Pantai Karang Potong Ocean View, salah satu tempat wisata di Jawa Barat terbaik (Foto: Instagram/@karangpotongoceanview)

10 Destinasi Tempat Wisata di Jawa Barat Dengan Nuansa Alam yang Indah

Andre | Travel | 05-07-2022

PARBOABOA - Berbicara mengenai wisata di Jawa Barat, hal pertama yang mungkin terbesit di dalam pikiran kebanyakan orang adalah Bandung. Namun, ada beberapa tempat wisata Jawa Barat lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.

Provinsi yang dikenal sebagai salah satu “lumbung padi” nasional ini memiliki bentang alam pegunungan yang tersebar di hampir seluruh wilayahnya. Hal ini pula yang membuat Jawa Barat mempunyai segudang destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata gunung, pantai, air terjun, hingga perkebunan.

Nah, di bawah ini adalah sepuluh tempat wisata di Jawa Barat yang indah, nyaman, dan bisa bikin kamu betah berlama-lama.

1. Gunung Tangkuban Perahu - Lembang

(Foto: Instagram/_.iid._)

Lokasi: Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB

Tiket Masuk

Wisatawan Lokal: Rp20.000 (Hari Kerja) dan Rp30.000 (Hari Libur)

Wisatawan Mancanegara: Rp200.000 (Hari Kerja) dan Rp300.000 (Hari Libur)

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu objek wisata paling populer yang ada di Lembang. Area kawasan Gunung dan Kawah Tangkuban Perahu menawarkan pesona yang sangat indah.

Tempatnya juga cukup unik dan mudah diakses, bahkan kamu bisa menikmati keindahan kawah Tangkuban Perahu dari tempat parkir tanpa perlu mendaki.

2. Cukang Taneuh - Pangandaran

(Foto: Instagram/ardanfanani)

Lokasi: Jalan Raya Cijulang Dusun. Karangpaci, RT.02/RW.10, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (sekitar 31km atau 45 menit dari Pantai Pangandaran)

Jam Operasional: Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB

Tiket Masuk: Biaya parkir Rp5.000/motor dan Rp10.000 /mobil

Cukang Taneuh atau yang juga dikenal Green Canyon (ngarai hijau) merupakan salah satu objek wisata di Jawa Barat yang sangat indah.

Tempat wisata ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang di Pangandaran.

Aliran tersebut mengalir menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit mempesona yang diapit oleh dua bukti dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan.

Di mulut gua terdapat air terjun Palatar, sehingga suasana yang ada di objek wisata ini terasa begitu sejuk dan nyaman.

3. Situ Cibeureum – Bekasi

(Foto: google.maps/AI)

Lokasi: Lambangjaya, Kecamatan Tamun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Jam Operasional: Buka setiap hari selama 24 Jam

Tiket Masuk: Gratis

Situ Cibeureum merupakan danau menawan yang memiliki pemandangan alam yang memukau. Danau kecil ini menjadi salah satu wisata alam di Bekasi yang menarik untuk dikunjungi.

Terdapat wisata air yakni perahu yang akan membawa pengunjung mengelilingi danau dan kamu hanya perlu membayar Rp10.000 untuk itu.

Pesona di Situ Cibeureum semakin sempurna ketika senja datang. Sangat coccok untuk bersantai sembari mengambil foto di sini.

4. Curug Cikaso - Sukabumi

(Foto: Instagram/adindathomas)

Lokasi: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00 WIB -18.00 WIB

Harga: Rp5.000

Curug Cikaso ini sangat mempesona dan menjadi salah satu wisata andalan yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Menariknya, saat mengunjungi tempat ini, kamu akan disuguhi dengan tiga aliran air terjun yang menakjubkan. Semua aliran tersebut mengarah pada kolam kecil berwarna kehijauan.

Rindangnya pepohonan serta kondisi alam yang masih asri dan sejuk juga menjadi salah satu daya tarik utama Curug Cikaso.

5. Kebun Raya Bogor

(Foto: Instagram/kebunrayabogor)

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00 WIB -16.00 WIB

Harga Tiket: Rp16.000 – Rp26.000

Setelah dibuat pusing dan lelah dengan kegiatan di sepanjang minggu, luangkan waktu untuk melihat pemandangan segar serba hijau. Kamu bisa mendapatkannya dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Tempat wisata di Jawa Barat ini sering dipadati oleh rombongan keluarga. Di sini, kamu bisa menemukan banyak spot foto yang bagus.

