Tempat wisata di Bantul, foto: Siswapedia

10 Tempat Wisata di Bantul yang Lagi Hits 2022

Wanovy | Travel | 25-07-2022

PARBOABOA, Bantul - Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sama seperti Yogyakarta, daerah ini juga memiliki berbagai destinasi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan.

Jika Anda sudah bosan dengan wisata yang ada di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata yang ada di kabupaten ini.

Anda bisa memilih berbagai destinasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Berbagai macam destinasi dapat Anda pilih baik wisata religi, wisata alam, maupun wisata sejarah.

Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bantul yang lagi hits dan wajib Anda kunjungi jika sedang berjalan-jalan ke Yogyakarta. Apa saja itu?

1. Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Parangtritis? Pantai ini sangat familiar di kalangan wisatawan dan menjadi ikon Yogyakarta

Pantai Parangtritis berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek.

Lokasinya berjarak sekitar 26 kilometer (km) dari Malioboro dengan estimasi waktu tempuh sekitar 52 menit.

Tempat wisata di Bantul ini dikeliling dengan tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk.

Tak hanya menikmati senja di pantai, wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman sepanjang pinggiran pantai.

2. Wisata Teknologi 360 Dome Theatre

360 Dome Theatre adalah tempat wisata yang bertemakan edukasi dan memanfaatkan teknologi modern atau teknologi terkini.

360 Dome Theater ini akan memutarkan atau menayangkan film yang mengenai planet atau amazing planet seperti isi dari bumi, bagaimana terjadinya bumi ini, serta pengetahuan dalam laut dan bahkan pengetahuan penting lainnya yang dirancang menarik sehingga tempat ini memiliki daya tarik tersendiri untuk rekreasi bagi keluarga.

Selain kalian terhibur oleh tempat wisata di Bantul ini kalian juga akan mendapatkan sedikit ilmu atau informasi mengenai planet ini.

Bentuk bangunan dari tempat wisata 360 Dome Theatre Jogja ini sangatlah unik karena bangunannya yang berbentuk setengah lingkaran yang mempunyai diameter kurang lebih 30 meter dan mempunyai tinggi sekitar 15 meter.

3. Bendung Kamijoro

Meskipun Bendung Kamijoro ini fungsi utamanya adalah sebagai saluran irigasi tapi tempat wisata di Bantul ini dibangun dengan sedemikian rupa sehingga masyarakat pun tertarik untuk melihat atau menggunjungi bendung kamijoro ini.

Bendung Kamijoro ini lagi viral-viralnya loh. Buat kalian yang belum pernah ke tempat ini buruan cepet-cepet kesini ya.

Bendung Kamijoro ini terdapat sebuah jembatan kecil yang menghubungkan antara Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo dan juga terdapat sebuah taman yang sangat cantik.

Bendung Kamijoro ini merupakan program dari pemerintah unuk irigasi, bendung ini mengairi sawah kurang lebih seluas 2.370 hektar sawah di Kabupaten Bantul loh.

4. Puncak Becici

Tempat wisata di Bantul yang tidak kalah populer ialah Puncak Becici. Berada di kawasan Dlingo, hutan pinus yang berada di puncak bukit ini menawarkan pemandangan menakjubkan.

Bahkan keindahan di Puncak Becici ini menjadi favorit mantan Presiden AS, Barack Obama saat berkunjung. Waktu terbaik untuk menikmati panorama di tempat ini biasanya saat sore atau pagi hari.

Selain dapat menikmati momen indah sunset, berbagai spot foto menarik di sini juga siap membuat liburan Anda berkesan.

Sambil menghirup udara sejuk dan asri, rasa penat dan lelah Anda bisa hilang dengan bersantai di sini.

5. Bukit Penguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung adalah sebuah tempat wisata alam yang masih asri dan sejuk di wilayah bantul Yogyakarta loh.

Di sini di sediakan pemandangan yang memanjakan mata ketika pagi hari maupun sore hari bahkan pada waktu malam haripun pemandangannya juga tetap indah.

