Tempat wisata di Indonesia yang terkenal, foto: LimaKaki

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

Wanovy | Travel | 01-06-2022

PARBOABOA - Wisata di Indonesia memang sudah terkenal akan keindahan alamnya yang menawan. Tidak hanya wisatawan domestik, Indonesia juga sudah menjadi destinasi favorit untuk berlibur para wisatawan mancanegara, bahkan beberapa bintang Hollywood pun pernah menikmati keindahan wisata di Indonesia.

Daya tarik wisata di Indonesia sebenarnya tak hanya pada keindahan alam, tetapi juga keunikan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Mempelajari kebudayaan asli Indonesia dengan berbagai suku dan tradisi cukup memikat wisatawan dari berbagai wilayah di dunia.

Banyak sekali rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang terkenal untuk kamu kunjungi, mulai dari wisata berupa dataran tinggi hingga wisata dengan lautan yang indah.

Penasaran apa saja rekomendasi wisata di Indonesia yang terkenal mendunia?

Parboaboa.com sudah merangkum beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal dari berbagai sumber. Yuk, simak ulasannya!

1. Pantai Kelingking, Nusa Penida

Tidak ada yang meragukan pesona alam Bali. Pulau Dewata hingga saat ini masih menjadi destinasi terfavorit, terutama bagi wisatawan asing.

Pantai menjadi daya tarik utama pulau ini. Salah satu yang sedang naik daun adalah Pantai Kelingking atau Kelingking Beach.

Kamu bisa melihat keindahan tempat wisata di Indonesia yang terkenal ini dari ketinggian saja, atau menuruni tebing untuk turun ke pantainya. Medan yang dilalui cukup terjal dan menantang, jadi pastikan tubuh kamu dalam kondisi yang fit.

Memantau atau mengukur kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan smartwatch.

Jam tangan Garmin, misalnya, sudah dilengkapi fitur Body Battery sehingga kamu bisa tahu kadar energi yang dimiliki tubuh kamu.

2. Raja Ampat, Papua Barat

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata di Indonesia yang terkenal satu ini. Pasalnya, daya tarik Raja Ampat tak hanya diminati oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga sudah menarik hati para wisatawan dari berbagai belahan dunia lainnya.

Ini karena Raja Ampat dikenal juga dengan sebutan ‘surga’ tersembunyi di Timur Indonesia.

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi 4 pulau utama, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Melansir The Nature Conservancy Indonesia, sekitar 75% spesies laut dunia hidup di Raja Ampat. Tak heran jika wilayah ini menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia.

3. Lombok

Lombok menjadi daya tarik wisata yang tak kalah eksotis dari Bali sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia.

Jajaran pantai, gugusan pulau kecil, kemegahan gunung Rinjani, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok menjadi paket lengkap untuk berlibur di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, dengan puncaknya mencapai 3.726 mdpl. Danau Kawah Segara Anak yang terletak di atas gunung berapi ini, menjadi tujuan para wisatawan.

Selain itu, Lombok juga terkenal dengan Gili yang dimilikinya. Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak. Lombok memiliki lebih dari 20 Gili. Tiga yang paling diminati wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Di Lombok wisatawan juga bisa mengunjungi desa-desa tradisional dan berbaur dengan penduduk asli suku Sasak.

Disini wisatawan bisa merasakan langsung kehidupan sehari-hari mereka di desa tenun Sade dan Rambitan.

4. Wae Rebo

Negeri di atas awan bukan lagi sebuah dongeng. Desa Wae Rebo yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah buktinya. Desa ini terletak di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Namun memang tidak mudah untuk mencapai desa ini. Kamu harus mendaki bukit agar sampai di Wae Rebo

Jangan khawatir, semua perjuangan dan rasa lelah akan terbayar setelah melihat keindahan desa Wae Rebo dan bangunan tradisional yang semakin mempercantikan pemandangan alamnya.

5. Goa Jomblang

Goa Jomblang termasuk salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal dan ikonik di Jawa Tengah.

Di wisata ini kamu akan diajak turun ke perut bumi sedalam 80 meter. Turunnya pun terbilang menantang, pasalnya bukan turun dengan tangga melainkan teknik tali tunggal berbekal keamanan lengkap.

Tidak hanya itu, yang menjadikan tempat ini begitu dikenal di dunia adalah masuk dan jatuhnya cahaya matahari dari celah-celah dan lubang goa sehingga menciptakan keindahan alami yang menakjubkan.

6. Danau Toba

Bagian barat Indonesia juga memiliki benyak destinasi wisata yang tak kalah memukau. Salah satunya adalah Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Destinasi wisata yang sangat eksotis ini merupakan salah satu tempat wisata di indonesia yang terkenal di barat Indonesia.

Di sini kamu dapat menemukan pegunungan yang menjulang tinggi, padang rumput hijau yang menyelimuti sebagian besar wilayah sekitar danau, kekayaan budaya masyarakat Toba, hingga Danau Toba itu sendiri yang cemerlang bagaikan cermin.

7. Candi Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur dibangun ada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Candi Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya.

Salah satu tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha.

Komentator mengklaim bahwa ini adalah ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, yang tak tertandingi dalam artistik.

8. Labuan Bajo, NTT

Labuan Bajo menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal yang menjadi impian sebagian besar orang.

Destinasi ini menghadirkan berbagai paket wisata yang lengkap dan menawan, mulai dari destinasi bahari hingga darat.

Labuan Bajo merupakan wilayah yang masuk ke dalam daftar 5 destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Destinasi ini sangat terkenal dengan kawasan habitat hewan endemik, yaitu komodo, tepatnya di Taman Nasional (TN) Komodo.

Selain Taman Nasional Komodo, kamu juga bisa menikmati berbagai jenis destinasi menarik di Labuan Bajo, di antaranya pulau padar, pulau kelor, bukit cinta, pulau manjerite, dan lain sebagainya.

9. Pantai Parai Tenggiri

Pasti diantara kamu sudah pernah menyaksikan film populer Laskar Pelangi yang berlatar di Pulang Belitung, bukan?

Selain alur ceritanya yang menarik, lokasi film ini juga banyak menyita perhatian penonton.

Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, Parai Tenggiri memiliki struktur pantai yang landai dengan air laut berwarna hijau toska serta pasir putihnya yang lembut.

Ombak di pantai ini juga tenang sehingga menjadi salah satu alasan yang menarik bagi wisatawan yang senang berenang.

Tidak hanya berenang, kamu juga bisa menikmati aktivitas memancing, parasailing, menyelam, snorkeling, dan masih banyak lainnya.

10. Danau Kelimutu

Selain Danau Toba, tempat wisata yang terkenal di Indonesia dan telah mendunia adalah Danau Kelimutu.

Danau ini merupakan danau vulkanik yang berada di puncak Gunung Kelimutu. Untuk mencapai danau indah ini, kamu harus melakukan hiking terlebih dahulu.

Keistimewaan danau yang terletak di Pulau Flores, NTT ini adalah pemandangan danau dengan tiga warna yakni hijau, putih dan biru.

Setiap tahun, danau eksotik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal dan mendunia. Yuk, mulai hargai kekayaan wisata Indonesia dengan mengunjungi objek-objek wisata Nusantara yang populer di mancanegara tersebut.

Tag : #wisata indonesia    #tempat wisata    #travel    #wisata alam    #destinasi wisata   

Baca Juga