pulang pergi naik perahu.

Jadi, selain mengunjungi penangkaran Bekantan, Anda sekalian merasakan pengalaman menyeberang Sungai Barito.

8. Aquatica Waterpark

Yang satu ini merupakan contoh tempat wisata di Banjarmasin yang berupa wahana rekreasi air buatan khas perkotaan. Lokasinya berjarak sekitar 7 km dari Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Tidak hanya kolam renang untuk anak dan dewasa, tempat wisata ini juga menyediakan aneka permainan outbond yang seru bagi seluruh keluarga.

Fasilitasnya juga memadai dengan toilet dan tempat bilas. Terkadang, ada live music yang ditampilkan di sini.

Harga tiket masuknya cukup 30 ribu rupiah di hari biasa dan 35 ribu rupiah di akhir pekan. Taman rekreasi air Aquatica Waterpark buka mulai pukul 09.00-17.30 WITA.

9. Taman Wisata Pulau Kembang

Sejatinya, Pulau Kembang terletak di tengah Sungai Barito yang terbentuk secara alami membentuk pulau.

Tempat wisata di Banjarmasin tersebut dihuni oleh kawanan kera karena termasuk area konservasi kera berekor panjang dan bekantan, alhasil pengunjung dapat melihat seperti apakah kera ekor panjang dan bekantan menjalani kehidupannya sehari-hari.

Selain itu dapat dijadikan objek wisata anak-anak sehingga wawasannya semakin luas.

10. Rumah Jomblo

Siapa sangka, Bajarmasin, Kalimantan Selatan mempunyai rumah jomblo loh. Bahkan menjadi objek wisata terhits yang dikunjungi orang diberbagai daerah, pasalnya memiliki bentuk dari rumah lainnya.

Selain itu, rumah tersebut terletak di gundukan tanah merah sehingga tampilannya semakin eksotik, tentunya cocok diabadikan sebagai kenangan indah pernah mengunjungi rumah jomblo di Banjarmasin.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata banjarmasin    #banjarmasin    #tempat wisata    #travel    #kalimantan selatan   

Baca Juga