Banyak gardu pandang di sini yang menjulang di atas lembah dan tentunya sudah di buat dengan keamanan yang tidak usah di ragukan lagi untuk di jadikan sebagai spot foto yang indah dan menarik.

Bukit Panguk Kediwung ini biasanya di kunjungi oleh wisatawan di pagi hari karena kabut masih menyelimuti area bukit panguk kediwung ini.

6. Bukit Lintang Sewu

Keindahan di Bukit Lintang Sewu ini yang pertama di janjikan yaitu pemandangan melihat kota Yogyakarta dari ketinggian atau dari atas bukit lintang sewu.

Kerlap kerlip lampu kota Jogja sudah seperti bintang yang berada di awan. Suasananya yang sejuk di bawah pepohonan membuat hati menjadi lebih nyaman dan senang.

Lintang sewu yang artinya beribu bintang sangat pantas untuk julukannya karena itu semua terbukti di tempat wisata di Bantul yang satu ini.

Tak cuma keindahan lampu kota Jogja saja, disini wisatawan juga di suguhkan oleh pemandangan sunset saat jelang malam tiba.

Disini wisatawan di sediakan spot untuk foto di antaranya ada gardu pandang yang di buat oleh pengelola tempat wisata tersebut.

Selain sunset, disini juga bisa melihat pemandangan sunrise atau matahari mulai terbit yang membuat pemandangan semakin indah.

7. Hutan Pinus Pengger

Kawasan Bantul sudah sangat terkenal dengan keindahan hutan pinusnya, salah satu yang cukup terkenal adalah Hutan Pinus Pengger.

Hutan pinus yang berada di perbatasan Bantul Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan menawan terutama saat sore hingga malam.

Lampu-lampu kota yang tampak bersinar di bawah bukit terlihat seperti bintang yang menghiasi langit.

Udara sejuk dari puncak bukitnya pun seperti menghilangkan rasa jenuh Anda seharian.

Semakin sempurna lagi jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Gunung Kidul yang tidak jauh dari lokasi.

8. Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata di Bantul yang berikutnya yakni Seribu Batu Songgo Langit, Songgo Langit memiliki arti memangku langit. Keindahan alam yang tersaji di sini sangat indah, dan juga adem banget.

Untuk tiba di spot yang kece, Anda harus berjalan menanjak sekitar 1 km, namun perjalananmu akan ditemani pepohonan tinggi yang menyejukkan.

Selain itu keindahan alam yang ada di Seribu Batu Songgo Langit dapat membuat siapa saja menjadi relaks dan tenang. Seger banget lah pokoknya, apalagi kita dapat hunting spot-spot kece untuk berfoto

9. Kebun Buah Mangunan

Tempat wisata di bantul yang lagi hits selanjutnya adalah Wisata Kebun Buah Mangunan yang berada di kawasan wisata mangunan yang sangat terkenal.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wisata alam yang menarik, kebun ini berada di ketinggian 200 mdpl.

Taman buah mangunan sendiri merupakan wisata yang di bangun oleh pemerintah kabupaten bantul pada tahun 2003 silam.

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di Jl Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

10. Gumuk Pasir

Tentu semua orang mengenal Gumuk Pasir, satu-satunya tempat sandboarding terluas di Jogja ini selalu jadi destinasi pilihan wisatawan.

Bentangan pasir lembut yang luas di tempat ini memungkinkan Anda melesat kencang di atas papan seluncur.

Selain itu Anda akan langsung terpana dengan pemandangan eksotis dari Gumuk Pasir ini. Banyak spot foto yang bisa Anda jadikan tempat eksis berbagai gaya menarik untuk sosial media.

Saat berada di Bantul sempatkan untuk berkunjung ke tempat ini. Sebab masih banyak aktivitas menarik lain yang pasti membuat liburan Anda lebih berkesan.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Bantul yang lagi hits dan wajib Anda kunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata bantul    #bantul    #travel    #tempat wisata    #yogyakarta    #jawa tengah   

Baca Juga