Tempat wisata di Kuningan/Telaga Biru, foto: iTrip.id

10 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru yang Lagi Hits

Wanovy | Travel | 02-08-2022

PARBOABOA, Kuningan - Ada sejumlah tempat wisata di Kuningan, Jawa Barat yang bisa dikunjungi saat berlibur.

Tempat wisata ini bervariasi, mulai dari tempat bernuansa alam, seperti air terjun, telaga, hingga perbukitan yang masih asri dan asli.

Kuningan merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kuningan tersebut.

Kuningan punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, Gunung, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Kuningan, jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Kamu dikunjungi.

Selama ini jika Kuningan jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Kuningan ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

Nah, untuk memudahkan kamu menemukan tempat wisata di Kuningan yang paling indah, terbaru dan di rekomendasikan untuk kamu jelajahi.

Berikut Parboaboa.com sudah rangkum 10 tempat wisata di Kuningan yang lagi hits dan wajib kamu kunjungi. Yuk, simak ulasannya!

1. Objek Wisata Cibulan

Objek Wisata Cibulan adalah tempat tujuh sumur yang yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai yang memiliki harga tiket masuk 15 ribu, Toppers.

Menurut masyarakat, tempat wisata di Kuningan ini adalah petilasan Prabu Siliwangi. Sumur yang ada di Cibulan ini konon digunakan Prabu Siliwangi untuk bersuci sebelum melakukan semedi.

Lokasi wisata ini memiliki dua kolam besar yang berisi ikan-ikan keramat yang biasa disebut dengan ikan dewa.

Konon, menurut warga sekitar, ikan-ikan tersebut adalah jelmaan prajurit Prabu Siliwangi sehingga tidak boleh untuk ditangkap.

2. Telaga Biru Cicerem

Kuningan memiliki banyak tempat wisata air yang sangat menenangkan dan juga menyenangkan untuk dihabiskan selama akhir pekan, salah satunya Telaga Biru Cicerem.

Telaga yang memiliki air jernih kebiru-biruan dengan kedalaman 4-5 meter ini akan membuatmu terpukau dengan kedalaman danau yang dapat kamu lihat secara langsung dihiasi berbagai macam ikan-ikan yang cukup bervariasi.

Telaga Biru Cicerem berlokasi di sebelah utara Gunung Ciremai. Jika kamu berangkat dari Kuningan, waktu perjalanan menuju lokasi ini sekitar 1 jam karena jarak yang harus kamu tempuh adalah sejauh 32 km.

3. Telaga Nilem

Tempat wisata di Kuningan terbaru berikutnya yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Kuningan adalah Telaga Nilem.

Meskipun disebut dengan telaga bukan berati tempat ini masih jauh dari kemajuan yah guys. Karena di tempat ini telah di bangun banyak fasilitas yang dapat menunjang wisata kamu di tempat ini.

Tentunya juga tersedia aneka kuliner yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung ke tempat ini.

Di telaga ini nantinya kamu juga dapat berenang untuk menikmati kesegaran air di tempat ini. Berendam di tempat ini selain menikmati keindahan serta melepas lelah sementara merupakan solusi terbaik.

4. Wisata Alam Linggarjati

Berencana berkunjung ke Kuningan? Kamu wajib mengunjungi wisata alam Linggarjati. Sesuai dengan namanya wisata alam ini memang berada di Desa Linggarjati.

Mungkin sebagian banyak orang tidak asing lagi dengan wisata yang satu ini. Karena terkenal dengan wisata dengan menyajikan pemandangan hijau yang sejuk dan segar. Di tempat ini juga tersedia kolam renang yang cukup luas.

Selain tersedia kolam renang, di wisata alam Linggarjati ini juga tersedia fasilitas lengkap lainnya seperti area perkemahan, sarana akomodasi, sepeda air dan kolam pemancingan.

Karena suasana-nya yang sejuk, tempat wisata di Kuningan ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan di sela-sela kesibukan bekerja. Bisa juga liburan bersama teman-teman atau keluarga.