Kamu juga akan disuguhi oleh kemegahan dari Gedung Istana Presiden, yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Kebun Raya Bogor ini merupakan icon kota Bogor, lho.

Lihat Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Instagramable

Bila ingin melihat danau buatan, langsung saja beralih ke komplek yang masih ada di dalam wilayah Kebun Raya Bogor tersebut.

6. Pantai Karang Potong – Cianjur

(Foto: koran-jakarta.com)

Lokasi: Kampung Sedekan, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: 06.00 WIB - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp20.000 (Hari Kerja) dan Rp25.000 (Hari Libur)

Kabupaten Cianjur memang wilayah yang kerap masuk ke dalam daftar tempat wisata terbaik di Jawa Barat, dan salah satunya adalah Pantai Karang Potong.

Destinasi wisata ini menawarkan sekitar 25 spot foto Instagramable yang mempunyai pemandangan langsung ke laut selatan yang disebut dengan Karang Potong Ocean View.

Sejumlah spot foto Instagramable itu sudah termasuk bangunan ala Santorini Yunani, balon udara, ayunan, jaring-jaring, rumah kaca, dan lain sebagainya.

Sunset dan sunrise di pantai ini sangat indah dan memanjakan mata, lho. Cocok banget untuk kamu yang ingin self healing atau me time.

7. Bukit Gronggong - Cirebon

(Foto: Instagram/adonbachtier)

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional: 06.00-18.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat wisata dingin Jawa Barat ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disana juga sejuk dan segar, sehingga membuat tempat ini diminati oleh para wisatawan.

Saat sore hari Anda bisa menyaksikan sunset yang indah. Dan saat malam hari Anda dapat melihat keindahan lampu-lampu kota Cirebon dari atas Bukit Gronggong ini.

Tidak itu saja, pemandangan di malam hari yang dihiasi lampu-lampu dari kota Cirebon juga memiliki daya tarik tersendiri.

Tempat wisata ini juga menyediakan rumah makan dan penginapan.

Untuk penginapannya, harganya bervariasi mulai dari Rp100.000 hingga di atas Rp500.000.

8. Telaga Biru Cicerem – Kuningan

(Foto: Instagram/jabargram)

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Biaya Parkir: Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil

Buat kamu yang rindu nuansa alam dan ingin menepi sejenak dari keramaian kota, Telaga Biru Cicerem bisa jadi tempat terbaik.

Tempat wisata di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Kuningan ini menawarkan keindahan telaga yang jernih, sehingga pengunjung bisa melihat banyak ikan hanya dari pinggirnya saja.

Telaga Biru Cicerem cocok sekali buat healing sekaligus hunting foto. Salah satu spot foto yang paling populer di tempat ini adalah ayunan yang ada di tengah telaga.

9. Pantai Rancabuaya – Garut

(Foto: Instagram/rancabuaya.id)

Lokasi: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam operasional: Buka setiap hari selama 24 jam nonstop

Harga Tiket: Rp5.000

Pantai Rancabuaya semakin ramai dikenal setelah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting film Perahu Kertas. Pantai Rancabuaya bisa dijadikan sebagai salah satu tempat wisata keluarga di Garut.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yakni air terjun yang mengalir deras dari atas tebing dengan air laut yang jernih kebiruan.

Serunya lagi, disana kamu bisa membeli hasil tangkapan para nelayan, langsung diolah dan dinikmati bersama orang tersayang.

10. Situ Gunung – Sukabumi

(Foto: Instagram/situgunung_official)

Lokasi: Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat

Jam operasional: Buka setiap hari selama 24 jam nonstop

Harga Tiket Masuk: Rp16.000 per orang saat weekday dan Rp18.500 per orang saat weekend

Harga Tiket Camping: Rp24.000 per orang saat weekday dan Rp29.000 per orang saat weekend

Tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Situ Gunung. Salah satu tempat wisata dingin di Jawa Barat ini menyuguhi nuansa alam yang asri dan menyegarkan.

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sekitaran area Situ Gunung, seperti berkemah di Camping Ground, berkunjung ke Curug Sawer, hingga menyebrangi jembatan gantung.

Itulah sepuluh rekomendasi destinasi atau tempat wisata di Jawa Barat terbaik yang wajib kamu kunjungi. Kira-kira adakah gambaran mau kemana hari libur nanti? Komentar di bawah, ya!

Jangan lupa saksikan juga ulasan lengkapnya di kanal YouTube Parboaboa melalui video: Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat.

Tag : #wisata jabar    #jawa barat    #wisata    #bandung    #bekasi    #cianjur    #sukabumi    #cirebon    #lembang   

Baca Juga