5. Waduk Darma

Kabupaten Kuningan memang menyajikan destinasi wisata lengkap yang akan memanjakan perjalanan liburan kamu bersama orang tercinta. Salah satunya yaitu obyek wisata Waduk Darma Kuningan yang menyajikan spot wisata menarik.

Lokasi dari Waduk satu ini berada di Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk menikmatinya, kamu harus membayar biaya tiket masuk Waduk Darma dengan harga Rp.10.000/orang.

Obyek wisata Waduk Darma Jawa Barat buka setiap hari selama 24 jam, sehingga kamu bisa berkunjung kapan saja untuk menikmati pesona keindahannya.

6. Curug Putri

Curug Putri adalah salah satu tempat wisata di Kuningan yang lagi hits karena berupa air terjun dengan alam yang asri dan suasana yang menenangkan.

Menurut legenda, tempat ini adalah tempat mandinya putri kayangan atau bidadari. Destinasi wisata yang satu ini tentunya tidak boleh dilewatkan kamu yang menyukai fotografi karena banyak sekali objek foto menarik yang bisa kamu temukan di sini.

Harga tiket masuknya adalah Rp20.000 per orang dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.30 WIB yang buka setiap harinya.

Karena sudah dikembangkan sebagai destinasi wisata, Curug Putri memiliki banyak fasilitas yang bisa membuat kamu nyaman selama di sini, antara lain area parkir, toilet, kedai yang menjual makanan, area berkemah, wahana bermain, dan juga mushola.

7. Kebun Raya Kuningan

Kabupaten Kuningan memiliki sebuah Kebun Raya yang terletak di sekitaran sisi utara Gunung Ciremai.

Kebun Raya Kuningan memiliki banyak flora dan fauna yang bisa menjadi pilihan tepat wisata alam untuk menghabiskan akhir pekan.

Dengan tanah seluas 176 hektar, kamu bisa berkeliling melihat pemandangan alam yang indah sambil berjalan-jalan bersama keluarga atau kerabat.

8. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) merupakan salah satu ikon tempat wisata di Kuningan yang wajib kamu kunjungi.

Untuk menuju lokasi ini, kamu perlu melakukan pendakian di Gunung Ciremai melalui jalur yang telah disediakan dengan harga tiket masuk Rp50.000.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhkan panorama alam yang indah ditambah dengan udara sekitar Gunung Ciremai yang menyejukkan.

9. Wisata Alam Linggarjati

Wisata alam Linggarjati merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan dan tujuan liburan bersama keluarga yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berkunjung ke kota ini.

Tahukah kamu bahwa tempat ini merupakan gerbang awal bagi para pendaki yang hendak melakukan pendakian ke gunung Ceremai.

Terletak di kaki gunung membuat tempat ini selain memiliki keindahan tentunya udaranya juga masih sejuk.

Dari tempat ini kamu dapat menikmati pemandangan gunung Ceramai langsung dari kaki gunung.

Atau kamu ingin langsung menikmati mendaki gunung ini agar dapat menikmati keindahan lebih maksimal.

Tentunya tidak masalah, akan tetapi jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan bekal yah guys.

10. Pemandian Air Panas Sangkanurip

Salah satu tempat wisata di Kuningan yang sangat di rekomendasikan menjadi tempat untuk menghabiskan waktu di kala liburan adalah pemandian air panas.

Wisata Kuningan terbaru ini sangat di rekomendasikan untuk kamu yang ingin menikmati masa liburan dengan berendam untuk melepas lelah.

Serta masalah yang ada untuk sejenak rileks dan menenagkan otot-otot yang tegang. Dari pada harus menuju tempat spa, ada baiknya mengunjungi tempat pemandian pemadian air panas alami.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Kuningan yang lagi hits dan bisa kamu kunjungi bersama keluarga ataupun kerabat jika musim libur tiba. Happy holiday!

Tag : #wisata kuningan    #kuningan    #travel    #tempat wisata    #jawa barat   

Baca Juga